10 Anime Pendidikan Terbaik yang bakal Bikin Kamu Mau Belajar

Senin, 02 Mei 2022 - 15:55 WIB
loading...
10 Anime Pendidikan Terbaik yang bakal Bikin Kamu Mau Belajar
Anime bukan sekadar platform hiburan. Media ini pun bisa digunakan sebagai media pendidikan. Banyak anime mengangkat tema edukasi dengan tampilan yang menarik. (Foto: Twitter)
A A A
Bertepatan dengan momen Idul Fitri 1443 Hijriah, hari ini, Senin (2/5) juga diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Tentu, semua orang tahu betapa pentingnya pendidikan untuk masa depan semua orang. Dari pendidikan, orang bisa lebih mengembangkan diri dan juga menata dirinya dengan lebih baik.

Pendidikan tidak harus ditempuh lewat jalan formal, seperti sekolah, kuliah, atau yang lainnya. Di sejumlah platform yang ada saat ini, orang pun bisa menuai pelajaran dari subyek yang disajikan. Syaratnya hanya satu, yaitu menyimak dengan baik.

Anime bukan sekadar platform hiburan. Media ini pun bisa digunakan sebagai media pendidikan dan pembelajaran. Nyatanya, banyak anime yang menyajikan subyek pendidikan dengan dibalut cerita yang menarik dan mudah dicerna para penontonnya. Namun, biasanya, orang tidak akan melirik anime sebagai media pembelajaran.

Orangtua, terutama, menganggap anime sekadar tontonan kartun dengan karakter berambut runcing, suka berkelahi, dan suaranya yang kadang melengking-lengking. Padahal, anime bisa dengan baik menyampaikan subyek pelajaran kepada orang lewat interaksi karakternya dan juga, kadang, grafisnya. Anime pendidikan terbaik apa yang bisa bikin pintar penontonnya? Simak ulasan berikut ini!



10. Kuliner — Shokugeki no Soma
10 Anime Pendidikan Terbaik yang bakal Bikin Kamu Mau Belajar

Serial ini adalah shounen yang tidak biasa. Meski melibatkan pertarungan, di anime ini, pertarungannya berlangsung di dapur. Anime ini mengisahkan tentang Soma Yukihira yang ingin menjadi chef terkenal. Dia kemudian masuk ke Akademi Totsuki, sebuah sekolah memasak bergengsi di Jepang. Di sana, dia bertemu para calon chef yang punya keahlian masing-masing.

Anime ini tidak hanya menyajikan perjuangan Soma untuk menjadi chef terkenal. Di dalamnya, penonton akan ditunjukkan berbagai menu makanan yang menarik, berikut bahan pembuatnya. Di sejumlah resep, malah akan dijabarkan apa saja bumbu dan cara memasaknya. Anime ini pas buat orang yang ingin belajar memasak, tapi takut gagal.

9. Ilmu Komputer — Serial Experiments Lain
10 Anime Pendidikan Terbaik yang bakal Bikin Kamu Mau Belajar

Anime ini sudah agak usang dan jelas aneh. Tapi, perjalanan gila Lain melintasi internet itu informatif tentang hari-hari awal di online. Serial ini mencakup apa saja dari prosesor komputer hingga manfaat dan bahaya cyberspace. Selain itu, serial ini juga mengangkat tema kesehatan mental seseorang. Serial ini cocok buat mereka yang suka komputer dan ingin nonton orang yang mengatasi krisis eksistensi.

8. Sejarah — The Rose of Versailles
10 Anime Pendidikan Terbaik yang bakal Bikin Kamu Mau Belajar

Tidak banyak anime sejarah yang menyajikan cerita dengan baik. Tapi, The Rose of Versailles adalah salah satu yang terbaik. Anime ini mengangkat tema Revolusi Prancis dengan cerita yang menarik.

Anime ini ber-setting di persidangan Marie Antoinette. Di sini, Revolusi Prancis disajikan lewat mata Lady Oscar, pendekar pedang yang terjebak di pertempuran antara bangsawan Prancis dan rakyat jelata yang mereka tindas. Meskipun anime ini masuk ke dunia fiksi, anime ini menyentuh orang dan peristiwa nyata. Ini yang membuat anime ini jadi mengasyikkan untuk mempelajari sejarah.

7. Matematika — Subete ga F ni Naru: The Perfect Insider
10 Anime Pendidikan Terbaik yang bakal Bikin Kamu Mau Belajar

Anime ini mengikuti kematian ilmuwan komputer jenius bernama Shiki Magata. Dia dikurung di di sebuah fasilitas riset terpencil di sebuah pulau selama kurang lebih 15 tahun. Semua itu terjadi setelah dia dituduh membunuh orangtua kandungnya saat masih remaja.

Dari pembunuhan misterius itu, muncullah sosok jenius yang jahat bernama Miki Magata. Protagonis serial ini harus menggunakan matematika dan logika untuk menemukan pembunuh. Serial ini pas bagi mereka yang suka misteri, matematika dan teka teki.

6. Mikrobiologi — Moyashimon
10 Anime Pendidikan Terbaik yang bakal Bikin Kamu Mau Belajar

Serial ini berkisah tentang mahasiswa bernama Tadayasu Sawaki yang punya kemampuan melihat organisme dengan mata telanjang. Dia bisa melihat semua jenis mikroba, dari fungi yang menyebabkan jamur di kaki atlet sampai ragi yang digunakan untuk membuat alkohol. Masuk universitas pertanian, bakatnya menarik sejumlah dosen, termasuk Profesor Itsuki, yang spesialisasinya adalah fermentasi.

Anime ini adalah anime edukasi yang bagus. Di dalamnya, penonton akan menemukan banyak informasi tentang hidup para mikroba itu. Selain itu, serial ini juga menunjukkan bagaimana mikroba ini bisa membantu, tapi juga berbahaya bagi manusia. Serial ini membuat bakteri terlihat imut.

5. Pertanian — Silver Spoon
10 Anime Pendidikan Terbaik yang bakal Bikin Kamu Mau Belajar

Yuugo Hachiken, yang bosan dengan hidupnya yang dituntut memenuhi harapan orang, masuk SMA Pertanian Ooezo. Mengira belajar di tempat itu mudah, Yuugo harus menghadapi kenyataan kalau dia tidak tahu apa-apa soal kehidupan. Di sekolah itu, dia akhirnya belajar tentang pertanian, makanan, sayuran dan psikologi hewan ternak.

Anime ini tidak hanya menyajikan cerita yang menyentuh, tapi juga sarat edukasi. Di dalamnya, orang akan melihat kehidupan para petani dan bagaimana makanan bisa tersaji di atas meja. Anime ini juga memperlihatkan tentang peternakan, bagaimana hewan dirawat, dan akhirnya disembelih untuk dimakan. Anime ini cukup menyenangkan dan mengatasi topik serius dengan mudah.

4. Seni — Bakuman
10 Anime Pendidikan Terbaik yang bakal Bikin Kamu Mau Belajar

Dua orang siswa SMA, Moritaka dan Akito, ingin menjadi mangaka profesional. Tapi, jalan menuju kesukesan itu panjang dan berliku. Sebelum menjadi seorang mangaka, mereka berdua harus belajar segalanya untuk menggambar. Mereka harus bisa membedakan antara G-Pen dan Pena Kabura untuk menciptakan papan cerita.

Anime ini memperlihatkan bagaimana teknik menggambar dan juga tentang industry manga. Di sini juga diperlihatkan sisi kreatif dalam penciptaan cerita. Ada proses bagaimana ide itu dituangkan menjadi sebuah cerita penuh dan dibuat di atas kertas. Anime ini cocok bagi mereka yang suka menggambar dan menulis cerita.

3. Ekonomi — Spice and Wolf
10 Anime Pendidikan Terbaik yang bakal Bikin Kamu Mau Belajar

Anime ini mengikuti kisah Holo, seorang dewi panen cerdas yang merasa tidak lagi berguna. Suatu hari, dia bertemu seorang pedagang keliling, Kraft Lawrence. Holo kemudian memutuskan untuk ikut Lawrence hingga dia bisa sampai ke bagian utara negeri. Sepanjang perjalanan, mereka berjualan komoditas dan bisa menghasilkan uang untuk melihat dunia.

Anime ini akan mengajari orang tentang kurs mata uang, bermain di saham, dan bagaimana melakukan transaksi bisnis yang cerdas atau tidak. Anime ini juga menyinggung banyak masalah ekonomi, seperti inflasi, deflasi, prinsip perdagangan, dan cara kerja perekonomian. Kalau kalian kurang bisa memahami ekonomi, anime ini akan menjadi sarana yang menyenangkan untuk belajar.

2. Tubuh Manusia — Cells at Work
10 Anime Pendidikan Terbaik yang bakal Bikin Kamu Mau Belajar

Anime ini ber-setting di dalam tubuh manusia. Karakter utamanya adalah sel antropomorfik. Semua jenis sel ada di serial ini, dari sel darah merah yang mengedarkan oksigen, sel darah putih yang menyerang dan membunuh virus, hingga trombosit yang melakukan perbaikan.

Anime ini adalah tayangan edukatif. Anime ini memperlihatkan cara kerja tubuh manusia dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, anime ini punya spinoff yang memperlihatkan cara kerja tubuh yang tidak sehat berjudul Cells at Work! Code Black.



1. Sains dan Kimia — Dr. Stone
10 Anime Pendidikan Terbaik yang bakal Bikin Kamu Mau Belajar

Anime shounen ini berbeda dari shounen lainnya. Di dalamnya, terselip ilmu pengetahuan ringan yang disajikan dengan menarik. Banyak grafis dan penjelasan masuk akal ada di dalamnya. Terlebih, sejumlah sains yang diperlihatkan di serial ini sudah terbukti dan memang ada di dunia nyata. Orang pun tidak akan kebingungan dengan penemuan yang terjadi di serial ini. Meski ada beberapa bagian jadi aneh untuk efek dramatis, anime ini masih menjadi anime edukasi terbaik dan menghibur.

Serial ini berpusat pada Senku Ishigami, yang terbangun setelah 3.715 tahun membatu akibat fenomena aneh. Dia kemudian bertekad membangun kembali peradaban modern dengan sains yang dia ketahui. Sebelum membantu, Senku adalah seorang jenius yang suka sains dan melakuan eksperimen. Anime ini akan memperlihatkan bagaimana Senku membuat banyak hal di dunia modern dari bahan-bahan yang ada di sekitarnya. Anime ini pas bagi mereka yang suka dunia sains, penemuan, dan kimia.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0806 seconds (0.1#10.140)