6 Karakter Polisi Terbaik di Anime dari yang Keren sampai Kocak

Senin, 02 Mei 2022 - 21:00 WIB
loading...
6 Karakter Polisi Terbaik di Anime dari yang Keren sampai Kocak
Karakter polisi di anime terkadang menjadi karakter pendamping dengan porsi tampil yang tidak besar. Tapi, mereka pun bisa menjadi protagonis yang menawan. (Foto: Funimation Film)
A A A
Persaingan baik dan jahat di anime itu sudah biasa. Penegakkan hukum di dunia yang mungkin terasa absurd itu juga sudah menjadi sebuah keharusan. Meski dunia anime dipenuhi para jagoan yang punya jurus maut untuk melumpuhkan penjahat, tapi, kehadiran penegak hukum resmi seperti polisi masih diperlukan.

Di sejumlah anime, polisi tidak mendapatkan porsi besar. Mereka terkadang hanya menjadi karakter pendamping yang harus puas menjadi “hiasan” ketika jagoan di anime itu datang dan menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Ada kalanya, mereka malah menjadi antagonisnya. Tapi, tetap saja, masih ada sosok polisi yang menjadi protagonis di jagat anime mereka.

Karakter polisi biasanya akan muncul di anime detektif. Mereka terkadang harus bersaing dengan detektif untuk memecahkan masalah. Tapi, ada kalanya juga kalau polisi itu menjadi protagonis untuk menangkap penjahat tanpa bantuan detektif dari luar lembaga kepolisian. Mereka adalah karakter yang menarik. Ada yang serius, santai, dan bahkan kocak. Siapa saja karakter polisi di anime yang terbaik? Berikut ulasannya!



1. Juuzou Suzuya — Tokyo Ghoul
6 Karakter Polisi Terbaik di Anime dari yang Keren sampai Kocak

Juuzou bergabung dengan tim CGC, yang menginvestigasi para ghoul, saat berusia 19 tahun. Dia dulu memakai nama Rei Suyuza. Penampakan androgininya sering membuat orang mengira dia adalah cewek, padahal, dia adalah cowok.

Di awal serial ini, Juuzou dianggap menyebalkan dan suka membuat masalah. Namun, seiring berjalannya waktu, dia pun berkembang dan menjadi karakter yang disukai. Sebagai investigator, Juuzou merupakan salah satu petarung terkuat dari anggota merpati putih. Dia digambarkan sebagai karakter yang nyaris tidak punya emosi. Dia selalu bertarung dengan lincah dan sadis sampai dijuluki mesin pembunuh ghoul.

2. Akane Tsunemori — Psycho-Pass
6 Karakter Polisi Terbaik di Anime dari yang Keren sampai Kocak

Akane memang berperawakan mungil, tapi nyalinya sangat besar. Inspektur Divisi Investigasi Kriminal Biro Keselamatan Publik ini memang tidak boleh diremehkan. Dia cerdas dan mampu menganalisis situasi yang dihadapinya dengan cepat dan tepat. Dia juga andal dalam memimpin para penegak yang menjadi anak buahnya. Akane dikenal dekat dengan salah satu penegak itu, yaitu Shinya Kogami.

Sebagai seorang polisi, Akane sangat tegas. Dia tidak membiarkan perasaannya mempengaruhi keputusannya. Karena ketegasan dan keteguhan hatinya, Akane mampu menguak banyak hal di balik Sistem Sibyl yang memang dipertanyakan banyak orang.

3. Motoko Kusanagi — Ghost in the Shell
6 Karakter Polisi Terbaik di Anime dari yang Keren sampai Kocak

Motoko adalah salah satu karakter cewek paling badass dalam sejarah anime, meskipun dia bukan manusia seutuhnya. Cyborg ini bekerja sebagai polisi dan menjabat sebagai pimpinan di Kepolisian Seksi 9 alias Shell Squad. Pasukannya adalah yang terbaik di dunianya.

Motoko menjadi pimpinan bukan tanpa alasan. Dia mahir bela diri dan bisa beraksi tanpa pernah takut dan pantang menyerah. Selain punya kekuatan fisik, Motoko juga dikenal sebagai peretas yang handal.

4. Juzo Megure — Detective Conan
6 Karakter Polisi Terbaik di Anime dari yang Keren sampai Kocak

Kapten Megure adalah sosok yang paling mudah dikenali di serial anime ini. Dia tampil penuh wibawa dengan kumis tebalnya. Meski memimpin tim detektif dan polisi yang mumpuni di salah satu kantor polisi di Beika, Megure berulang kali mendapatkan bantuan dari Conan dan teman-temannya untuk memecahkan masalah.

Entah bagaimana, tim Megure selalu bentrok dengan Conan, baik sendirian atau bersama teman-temannya, ketika terjadi kasus. Meski sering kalah cepat dengan Conan, Megure sebenarnya polisi yang baik, andal, dan cermat dalam bertindak. Dia sangat tanggap, pekerja keras, dan juga peduli dengan rekan polisi lainnya,

5. Kankichi Ryotsu — Kochikame
6 Karakter Polisi Terbaik di Anime dari yang Keren sampai Kocak

Kankichi Ryotsu biasa dipanggil Ryo-san. Dia adalah kepala petugas patrol kepolisian wilayah Kameari. Meski berstatus sebagai kepala, Ryo-san bisa dibilang sangat pemalas. Dia lebih suka bermain game di pos polisi ketimbang berpatroli.

Ryo-san juga dikenal kocak. Meski sudah tidak lagi muda, dia selalu mengikuti tren dunia modern. Jadi, tidak mengherankan kalau Ryo-san adalah salah satu karakter polisi yang disukai karena kekonyolannya.



6. Haru Katou — Fugou Keiji Balance: Unlimited
6 Karakter Polisi Terbaik di Anime dari yang Keren sampai Kocak

Haru adalah anggota Satuan Tugas Pencegahan Kejahatan Modern di Departemen Kepolisian Metropolitan. Dia adalah detektif humanistik bersumbu pendek yang benci dusta dan ditelikung. Awalnya, dia adalah anggota Investigasi Divisi 1 sebagai rookie yang menjanjikan. Tapi, dia kemudian dipindahkan setelah terlibat insiden yang traumatis. Sejak saat itu, dia tidak bisa menggunakan pistolnya dan mundur dari divisi itu.

Haru tidak bisa membiarkan orang lain dalam bahaya. Dia akan melakukan apa pun untuk melindungi orang itu meski itu mempertaruhkan nyawanya sendiri. Sebagai partner Daisuke Kambe, Haru tak jarang dibuat pusing dengan ulah kompatriotnya itu. Apalagi, Haru sangat benci suap atau korupsi. Makanya dia suka kesal dengan Daisuke yang dengan mudah menghamburkan uang.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)