5 Rekomendasi Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula

5 Rekomendasi Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula
Pemula bisa ikut naik gunung, asalkan memilih gunung yang medan atau jalurnya ringan alias gak ekstrem. Foto/Getty Images
JAKARTA - Mendaki gunung termasuk salah satu jenis kegiatan yang banyak digemari anak muda, tapi memang butuh niat dan usaha yang gak gampang untuk melakukannya.

Apalagi buat kamu yang pemula, sebelum mendaki mesti ada persiapan matang, dari mulai teknik sampai kesiapan mental.

Walau begitu, jangan langsung minder dulu. Ada beberapa gunung yang medan dan jalurnya gampang dilalui oleh pendaki pemula. Nah, gunung-gunung inilah yang bisa kamu pake untuk pemanasan atau mencicip terlebih dahulu untuk tahu gimana rasanya naik gunung.

Dari kanal YouTube Fiersa Besari, musisi sekaligus penulis yang punya hobi petualang, berikut lima rekomendasi gunung yang bisa kamu coba.

1. GUNUNG IJEN

5 Rekomendasi Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Foto: indonesiakaya.com

Letaknya ada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Gunung ini punya ketinggian 2.386 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Jalurnya menuju gunung ini berpasir, tapi relatif gampang ditanjaki. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah blue fire di dalam kawahnya.

2. DANAU GUNUNG TUJUH

5 Rekomendasi Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Foto:SHRDT/Wikipedia

Danau Gunung Tujuh adalah salah satu danau tertinggi di Indonesia yang berada di ketinggian 1.950 mdpl di atas permukaan laut. Letaknya di Kabupaten Kerinci, Jambi, tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro.

Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Selain punya panorama alam yang menakjubkan, jalur yang dilalui juga jauh lebih mudah dibanding Gunung Kerinci.

3. GUNUNG SINDORO

5 Rekomendasi Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Foto:Denysya Farid/Wikipedia

Gunung Sindoro biasa disebut Sindara, atau juga Sundoro. Gunung ini punya ketinggian puncak 3.150 mdpl, tapi jalurnya relatif mudah dijalani. Gunung ini juga merupakan gunung volkano aktif di Jawa Tengah.

Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. Gunung Sindara dapat terlihat jelas dari puncak Sikunir Dieng. Kawah yang disertai jurang bisa ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang. Indahnya gunung ini bisa dilihat dari pos sunrise hingga puncaknya.

4. GUNUNG KERENCENG

5 Rekomendasi Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Foto: mounture.com

Gunung ini terletak di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Gunung Kerenceng punya ketinggian 1.736 mdpl dengan ketinggian relatif 1.680 mdpl. Di bagian barat Gunung Kerenceng ada juga puncak lainnya seperti Puncak Pangukusan (1.558 mdpl) dan Puncak Kareumbi (1.685 mdpl). Serunya gunung ini, dia punya jalur setapak ketika mau mencapai puncak gunung.

5. GUNUNG PAPANDAYAN

5 Rekomendasi Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Foto:Hullie August 1997/Wikipedia

Yang terakhir adalah Gunung Papandayan, yaitu gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 2.665 mdpl ini punya beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.

Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. Di sini kita juga bisa berkemah di padang savanna edelweiss yang menyuguhkan pemandangan indah.

Nyayu Bela Aldia
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @nyayu_bela_aldia


(it)
Share: