5 Anime Isekai buat Orang yang Tidak Suka Sword Art Online

Rabu, 23 Februari 2022 - 19:44 WIB
loading...
5 Anime Isekai buat Orang yang Tidak Suka Sword Art Online
Sword Art Online adalah salah satu anime isekai terpopuler di dunia. Tapi, tak semua orang menyukainyai, terutama karena protagonisnya yang tidak bisa apa-apa. (Foto: Netflix)
A A A
Sword Art Online adalah salah satu serial anime isekai terpopuler di dunia. Bahkan, sejak dirilis pada 2012, serial ini tidak memperlihatkan tanda-tanda surut dan terus populer hingga sekarang. Serial ini sudah mendapatkan sejumlah serial anime dan spinoff. Selain itu, serial light novelnya masih terus berjalan.

Meski populer, tidak semua orang suka Sword Art Online. Banyak faktor yang membuat orang tidak menyukai serial ini. Misalnya, serial ini dianggap sebagai fantasi kekuatan cowok dengan protagonis mirip dewa. Dia tidak melakukan apa-apa untuk bisa mendapatkan kemampuannya atau digilai cewek-cewek dari Asuna hingga Suguha.

Namun, tentu saja, masih banyak anime isekai bagi mereka yang tidak suka Sword Art Online ini di luar sana. Serial ini mungkin punya premis yang mirip, khas isekai, tapi punya cerita dan plot yang lebih menarik. Apa saja? Simak rekomendasi dari CBR berikut ini!



1. Ima, Soko ni Iru Boku (Now and Then, Here and There)
5 Anime Isekai buat Orang yang Tidak Suka Sword Art Online

Shuzo “Shu” Matsutani adalah seorang siswa pencinta kendo. Saat pulang dari sekolah, Shuzo Matsutani alias Shu bertemu seorang cewek yang diserang sekelompok orang mengendarai mecha mirip naga. Shu yang turun tangan untuk melindungi cewek itu tiba-tiba terkirim ke dunia mereka.

Dunia itu adalah dunia pascaapokaliptik itu kekurangan air. Cewek yang ditolong Shu, Lala-Ru, adalah satu-satunya orang yang punya kendali atas dunia itu dengan menggunakan liontin sihirnya. Terjebak di semesta mengerikan itu, Shu dihadapkan dengan realitas masa depan bumi, di mana kelaparan, perbudakan, penyiksaan dan eksploitasi anak itu biasa terjadi.

Serial ini berjalan sepanjang 13 epsiode. Serial ini tidak menggambarkan dunia fantasi dengan makhluk magis atau kekuatan super. Alih-alih, serial ini menghadapi sejumlah tema berat dan tidak segan memperlihatkan sejumlah sisi terburuk kemanusiaan dari perkosaan hingga tentara anak. Serial ini bukan untuk mereka yang gampang ketakutan.

2. Juuni Kokuki (Twelve Kingdoms)
5 Anime Isekai buat Orang yang Tidak Suka Sword Art Online

Yoko Nakajima adalah siswa SMA kesepian yang tidak pernah bisa berteman karena rambut merah menyalanya. Suatu hari, dia tiba-tiba bertemu seorang pria bernama Keiki. Pria itu menjura dan bersumpah setia kepada Yoko sebelum sekolahnya diserang seekor burung raksasa.

Tidak punya pilihan selain menerima perlindungan Keiki, Yoko kemudian diberi sebilah pedang. Setelah itu, dia dibawa ke Twelve Kingdom, bersama dua teman sekelasnya yang ikut terjebak di kekacauan itu. Setelah secara tidak sengeja terpisah dari Keiki, ketiganya harus belajar bertahan hidup sebagai buronan di tanah magis yang mirip China klasik.

Diadaptasi dari serial novel Jepang, serial ini terdiri atas 45 episode untuk satu season. Serial ini menyelami dongeng dan politik kompleks setting-nya. Di serial ini, para karakternya mengalami pertumbuhan dan perkembangan hingga tiba di tempat yang jauh berbeda dari tempat di mana mereka mulai.

3. Hataraku Maou-sama! (The Devil Is A Part-Timer!)
5 Anime Isekai buat Orang yang Tidak Suka Sword Art Online

Raja Iblis Setan ada di puncak kekuatannya dan nyaris menakhlukkan dunia Ente Isla. Tapi, ketika rencananya digagalkan Emilia, dia tidak punya pilihan selain kabur lewat portal antardimensi. Dia kemudian dibawa ke Jepang masa kini.

Tersesat di Tokyo bersama jenderal kepercayaannya, Alciel, mereka harus bertahan hidup dengan cara apa pun yang diperlukan sampai mereka bisa menemukan cara pulang. Ini termasuk mendapatkan akomodasi dan membayar tagihan. Untuk melakukan itu, Setan memakai nama Sadao Maou dan mulai bekerja paruh waktu di MgRonald’s.

Sementara mayoritas isekai memperlihatkan manusia pindah dari dunia nyata ke dunia fantasi, serial ini mengambil pendekatan berbeda. Mereka memaksa iblis dari semesta paralel untuk hidup di bumi. Ketika dirilis, serial ini segera menjadi populer karena komedinya. Serial itu juga menjalin satir sosial ke dongeng yang menumbangkan banyak tropes anime umum.

4. Kamigami no Asobi
5 Anime Isekai buat Orang yang Tidak Suka Sword Art Online

Yui Kusanagi adalah siswa kelas 3 SMA. Dia menemukan pedang berkilauan misterius di gudang rumahnya. Saat menyentuhnya, dia terkirim ke dunia yang diciptakan Zeus, Raja Dewa. Zeus mengatakan kepada Yui kalau ikatan yang pelan-pelan melemah antara dewa dan manusia akan menyebabkan masa depan yang buruk.

Untuk mencegah itu, Yui ditugaskan untuk mengajari sejumlah dewa tentang masalah hati manusia. Dewa-dewa itu adalah Apollon, Hades, Tsukito, Takeru, Balder, Loki, Anubis dan Thoth. Yui beruntung. Dewa-dewa itu ganteng-ganteng dan menarik.

Serial ringan harem terbalik ini diangkat dari game otome atau sim kencan yang menargetkan cewek. Meski dianggap sebagai serial fantasi, cerita dan karakternya memberikan rasa komedi yang sering terasa seperti parodi. Ini terutama karena mereka sadar melepas kancing, adegan merobek kemeja dan trope romatis yang dilebih-lebihkan.



5. Hai to Gensou no Grimgar (Grimgar of Fantasy and Ash)
5 Anime Isekai buat Orang yang Tidak Suka Sword Art Online

Sekelompok remaja berjuang untuk bertahan hidup di dunia di mana orang harus membentuk partai untuk melawan monster. Mereka juga harus mengikuti serikat kelas dan melakukan apa pun yang mereka bisa untuk mendapatan ang agar bisa makan dan punya tempat tinggal.

Mereka tidak punya ingatan yang jelas terkait kehidupan mereka sebelumnya. Tapi, meski mereka sepertinya berasal dari bumi, dunia Grimgar bukanlah sebuah permainan. Kematian mengintai di tiap sudutnya.

Serial ini lebih gelap dan lebih bermakna secara emosional ketimbang Sword Art Online. Serial ini punya rasa klasik terkait setting dan peran karakternya. Tapi, serial ini mengeksplorasi ide kematian dan duka cita dengan jauh lebih mendalam.

Elemen romatisnya menjadi penumpang pada dramanya. Sementara tidak benar-benar bebas dari fanservice yang tidak perlu, serial berbasis light novel ini berakhir lebih jauh dari sebagian besar ceritanya. Para penggemarnya pun menunggu season keduanya.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2482 seconds (0.1#10.140)