Prestasi Ini Belum Pernah Dicapai Idol K-Pop Perempuan, Bahkan IU dan BLACKPINK Sekalipun!

Prestasi Ini Belum Pernah Dicapai Idol K-Pop Perempuan, Bahkan IU dan BLACKPINK Sekalipun!
BLACKPINK dan IU belum bisa menggelar konser di area stadium, tak seperti rekan pria mereka. Foto/YG Entertainment, EDAM
JAKARTA - IU, BLACKPINK, dan TWICE bisa dibilang adalah solois dan girl group K-pop paling populer di Korea Selatan sejak beberapa tahun terakhir, tapi belum ada satu pun yang mencetak prestasi seperti rekan pria mereka.

Prestasi yang dimaksud adalah menggelar konser di Jamsil Stadium alias Seoul Olympic Stadium. Bagi solois atau grup K-pop, stadion yang dibangun untuk penyelenggaraan Olimpiade 1988 tersebut adalah "tempat suci" karena tak banyak musisi yang bisa tampil di sana.

Salah satu penyebabnya adalah kapasitas yang sangat besar, yang artinya seorang solois atau grup harus memiliki jumlah penggemar yang sangat banyak, atau setidaknya masyarakat yang tertarik untuk menonton konser mereka.

Perlu diketahui, Jamsil Stadium adalah stadion terbesar di Korea Selatan. Stadion multifungsi ini memiliki kapasitas 69.950 tempat duduk. Ini adalah tempat konser terbesar di Jamsil Sports Complex. Sementara kebanyakan grup K-pop menggelar konser di Jamsil Arena (Jamsil Indoor Stadium) dengan kapasitas 11.069 tempat duduk.

Prestasi Ini Belum Pernah Dicapai Idol K-Pop Perempuan, Bahkan IU dan BLACKPINK Sekalipun!

Foto: via Koreaboo

Selain Jamsil Stadium, "tempat suci" lainnya bagi para idol adalah Tokyo Dome di Jepang, yang memiliki kapasitas 55 ribu tempat duduk. Dua tempat ini penting bagi mereka karena menjadi semacam simbol penaklukan atau simbol kesuksesan di negara sendiri dan negara paling penting di luar Korea bagi idol.

Baca Juga: 5 Member NCT yang Layak Gantikan Lucas di SuperM, jika Ia Tak Kunjung Comeback

Sebelum Amerika Serikat menjadi target pasar baru bagi grup K-pop seperti beberapa tahun terakhir, Jepang memang menjadi pasar utama K-pop. Ini mengingat negara tersebut menjadi pasar musik kedua terbesar di dunia setelah Amerika Serikat.

Sebenarnya tak hanya solois dan grup K-pop perempuan yang belum mampu menggelar konser di Jamsil Stadium. Sejak stadion tersebut dibuka pada 1984 atau 37 tahun lalu, hanya segelintir solois dan grup K-pop yang sanggup menggelar konser tunggal di sana.

Nah, berikut ini 12 solois dan grup yang sanggup menggelar konser tunggal di Jamsil Stadium.

1. H.O.T (1999, 2001, dan 2 konser pada 2018)
Hot adalah grup K-pop dari generasi pertama yang dibentuk SM Entertainment pada 1996, dan bubar pada 2001.

2. Shinhwa (2005)
Shinhwa juga adalah grup dari generasi pertama K-pop bentukan SM Entertainment. Mereka debut pada 1998 dan masih berdiri sampai sekarang.

3. g.o.d (2001, 2014)
Masih dari grup pria dari generasi pertama. Grup ini dibentuk SidusHQ dan debut pada 1999.

4. Cho Yong-pil (2003, 2005, 2008, 2009, 2 konser pada 2010, 2018)
Cho Yong-pil adalah musisi legendaris Korea. Dalam usia 71 tahun, solois yang mengawali karier bermusiknya sebagai anggota band rock ini masih punya banyak penggemar.

5. TVXQ (2005, 2006)
Kembali dari grup bentukan SM Entertainment mewakili generasi pertama K-pop. Grup ini debut pada 2003.

6. Lee Seung Hwan (2007)
Solois yang kini berusia 56 tahun ini mendapat julukan King of Live Performances karena rajin menggelar konser. Ia adalah penyanyi balada yang belakangan menambah unsur rock dalam musiknya.

Prestasi Ini Belum Pernah Dicapai Idol K-Pop Perempuan, Bahkan IU dan BLACKPINK Sekalipun!

Foto: BigHit Music


7. Lee Seung-chul (2010)
Penyanyi yang kini berusia 55 tahun ini mengawali kariernya pada 1985 sebagai vokalis grup rock Boohwal.

8. JYJ (2010, 2014)
JYJ adalah trio yang berisi mantan anggota TVXQ, yaitu Junsu, Yoo-chun, dan Jae-joong. Mereka debut pada 2010 di bawah manajemen C-JeS Entertainment.

9. Lee Moon-sae (2013)
Satu lagi musisi senior yang dikenal sebagai penyanyi balada, yaitu Lee Moon-sae. Penyanyi berusia 63 tahun ini mengawali kariernya pada 1978.
halaman ke-1
Share: