Piagam Madinah, Hukum HAM yang Ada Jauh sebelum Magna Charta

Piagam Madinah, Hukum HAM yang Ada Jauh sebelum Magna Charta

Foto: Pixabay

“Penyebabnya salah satunya karena Islam mulai masuk ke Inggris pada abad ke-18 atau abad ke-19, sedangkan Magna Charta sudah dicetuskan pada abad ke-12,” ujar Isma.

“Sementara salah satu penyebab timbulnya anggapan bahwa Islam adalah agama yang intoleran karena sikap kita sebagai umat Islam yang tidak mau mengkaji, mengaji, mendiskusikan nilai-nilai yang diajarkan dalam Islam secara utuh,” tegasnya.

Sementara Issa Diop, LC, guru bahasa Arab menyebut bahwa ini karena pembahasan sejarah Piagam Madinah yang jarang diketahui umat Islam.

Sedangkan Mahdiyah Ramadhani, mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berpendapat bahwa banyak umat Islam ibadahnya hanya ikut-ikutan dan tidak melakukan kajian lebih mendalam.

“Selain itu, sumber bahasan sejarah Islam seperti Piagam Madinah terkadang sulit untuk didapatkan dan kredibilitasnya perlu dikaji ulang. Sebab banyak sejarah Islam yang sudah diputar balik faktanya yang akhirnya membuat Islam menjadi agama yang terlihat intoleran,” jelas Mahdiyah.

GenSINDO
Eka Sarmila
Universitas Negeri Jakarta



(it)
halaman ke-2 dari 2
Share: