10 Serial Anime Sains Terbaik yang Pasti Bikin Ketagihan

Jum'at, 25 Februari 2022 - 03:28 WIB
loading...
10 Serial Anime Sains Terbaik yang Pasti Bikin Ketagihan
Serial anime yang mengangkat tema sains selalu menyajikan cerita yang menarik. Meski dianggap berat, tapi, kemasan desainnya selalu membuat orang penasaran. (Foto: Nefarious Reviews)
A A A
Sains sering dianggap sebagai subjek berat dan membosankan. Namun, di anime , subjek ini diangkat dengan cara menyenangkan dan bisa membuat penasaran. Tema yang diangkat pun bermacam. Dari sains sehari-hari sampai ilmu pengobatan, semua disajikan dengan cara menarik.

Meski disajikan dengan penuh elemen hiburan, anime jenis ini bukannya tanpa landasan. Ada sejumlah anime sains yang benar-benar mengangkat ilmu pengetahuan dari dunia nyata. Sejumlah ilmuwan bahkan pernah memberikan validasi mereka atas keakurasian sains yang disajikan di anime ini.

Anime sains tidaklah terlalu banyak. Namun, yang terbaik di kelasnya, ada banyak. Mereka bisa tampil sebagai serial santai, komedi, sampai shounen. Plot dan cerita yang menarik akan membuat penonton ketagihan menontonnya. Apa saja anime sains terbaik yang bisa kalian nikmati? GenSINDO punya rekomendasinya!



10. Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai
10 Serial Anime Sains Terbaik yang Pasti Bikin Ketagihan

Sindrom Pubertas yang langka dan aneh dianggap sebagai mitos. Sindrom itu adalah penyakit langka yang hanya mempengaruhi remaja. Gejalanya gaib dan sulit dikenali. Tapi, seorang siswa SMA, Sakuta Azusagawa, tahu dari pengalaman pribadi kalau penyakit itu sangat nyata. Penyakit itu terjadi cukup sering di sekolahnya.

Seorang siswa kelas 3 SMA, Mai Sakurajima, dikenal sebagai aktris anak. Tiba-tiba, dia menghentikan kariernya yang menjanjikan untuk alasan yang tidak diketahui. Suatu hari, Sakuta melihatnya sedang berjalan-jalan di perpustakaan dengan kostum kelinci. Meski begitu, tidak ada seorang pun mengenalinya. Setelah menemuinya, Sakuta tahu kalau dia adalah korban sindrom itu. Sakuta pun berusaha membantu Mai.

9. Steamboy
10 Serial Anime Sains Terbaik yang Pasti Bikin Ketagihan

Ray adalah penemu muda di Inggris masa Victorian. Hidupnya berubah setelah dia menerima paket dari kakeknya, Lloyd Steam, dari Amerika Serikat. Paket itu berisi gawai bernama Steam Ball. Gawai itu sangat kuat sehingga bisa membuat mesin apa pun yang memerlukan uap dengan energi yang tidak terbatas.

Ray diminta untuk tidak membiarkan Steam Ball jatuh ke tangan salah. Itu termasuk O'Hara Foundation. Organisasi kuat itu sangat ingin membawa kembali Steam Ball ke kendali mereka sehingga mereka bisa mewujudkan keinginan mereka. Ray menggunakan tiap kecerdasannya untuk menghindari orang jahat yang dikirimkan untuk mengambil benda itu darinya.

8. Fullmetal Alchemist
10 Serial Anime Sains Terbaik yang Pasti Bikin Ketagihan

Edward Elric kehilangan 12 tahun hidupnya setelah eksperimen alkimia yang dia lakukan bersama adiknya, Alphonse, untuk menghidupkan ibunya berakhir tragis. Edward kehilangan adiknya dan dua anggota tubuhnya. Dengan keterampilan alkimia tingginya, Edward mengikat jiwa Alphonse ke kostum zirah besar.

Setahun kemudian, Edward dipromosikan menjadi alkimia fullmetal negara. Edward dan adiknya melakukan perjalanan untuk mendapatkan Batu Bertuah. Batu itu dikabarkan bisa memperkuat kemampuan alkimia dengan lompatandan ikatan. Itu membuat mereka bisa mengesampingkan hukum dasar alkimia. Edward berharap bisa menemukan batu itu demi memulihkan tubuhnya dan adiknya.

7. Silver Spoon
10 Serial Anime Sains Terbaik yang Pasti Bikin Ketagihan

Bosan dengan kehidupan yang menuntutnya untuk memenuhi harapan orang lain, Yuugo Hachiken memutuskan masuk SMA Pertanian Ooezo. Sekolah asrama itu berlokasi di pinggiran Hokkaido. Dia melakukan ini sebagai cara kabur dari stres akibat tuntutan orangtuanya.

Awalnya, dia yakin bisa tampil baik di sekolah itu. Tapi, Yuugo salah. Dia bertemu teman sekelas yang berbakat, orang-orang yang pernah tinggal di peternakan dan tahu segalanya tentang makanan, sayuran dan psikologi hewan ternak. Yuugo pun jelas menjadi amatiran di kehidupan keras pertanian.

6. Comical Psychosomatic Medicine
10 Serial Anime Sains Terbaik yang Pasti Bikin Ketagihan

Membahas penyakit mental tidak harus dilakukan dengan cara yang serius. Serial ini menunjukkan betapa menjelaskan tentang kondisi seperti tidur, kecemasan, duka cita dan bahan fetish tertentu bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Serial ini sangat informatif, tapi tidak pernah menggurui.

Psikolog Ryou dan perawatnya, Asuna, menjelaskan banyak aspek penyakit mental. Mereka mebahas banyak topik seperti validasi, prevalensi, dan asal usul gangguan mental. Mereka juga membahas gangguan spesifik. Informasinya diberikan dengan gaya ceria dan lucu, dengan banyak candaan serta referensi pop culture.

5. Moyashimon
10 Serial Anime Sains Terbaik yang Pasti Bikin Ketagihan

Serial ini berkisah tentang mahasiswa bernama Tadayasu Sawaki yang punya kemampuan melihat organisme dengan mata telanjang. Dia bisa melihat semua jenis mikroba, dari fungi yang menyebabkan jamur di kaki atlet sampai ragi yang digunakan untuk membuat alkohol. Masuk universitas pertanian, bakatnya menarik sejumlah dosen, termasuk Profesor Itsuki, yang spesialisasinya adalah fermentasi.

Sawaki memulai kuliahnya karena kemampuannya. Dia memilih sebuah universitas pertanian di Tokyo. Tapi, dengan bantuan komunitas nyentrik, dia mulai belajar menghargai mikroba itu dan bakatnya. Dosen dan teman sekelasnya di kampus membuat Sawaki terlihat normal meski punya bakat aneh.

4. Steins;Gate
10 Serial Anime Sains Terbaik yang Pasti Bikin Ketagihan

Serial ini mengisahkan tentang ilmuwan gila Rintarou Okabe. Dia menyewa sebuah kamar di gedung tua di Akihabara. Di sana, dia menyibukkan diri menciptakan “gawai masa depan” dengan Shiina dan Hashida Itaru. Ketiganya menghabiskan waktu dengan kontrasepsi paling menjanjikan, yaitu mesin bernama Microwave Telepon. Alat ini punya fungsi aneh seperti mengubah pisang menjadi segumpalan gel hijau.

Meski begitu, mereka tidak menghasilkan sesuatu yang konkret untuk gebrakan ilmiah Okabe. Namun, suatu hari mereka dipaksa beraksi oleh fenomena misterius sebelum mencapai kesuksesan yang tidak diduga sebelumnya. Microwave Telepon itu bisa mengirimkan email ke masa lalu dan mengubah aliran sejarah.

3. Science Fell In Love, So I Tried To Prove It
10 Serial Anime Sains Terbaik yang Pasti Bikin Ketagihan

Serial ini mengisahkan sepasang ilmuwan dari Universitas Saitama yang ingin menjawab satu pertanyaan yang belum bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan. Hal itu adalah cinta. Kisah dimulai ketika Ayame Himuro mengungkapkan perasaan cintanya kepada Shinya Yukimura, seorang ilmuwan yang logis.

Mengakui kalau kurang berpengalaman dengan romansa, Yukimura menanyakan faktor apa yang pertama kali membentuk cinta dan apakah dia jatuh cinta dengan Himuro atau tidak. Ternyata, keduanya sama-sama tidak tahu tentang cinta. Mereka kemudian mulai melakukan eksperimen detail pada satu sama lain untuk menguji karakteristik yang mengindikasikan cinta dan membedakan apakah mereka menunjukkan sifat-sifat ini terhadap satu sama lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5949 seconds (0.1#10.140)