alexametrics
Candu Adrenalin? Ini Tiga Wisata Arung Jeram Dekat Jakarta
Candu Adrenalin? Ini Tiga Wisata Arung Jeram Dekat Jakarta
Sungai Citarik di Sukabumi menawarkan wisata arung jeram bagi para pencandu adrenalin. Foto : istimewa
Jakarta - Penat enggak sih ngejalanin rutinitas yang itu-itu aja? Bete dengan kerjaan yang bikin kamu pengen lari dan liburan bareng temen-temen? Nah, kalau Sahabat Gens ingin wisata yang gak mainstream dan pastinya berkesan, berikut rekomendasi arung jeram yang seru banget buat ngisi liburan di akhir pekan.  

Sungai Cisadane, Bogor

Kita mulai dari yang terdekat ya. Ada bagian dari Sungai Cisadane yang cocok untuk wisata arung jeram, dan letaknya enggak jauh dari Jakarta. Kamu bisa sampai sini hanya dalam waktu satu jam saja. Letaknya enggak jauh dari pinggir Jalan Raya Bogor-Sukabumi. Tinggal keluar dari gerbang tol Caringin yang termasuk dalam rangkaian tol baru Bocimi, lalu kamu bakalan sampai deh. Untuk biayanya, per orang dipungut biaya sekitar Rp200-an.
Untuk jeramnya, enggak usah diragukan lagi deh. Ada beberapa jeram yang bentuknya drop setinggi satu meteran, yang bakal sukses bikin jantung kamu berdegup kencang saat melewatinya. Sebut saja Jeram Blender, Jeram Kerinduan, serta Jeram Kuda.
Di akhir perjalanan, perahu kamu dihadapkan dengan bendungan alias dam dengan tinggi dua meteran, dan itu harus dilalui. Tapi tenang, ada guide berpengalaman yang akan mengatur laju perahu agar tetap aman, jadi Sahabat Gens gak usah takut. Tinggal nikmatin aja keseruannya, sambil sesekali teriak juga boleh kok.



Sungai Citarik, Sukabumi

Masih satu arah, tapi lokasi ini lebih jauh lagi. Kalian mesti melewati Jalan Raya Bogor-Sukabumi, lalu berbelok ke Cikidang. Voila, dan kamu akan menemukan lokasi arung jeram kedua. Berbeda dengan Cisadane, pada arus Sungai Citarik ini arusnya lebih deras dan seakan enggak ada jedanya. Maklum, sungai ini bertipe continuous river, sehingga jarang ditemukan bagian yang tenang. Sungainya sendiri lebih bersih, karena di sisi kanan kirinya tidak banyak pemukiman warga.
Untuk jeramnya, hampir mirip dengan di Bogor. Bedanya, kamu enggak dikasih bernapas setiap habis melewati jeram bernama, alias lanjut teruuus.
Untuk biaya, berkisar Rp300.000-500.000 per orang, tergantung paket yang dipilih. Oh iya, disini juga tersedia penginapan di pinggir sungainya lho, jika ingin bermalam atau camping.

Sungai Citatih, Sukabumi

Yang terakhir, ada sungai Citatih yang dicapai lewat Jalan Raya Bogor - Sukabumi. Letaknya di Kecamatan Warung Kiara, sekitar 2,5 jam dari Jakarta. Lebih jauh Citarik sih memang, tapi sungai ini merupakan yang paling ekstrim dibandingkan dua sungai sebelumnya.
Jeramnya banyak dan arusnya deras. Perbedaan paling mencolok dibandingkan dua wisata arung jeram sebelumnya, sungai ini dihiasi dengan bebatuan besar pada jalurnya. Beberapa bahkan sebesar rumah!
Jeramnya yang paling terkenal yaitu Jeram Gigi, dikarenakan di ujung jeramnya itu terdapat drop setinggi satu meter yang cukup deras dan siap menelan perahu yang lewat. Untuk yang benar-benar suka memacu adrenalin, sungai ini sangat recommended.

M Rifqi Herjoko
Kontributor Gen Sindo
Universitas Indonesia



(hna)
Artikel Terkait
View More
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss