Rekomendasi Webtoon Indonesia dari Cerita Rakyat, dari Nyi Blorong hingga Roro Kidul

Rabu, 09 Februari 2022 - 16:00 WIB
loading...
Rekomendasi Webtoon Indonesia dari Cerita Rakyat, dari Nyi Blorong hingga Roro Kidul
Webtoon menyajikan banyak cerita berformat komik daring, termasuk cerita dari penulis asal Indonesia. Foto/Line Webtoon
A A A
JAKARTA - Cerita dari webtoon makin populer di kalangan anak muda. Tak mau kalah, sejumlah kreator dan penulis Indonesia pun ikut membuat webtoon.

Beberapa di antaranya bahkan ada yang mengangkat dari cerita rakyat alias legenda. Berikut tiga rekomendasi webtoon lokal dari cerita rakyat.

1. 7 Wonders

Rekomendasi Webtoon Indonesia dari Cerita Rakyat, dari Nyi Blorong hingga Roro Kidul

Foto: Webtoon

7 Wonders merupakan webtoon karya Metalu Kyoyuzuki yang terinspirasi dari legenda Jaka Tarub dan 7 Bidadari dengan sentuhan modern. Tak hanya itu, di dalam penceritaannya webtoon ini juga mengangkat kisah-kisah lain seperti Nyi Roro Kidul, pewayangan Jawa, dan lainnya.

Baca juga: 3 Atlet Ski Dunia yang Cocok jadi Idol K-Pop, Ada yang Berjuluk Pangeran Es

Ceritanya tentang pemuda kaya raya bernama Jaka yang memiliki banyak teman. Sayang, kekayaan itu tidak bertahan selamanya karena ayah Jaka jatuh bangkrut. Teman-teman Jaka pun meninggalkannya.

Suatu ketika, Jaka diberi tiket liburan oleh temannya ke Paradise Park Air Terjun Bidadari. Di sana, ia melihat tujuh bidadari yang sedang mandi. Jaka mengambil satu selendang bidadari dengan harapan mendapat keajaiban dan menjadi kaya seperti dulu.

Dirilis sejak tahun 2016, webtoon ini telah dibaca 184,4 juta kali dengan rating 9,82 dari 10. Meski masih on going, webtoon ini harus hiatus karena Metalu sedang mengalami sakit yang cukup parah.

2. Sri Asih

Rekomendasi Webtoon Indonesia dari Cerita Rakyat, dari Nyi Blorong hingga Roro Kidul

Foto: Webtoon

Sri Asih dirilis pada 2020 oleh komikus bernama Archie The RedCat dan Devita Krisanti. Webtoon lokal buatan Bumi Langit ini menceritakan seorang gadis remaja bernama Alana. Tidak hanya mampu melihat mahluk gaib, Alana memiliki kekuatan spesial, yang mampu melindungi umat manusia dari serangan roh jahat.

Cerita ini terinspirasi dari legenda Dewi Sri yang berasal dari Jawa Barat. Sri Asih juga ada versi filmnya, yang direncanakan tayang pada tahun ini.

3. Nusantara Droid War (NDW)

Rekomendasi Webtoon Indonesia dari Cerita Rakyat, dari Nyi Blorong hingga Roro Kidul

Foto:Krisanti Comics

Nusantara Droid War merupakan komik daring buatan Vega Mandalika Jhauhari dan Satria Suleman. Mereka menggabungkan unsur permainan imajinasi menggunakan droid, dipadukan dengan unsur-unsur yang ada di Indonesia. Salah satunya unsur cerita rakyat yang diaplikasikan pada droid-droid tersebut seperti Gatotkaca, Keongmas, Nyi Blorong dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: 6 Fakta Kasus Simon Leviev yang Tak Diungkap dalam Tinder Swindler

Kisah ini dimulai saat Sagriya Legi yang juga salah satu pemain NDW memutuskan untuk mencari tahu tentang kebenaran NDW. Ia juga sekaligus mencari sang ayah yang merupakan pembuat droid NDW yang menghilang ketika Sagriya masih kecil.

Dalam perjalanannya Sagriya bertemu dengan Adnan yang memiliki droid si tampan Arjuna, yang diambil dari nama tokoh pewayangan. Singkat cerita, Sagriya mengikuti acara NDW Underground Battle, di sinilah Sagriya bertemu dengan tokoh-tokoh lain yang tak kalah kuat.

Saat NDW sudah tamat dengan total 239 episode dan telah dibaca oleh 124,8 juta kali.

Nadilla Syabriya
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @nsyabriya
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)