Mengenal 6 Jenis Gangguan Mental

Sabtu, 12 Maret 2022 - 14:00 WIB
loading...
Mengenal 6 Jenis Gangguan Mental
Kesehatan mental mesti jadi isu yang harus kamu ketahui agar kamu bisa mengenali gejala dan mengatasinya. Foto/Unsplash
A A A
JAKARTA - Gangguan kesehatan mental adalah kondisi yang memengaruhi emosi, pola pikir, hingga perilaku seseorang.

Pada masa lalu, para penderitanya kerap kali disebut “orang gila” atau “sakit jiwa” hingga mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan. Untungnya, kini stigma tersebut perlahan mulai terkikis berkat semakin meluasnya edukasi tentang kesehatan mental.

Gangguan mental tentu memiliki jenis dan gejalanya masing-masing, seperti diulas berikut ini.

1. Skizofrenia

Mengenal 6 Jenis Gangguan Mental

Foto: Pexels

Skizofrenia adalah jenis gangguan mental yang menyebabkan pengidapnya mengalami halusinasi, delusi, kekacauan berpikir, dan gangguan perilaku. Mereka tidak bisa membedakan yang nyata atau khayalan.

2. Depresi

Mengenal 6 Jenis Gangguan Mental

Foto: Pexels

Depresi merupakan gangguan mental yang ditandai munculnya perasaan sedih dan kehilangan minat terhadap sesuatu. Gejala yang sering dirasakan di antaranya mudah lelah dan nyeri di beberapa bagian tubuh disertai gangguan makan dan pola tidur.

Penderitanya mengungkapkan bahwa mereka merasa bersalah, tidak ada harapan, dan tidak berharga. Bahkan ada beberapa yang memiliki risiko bunuh diri.

Baca Juga: Perbedaan Mental Health, Mental Illness, dan Mental Disorder

3. Gangguan Bipolar

Mengenal 6 Jenis Gangguan Mental

Foto: Pixabay

Pengidap bipolar dapat mengalami perubahan suasana hati secara drastis. Pengidap bipolar dapat merasakan gejala mania dan depresif. Mood yang meningkat atau mania ditandai dengan ide-ide buruk yang memicu melakukan perilaku yang berisiko. Pada fase selanjutnya dapat terjadi penurunan mood atau depresi, ditandai dengan gejala sama.

4. Gangguan Kecemasan

Mengenal 6 Jenis Gangguan Mental

Foto: Pexels

Kamu mungkin merasa cemas ketika menghadapi masalah di tempat kerja, sebelum mengikuti ujian, atau sebelum mengambil keputusan penting. Tetapi gangguan kecemasan melibatkan lebih dari sekadar kekhawatiran atau ketakutan sementara. Untuk seseorang dengan gangguan kecemasan, hal itu tidak bisa hilang begitu saja dan bisa bertambah buruk dari waktu ke waktu.

5. Gangguan Kepribadian

Mengenal 6 Jenis Gangguan Mental

Foto: Pexels

Gangguan kepribadian adalah penyakit yang ditandai dengan pola berkelanjutan dari berbagai suasana hati, citra diri, dan perilaku. Gejala-gejala ini sering mengakibatkan tindakan impulsif dan masalah dalam hubungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)