Perkuat Kualitas Keilmuan, FISIP UNS Optimalkan Jejaring Alumni

Sabtu, 13 Juni 2020 - 19:12 WIB
loading...
Perkuat Kualitas Keilmuan, FISIP UNS Optimalkan Jejaring Alumni
Pelantikan pengurus Ikatan Alumni (IKA) FISIP UNS di Solo, Sabtu (13/6/2020). FOTO/DOK.HUMAS UNS
A A A
SOLO - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Solo terus memperkuat jejaring alumninya. Seiring dengan usia kampus Kentingan yang semakin matang, jejaring alumni FISIP UNS yang kini telah tersebar dengan beragam profesi di berbagai lembaga, sektor bisnis di seluruh Indonesia, memiliki peran yang kian strategis.

Dekan FISIP UNS Prof Ismi Dwi Astuti Nurhaeni mengatakan, alumni merupakan salah satu pilar penting dan memiliki peran yang strategis dalam pengembangan dan penguatan berbagai aspek keilmuan di kampus. Seiring dengan usia FISIP UNS yang semakin matang dan jejaring alumni yang terus meluas tentunya peran itu harus lebih diperkuat.

"Kampus menunggu dan menyambut dengan terbuka setiap masukan dan kontribusi dari para alumni untuk kemajuan FISIP UNS yang kita banggakan ini. Kita harus terus berubah dan berbenah agar kualitas akademik meningkat, demikian pula sumbangsih kampus ini kepada masyarakat dan bangsa juga mesti semakin besar," kata Ismi saat pelantikan pengurus Ikatan Alumni (IKA) FISIP UNS yang dilakukan secara daring di Solo, Sabtu (13/6/2020).( )

Pelantikan pengurus baru IKA FISIP UNS periode 2020-2022 ini juga menghadirkan Rektor Fisip UNS Prof Djamal Wiwoho, Ketua IKA UNS Budi Harto. Kegiatan juga diramaikan dengan diskusi secara daring dengan tema "Pemberdayaan Alumni FISIP UNS di Era Pandemi COVID-19". Pembicaranya merupakan alumni FISIP dari berbagai profesi, di antaranya Moh Toha (Anggota DPR Komisi VI), Sudaryanto (Widyaiswara Ahli utama BPSDMD Pemprov Jateng), Abdul Kohar (Direktur Media Group), Reza F Riawan (Senior VP Henan Putihrai Asset Management), dan Retno Wulandari (GM Hotel Sunan Solo).

Ketua IKA FISIP UNS 2020-2024, Pandapotan Rambe menyampaikan terima kasih kepada seluruh alumni dan civitas FISIP UNS yang terus mendukung setiap aktivitas dan program yang telah dijalankan IKA FISIP. Menurutnya, alumni adalah bagian penting dari kemajuan sebuah kampus. Keberadaan ikatan alumni juga dapat dioptimalkan bagi peningkatan kualitas akademis dan keilmuan di kampus.

"Alumni, dengan segala pengalaman dan kematangan ilmu yang terus bertambah adalah aset bagi kampus FISIP. Inilah yang ingin sama-sama kita optimalkan agar kampus tercinta terus maju menjadi yang terbaik. Kesempatan itu terbuka luas dan kita bisa meakukannya bersama-sama," kata Potan, sapaan akrab Pandapotan Rambe.

Kepada seluruh Alumni FISIP UNS di seluruh Indonesia, Potan berharap untuk ikut memperkuat jejaring alumni dan terus berkontribusi secara positif. Menurutnya, di tengah pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) saat ini, banyak hal yang telah berubah. Setiap orang harus selalu sering cuci tangan, selalu memakai masker saat keluar rumah, membawa hand sanitizer dan menjaga jarak.

Namun COVID-19 juga melahirkan banyak peluang, termasuk kesempatan untuk bisa berinteraksi, berdiskusi dan sharing keilmuan tanpa terkendala jarak. "Potensi inilah yang harus di optimalkan FISIP bersama para alumni untuk bisa berkontribusi lebih besar bagi kampus," kata Potan penuh semangat.

FISIP UNS berdiri pada 1976, bersamaan dengan peresmian berdirinya Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret. Pada awalnya terdapat dua program studi yaitu Administrasi Negara dan Publisistik. Saat ini program studi Sarjana (S1) meliputi Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi (sebelumnya Publisistik), Sosiologi dan Hubungan International.

FISIP UNS juga melengkapi program keilmuannya dengan Diploma 3 dan Pasca Sarjana. Khusus program Pascasarjana meliputi jenjang Master (S2) yaitu Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik dan Sosiologi dan program Doktoral (S3) yaitu Ilmu Komunikasi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6067 seconds (0.1#10.140)