5 Film tentang Baby Blues, dari Drama Psikologi, Horor, hingga Komedi

Jum'at, 25 Maret 2022 - 10:38 WIB
loading...
5 Film tentang Baby Blues, dari Drama Psikologi, Horor, hingga Komedi
Film Tully yang dibintangi Charlize Theron menggambarkan kondisi ibu tiga anak yang mengalami depresi pascamelahirkan. Foto/Focus Features
A A A
JAKARTA - Baby blues adalah istilah untuk menyebut gangguan suasana hati yang kerap dirasakan oleh ibu setelah melahirkan.

Mengutip Alodokter, kondisi baby blues menyebabkan ibu mudah sedih, lelah, lekas marah, menangis tanpa alasan yang jelas, mudah gelisah, dan sulit untuk berkonsentrasi. Kondisi ini pada akhirnya sangat memengaruhi interaksi dan hubungannya dengan orang-orang di sekelilingnya, termasuk si bayi.

Masih dari sumber yang sama, sekitar 80 persen perempuan yang baru melahirkan mengalami baby blues. Kondisi ini bisa dirasakan sejak minggu pertama setelah melahirkan dan kadang bertahan hingga dua minggu.

Keluhan tersebut bisa timbul tenggelam, tapi kalau tidak diatasi dengan baik bisa berkembang menjadi depresi pascamelahirkan (postpartum depression). Berikut ini lima film yang bisa kamu tonton untuk mengenal lebih jauh tentang baby blues dan dampaknya.

1. The Stranger in Me (2008)

5 Film tentang Baby Blues, dari Drama Psikologi, Horor, hingga Komedi

Foto: Niko Film

Film asal Jerman ini bercerita tentang Rebecca (32 tahun) dan Julian (34) yang tengah menanti kelahiran anak pertama mereka. Saat akhirnya seorang anak laki-laki lahir, Rebecca malah terkena baby blues.

Ia merasa tak punya rasa belas kasih ke anaknya dan tak mampu melakukan tugas seorang ibu. Namun perasaan ini ia sembunyikan dari Julian, hingga membuat kondisinya makin memburuk dan kini mengancam nyawa anaknya.

Hollywood Reporter menyebut bahwa film drama psikologi ini adalah sebuah studi kasus yang jeli dan ilmiah tentang kondisi depresi pascamelahirkan. Didukung akting pemeran utamanya, Susanne Wolff, film ini sangat menarik ditonton dari awal hingga akhir.

2. Baby Blues (2008)

5 Film tentang Baby Blues, dari Drama Psikologi, Horor, hingga Komedi

Foto:Sweat Shop Films

Ini adalah film horor yang diangkat dari kisah nyata perempuan bernama Andrea Yates yang bermukim di Houston, Texas. Pada 2001, ia terbukti menenggelamkan lima anak kandungnya ke bak mandi. Andrea disebut menderita depresi pascamelahirkan dan skizofrenia.

Versi filmnya menceritakan seorang ibu (diperankan Colleen Porch) yang tinggal di area pertanian yang terpencil. Ia mengalami depresi pascamelahirkan, dan saat suaminya yang seorang sopir truk pergi lagi untuk bekerja setelah hanya libur sehari, ia tak lagi sanggup menjalani hari bersama anak-anaknya seorang diri.

Baca Juga: Sinopsis Umma dan 3 Hal yang Perlu Diketahui sebelum Menonton Filmnya

3. Tully (2018)

5 Film tentang Baby Blues, dari Drama Psikologi, Horor, hingga Komedi

Foto: Focus Features

Film bergenre drama ini dibintangi dua aktris papan atas Charlize Theron dan Mackenzie Davis. Charlize memerankan ibu tiga anak bernama Marlo yang baru saja melahirkan karena 'kebobolan'.

Setelah melahirkan anak keduanya, Marlo mengalami depresi pascamelahirkan. Sementara sang anak mengalami penyakit atau gangguan yang tidak bisa didiagnosis oleh dokter.

Saat anak ketiga lahir, ia makin stres dan kewalahan mengurus keluarganya, dan terpaksa menyewa seorang pengasuh bernama Tully (Mackenzie Davis). Meski awalnya kikuk, mereka akhirnya membangun hubungan persahabatan yang unik.

Tully mendapat ulasan positif di Rotten Tomatoes dengan skor 87%. Sedangkan Charlize Theron yang sengaja menambah berat badannya dan tampil tanpa riasan demi peran ini masuk sebagai nomine aktris terbaik dalam Golden Globe Awards2019 dan Critics' Choice Awards 2018.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)