5 Rekomendasi Anime tentang Hikikomori atau NEET Terbaik

Minggu, 01 Mei 2022 - 14:14 WIB
loading...
5 Rekomendasi Anime tentang Hikikomori atau NEET Terbaik
Hikikomori dan NEET adalah dua karakter berbeda, tapi terkadang, mereka punya keterkaitan. Anime yang mengangkat kepribadian ini punya cerita dan plot menarik. (Foto: Medium)
A A A
NEET adalah singkatan dari Not engaged in Education, Employment, or Training alias pengangguran. Sementara, hikikomori merupakan sebutan bagi orang yang menarik diri mereka dari kehidupan sosial. Mereka lebih suka mengisolasi atau mengurung diri di kamar atau rumah dan melakukan semua aktivitas dari tempat itu.

Seorang NEET masih bisa menikmati kehidupan sosial. Dia masih bisa keluar dan bertemu teman. Orang seperti ini biasanya masih hidup dengan orangtua dan jadi beban. Mereka bahkan bisa menjadi beban bagi pemerintah karena bergantung pada bantuan finansial. Dalam kasus tertentu, seorang NEET bisa menjadi hikikomori.

Sementara, seorang hikikomori, meski tidak punya kehidupan sosial, mereka masih bisa punya pekerjaan, ikut kursus, sekolah, atau kuliah. Semuanya mereka lakukan lewat online. Bahkan, untuk menghindari kontak dengan manusia lain, tak jarang hikikomori akan meminta pengantar pesanan mereka untuk meletakkan paket di depan pintu rumah. Jadi, mereka tidak harus bicara atau sekadar basa basi dengan mereka.

Kehidupan NEET atau hikikomori terdengar membosankan dengan penjelasan seperti itu. Namun, anime punya formula yang bisa membuat cerita karakter-karakter ini jadi lebih menarik. Dari cerita di anime ini, orang bisa jadi lebih memahami kepribadian mereka dan status kesehatan mental mereka. Anime NEET atau hikikomori apa saja yang menarik untuk ditonton? Berikut rekomendasinya!



1. No Game No Life
5 Rekomendasi Anime tentang Hikikomori atau NEET Terbaik

Sepasang saudara tiri hikikomori, Sora dan Shiro, menghabiskan waktu mereka bermain video game di kamar. Mereka berdua menganggap kalau mereka lahir di dunia yang salah. Orangtua mereka menelantarkan mereka begitu saja. Sora pun bertekad untuk melindungi adik tirinya itu dari apa pun. Karena kegiatan mereka bermain game sehari-hari, mereka pun menjadi gamer terbaik di setiap kompetisi di Jepang. Suatu hari, mereka ditantang Dewa Games untuk bermain catur dan mereka akhirnya keluar sebagai pemenang. Dua kakak beradik itu kemudian dipanggil ke Disboard di mana setiap masalah diselesaikan dengan permainan.

2. Btoom
5 Rekomendasi Anime tentang Hikikomori atau NEET Terbaik

Anime ini bercerita tentang seorang NEET bernama Ryouta Sakamoto. Sehari-hari, dia tinggal bersama ibunya dan menghabiskan waktu bermain game Btoom sampai menjadi pemain terbaik di Jepang. Ibunya sampai stres menghadapi kelakuan anaknya itu. Ibunya bahkan mendaftarkan Ryouta untuk ikut program rehabilitas. Tapi, Ryouta kemudian malah terbangun di pulau tropis tidak berpenghuni bersama sekelompok orang yang juga terlempar ke sana. Situasi ini sama seperti dalam permainan yang dia mainkan. Dia tidak ingat bagaimana dia sampai di tempat itu. Yang jelas, dia harus berusaha untuk bisa bertahan hidup sebagai pemain terakhir di pulau itu.

3. Watashi ga Motenai no wa Dou Kangaetemo Omaera ga Warui!
5 Rekomendasi Anime tentang Hikikomori atau NEET Terbaik

Tomoko Kuroki adalah seorang NEET yang masih duduk di bangku SMA. Meski dia bersekolah, tapi, Tomoko adalah seorang penyendiri. Dia lebih suka menghabiskan waktu bermain game simulasi kencan. Di game, dia bisa berkencan dengan lebih dari 100 siswa virtual. Namun, di kehidupan nyata, dia adalah cewek tertutup dan kurang dapat bersosialisasi dengan baik. Karenanya, dia juga jadi dijauhi teman-temannya dan bahkan, adiknya. Satu-satunya teman Tomoko adalah Yuu Naruse.

4. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutaci wa Mada Shiranai (Anohana)
5 Rekomendasi Anime tentang Hikikomori atau NEET Terbaik

Jinta Yadomi adalah seorang hikikomori yang berhenti sekolah dan memilih menghabiskan waktu untuk main game. Keputusan itu diambil setelah Jinta dan teman segengnya kehilangan salah satu teman mereka, Meiko Honma alias Menma, yang meninggal dunia. Kematian Meiko meninggalkan trauma di diri Jinta. Dia pun mulai menjauhi teman-temannya dan akhirnya jadi hikikomori. Suatu hari, Jinta didatangi arwah Meiko. Arwah itu mengatakan kalau dia belum bisa tenang sampai bisa mewujudkan keinginannya. Kemunculan Menma didengar teman-teman segeng Jinta. Mereka pun datang untuk membantu Jinta dan arwah Menma.



5. NHK ni Youkoso! (Welcome to the NHK)
5 Rekomendasi Anime tentang Hikikomori atau NEET Terbaik

Anime ini adalah anime hikikomori yang populer. Dikisahkan, ada seorang pemuda bernama Tatsuhiro Satou. Dia menganggap ada sebuah organisasi jahat bernama Nihon Hikikomori Kyokai (NHK) yang menyebarkan budaya hikikomori. Organisasi itulah yang disebut Tatsuhiro membuatnya jadi hikikomori. Setelah empat tahun menjadi hikikomori, Tatsuhiro berusaha kabur dari NHK dan penyakit isolasi. Dia juga berusaha keras untuk keluar dari apartemennya dan mencari pekerjaan. Untungnya, dia kemudian mendapatkan bantuan dari Misaki Nakahara untuk mengeluarkannya dari kondisi mental tersebut.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)