Ramai Bersepeda pada Masa Pandemi, Ini Tips agar Aman di Jalan Raya

Kamis, 18 Juni 2020 - 18:31 WIB
loading...
Ramai Bersepeda pada Masa Pandemi, Ini Tips agar Aman di Jalan Raya
Bersepeda jadi tren lagi sejak PSBB Transisi diberlakukan di Jakarta selama masa pandemi. Foto/Okto Rizki Alpino, SINDOnews
A A A
JAKARTA - Akhir-akhir ini banyak kita temui pesepeda di jalan raya. Orang-orang mulai memanfaatkan sepeda bukan cuma untuk berolahraga, tapi demi mengurangi akses naik transportasi umum pada masa pandemi.

Direktur ITDP Indonesia, Faela Sulfa, mengatakan ada peningkatan sebanyak 1.000 persen pesepeda pada masa pandemi.

Untuk mendukung para pesepeda ini, pemprov DKI Jakarta juga menyediakan fasilitas jalur sepeda sementara dengan mengambil jalur pengendara bermotor di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin.

Ada juga sistem bike sharing, yaitu menempatkan sepeda di lokasi strategis dengan menaruh sepeda di stasiun-stasiun sepeda yang ditentukan.

Nah, untuk meningkatkan keselamatan para pesepeda, berikut ini tips bersepeda aman di jalan raya.

1. RAWAT KONDISI SEPEDA

Ramai Bersepeda pada Masa Pandemi, Ini Tips agar Aman di Jalan Raya

Foto: iStock Photo

Selalu cek kondisi sepeda sebelum gowes. Pastikan ban dan rem gak aus. Jangan lupa lumasi rantai setiap selesai digunakan. Bersihkan kerangka sepeda dari kotoran dan lumpur dengan ember berisi air hangat dan sabun cuci. Ini penting karena kotoran bisa bikin sepeda rusak. Kita bisa memperpanjang usia sepeda dengan merawat sepeda secara rutin.

2. PATUHI RAMBU LALU LINTAS

Ramai Bersepeda pada Masa Pandemi, Ini Tips agar Aman di Jalan Raya

Foto: iStock Photo

Sebagai pengguna jalan, pesepeda diutamakan seperti dalam Undang- Undang RI No.22 Tahun 2009 Terkait dengan Sepeda dan Pejalan Kaki, pada pasal 106 menjelaskan bahwa, “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda.”

Meski begitu, ini bukan berarti kalau kamu naik sepeda bisa sembarangan melanggar lalu lintas atau nyerebot jalur pengguna jalan yang lain. Bersepeda harus tetap pada jalurnya. Jangan menerobos lampu lalu lintas, apalagi melawan arus. Berhentilah di belakang zebra cross. Mematuhi rambu lalu lintas bisa mengurangi risiko kecelakaan bagi para pesepeda dan pengendara lainnya.

3. PAKAI PERLENGKAPAN KESELAMATAN

Ramai Bersepeda pada Masa Pandemi, Ini Tips agar Aman di Jalan Raya

Foto: iStock Photo

Salah satu alat keselamatan yang wajib digunakan saat bersepeda adalah helm sepeda. Ada beberapa alasan kita wajib menggunakan helm saat bersepeda, di antaranya menjaga kepala kita dari benturan dan meminimalisir risiko berbahaya saat kita terjatuh. Tanpa kita sadari, helm juga bisa meningkatkan aerodinamis dengan meminimalisir hambatan angin di kepala.

4. PELAJARI KETERAMPILAN INI SAAT BERSEPEDA

Ramai Bersepeda pada Masa Pandemi, Ini Tips agar Aman di Jalan Raya

Foto: YouTube Mau Gowes

Jangan lupa untuk selalu ngasih lampu sein saat mau berbelok. Kalau gak ada lampu, lambaikan tangan ke sisi yang akan berbelok, jangan lupa menoleh ke kanan-kiri saat mau berbelok.

Keterampilan lainnya yang mesti kamu kuasai adalah track stand, yaitu berhenti tanpa menginjakkan kaki ke tanah. Track stand bermanfaat saat transisi lampu kuning ke hijau atau saat ada berhenti mendadak dari kendaraan lain.

Keterampilan lainnya yaitu saddle off. Saddle off adalah saat posisi tubuh kamu mengayuh sambal berdiri. Hal ini dilakukan untuk menjaga momentum dan menghemat energi saat bersepeda.

Yang terakhir adalah saat mengerem, dilakukan dengan menyondongkan badan ke belakang saat kita me-rem sepeda. Ini supaya bagian belakang lebih berat, jadi ban belakang sepeda gak terbalik ke depan.

Mira Rizky Amalia Rahim
Kontributor GenSINDO
Universitas Diponegoro
Instagram: @mirarizkya
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)