Penjelasan Virus Zombi dan Half-Bies dalam All of Us Are Dead

Senin, 31 Januari 2022 - 09:30 WIB
loading...
Penjelasan Virus Zombi dan Half-Bies dalam All of Us Are Dead
Wabah zombi dalam All of Us Are Dead bermula dari virus yang disebut Virus Jonas buatan seorang guru sains. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Wabah zombi dalam serial Korea All of Us Are Dead bermula dari dibuatnya Jonas Virus (Virus Jonas) oleh guru sains di SMA Hyosan, Byeong-chan (Kim Byung-chul).

Virus ini awalnya disuntikkan Byeong-chan ke tubuh anaknya, Lee Jin-su (Lee Min-goo). Namun penyebaran virus terjadi karena murid lainnya di sekolah, yaitu Hyeon-ju.

Hyeon-ju adalah siswi yang tertidur di laboratorium sains, dan baru terbangun saat malam hari. Ia lalu mendapati suara berisik di laboratorium itu, dan menemukan seekor hamster di kandang.

Hyeon-ju yang mendekati hamster tersebut lantas digigit tangannya oleh hewan itu. Padahal, hamster sudah disuntikkan Virus Jonas. Byeong-chan yang menyadari hal ini lantas mengikat Hyeon-ju di laboratorium.

Namun pihak sekolah lantas membebaskan Hyeon-ju, membawanya ke klinik sekolah, dan di sinilah ia yang sudah berubah menjadi zombi menggigit staf klinik. Lebih parah lagi, Hyeon-ju lantas dibawa ke rumah sakit, membuat virus menyebar di luar sekolah.

Alasan Byeong-Chan Membuat Virus Jonas

Byeong-chan tak tega melihat anaknya, Jin-su, terus-menerus menjadi korban perisakan oleh rekan-rekan di sekolahnya. Jin-su bahkan sampai berniat untuk bunuh diri karena tak kuat menahan tekanan di sekolah.

Penjelasan Virus Zombi dan Half-Bies dalam All of Us Are Dead

Foto: Netflix

Awalnya, Byeong-chan menyampaikan masalah ini ke pihak sekolah, tapi kepala sekolah tak menanggapinya dengan serius. Ia malah meminta Byeong-chan tidak melaporkan kasus ini ke polisi demi menjaga nama baik sekolah.

Karena tak direspons positif, perisakan terhadap Jin-su terus berlangsung. Merasa tak sanggup mengubah sistem di sekolah, Byeong-chan memutuskan mengubah anaknya dengan membuat Virus Jonas.

Apa Itu Virus Jonas?

Dalam videonya, Byeong-chan mengatakan bahwa mangsa yang diserang predator kadang kala kehilangan rasa takutnya, lantas menyerang predatornya. Saat ini terjadi, hormon testosteron mangsa melonjak drastis.

Byeong-chan lantas mengekstraksi hormon testosteron ini dari hamster, lantas memodifikasinya, dan menyuntikkannya ke Jin-su. Ia yakin, virus ini akan membuat rasa takut Jin-su menjadi kekuatan untuk melawan para perisaknya.

Keyakinan Byeong-chan memang benar. Jin-su mampu melawan. Ia bahkan tidak mati meski jatuh dari ketinggian beberapa meter saat mencoba melawan para perisaknya. Namun tubuhnya tidak mampu mengontrol virus tersebut, dan inilah yang membuatnya menjadi zombi.

Lantas mengapa disebut Virus Jonas? Seperti yang juga dijelaskan Byeong-chan dalam videonya, virus tersebut ia namakan berdasarkan nama filsuf Jerman Hans Jonas. Sang filsuf pernah menyampaikan pernyataan tentang teknologi yang mendukung hidup manusia dalam kemampuannya bertahan hidup.

Penjelasan Virus Zombi dan Half-Bies dalam All of Us Are Dead

Foto: Netflix

Cara kerja virus ini adalah dengan menyerang sel-sel darah putih dalam tubuh. Virus ini mampu bertahan lebih kuat dibanding tubuh atau fisik inangnya (manusia). Saat virus sudah menguasai tubuh inang, maka manusia ini akan merasa lapar sekaligus kehilangan kecerdasannya. Saat itulah ia sudah berubah menjadi zombi.

Virus ini secara terus-menerus akan membuat zombi merasa lapar dan takut, yang pada akhirnya membuat mereka melihat manusia sebagai predator dan menyerang untuk memakannya.

Baca Juga: 5 Jenis Zombi yang Sering Muncul dalam All of Us Are Dead

Jika manusia telah terinfeski (digigit) oleh zombi, maka suhu tubuhnya akan menurun drastis. Saat itulah zombi merasa mereka bukan lagi sebagai ancaman, dan mencari "predator" lainnya untuk dimangsa.

Mengapa Ada Half-Bies alias Makhluk Setengah Manusia Setengah Zombi?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0765 seconds (0.1#10.140)