4 Tips Bisa Khatam Membaca Alquran Saat Ramadan

Sabtu, 25 April 2020 - 16:00 WIB
loading...
4 Tips Bisa Khatam Membaca Alquran Saat Ramadan
Khatam membaca Alquran saat Ramadan adalah sebuah tantangan tersendiri, meski tidak mustahil untuk dilakukan. Foto/steemit.com
A A A
JAKARTA - Mungkinkah kita bisa khatam membaca Alquran selama satu bulan saat Ramadan? Jawabannya bisa, asalkan kita ada niat kuat dan keinginan untuk menuntaskannya. Yuk, ikuti tipsnya.

Banyak yang kesulitan untuk menuntaskan membawa Alquran dalam waktu kurang lebih 30 hari saat bulan Ramadan. Mumpung kebijakan #DiRumahAja masih berlangsung, inilah saat yang tepat untuk meng-khatamkan Alquran karena kegiatan di luar rumah pun diminimalisir.

Yuk, cek bagaimana caranya khatam membaca Alquran selama Ramadan. Catatan penting, metode ini berlaku untuk Alquran ukuran standar, yaitu 10 lembar per juz.

1. SATU (1) KALI KHATAM

4 Tips Bisa Khatam Membaca Alquran Saat Ramadan

Foto: ucg.org

Bagilah tadarusan sesuai waktu salat lima waktu. Yaitu sebelum atau sehabis salat wajib harus mengaji dua (2) lembar Alquran. Jadi sebelum/setelah subuh 2 lembar, zuhur 2 lembar, begitu seterusnya hingga saat Isya, kamu bisa menuntaskan 10 lembar dalam sehari.

2. DUA (2) KALI KHATAM

4 Tips Bisa Khatam Membaca Alquran Saat Ramadan

Foto: Shutterstock

Metodenya sama dengan satu kali khatam, hanya saja jumlah lembarnya diperbanyak. Yaitu tiap sebelum/setelah salah wajib lima waktu, harus membaca empat (4 lembar). Jadi dalam sehari, target kamu adalah mengaji hingga 20 lembar.

3. TIGA (3) KALI KHATAM

4 Tips Bisa Khatam Membaca Alquran Saat Ramadan

Foto: newmuslim.net

Masih dengan metode yang sama, tapi tiap salat wajib menjadi 6 lembar. Jadi dalam sehari, kamu mampu membaca 30 lembar.

4. UNTUK PEREMPUAN YANG SEDANG HAID

4 Tips Bisa Khatam Membaca Alquran Saat Ramadan

Foto: medium.com

Dikutip dari muslimah.or.id, untuk perempuan yang menstruasi, kamu tetap bisa mengkhatamkan membaca Alquran selama Ramadan dengan cara membaca terjemahan Alquran, karena Alquran terjemahan tidak termasuk mushaf. Ini sesuai surat Al-Waqiah ayat 79 yang artinya “tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan”, sementara perempuan haid sedang dalam kondisi yang tidak suci.

GenSINDO
Nabilla Triakhiriani Anurka
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)