4 Galeri Seni di Jakarta yang Wajib Dikunjungi, Gratis dan Instagramable!

Selasa, 25 Januari 2022 - 15:14 WIB
loading...
4 Galeri Seni di Jakarta yang Wajib Dikunjungi, Gratis dan Instagramable!
Galeri Nasional termasuk galeri seni yang populer dan jadi favorit warga Jakarta. Foto/Instagram @galerinasional
A A A
JAKARTA - Berkunjung ke galeri seni saat waktu luang bisa kamu lakukan untuk menenangkan pikiran, dengan melihat berbagai karya seni para seniman Indonesia yang luar biasa.

Selain itu, kamu juga bisa menambah pengetahuan dan informasi mengenai karya seni . Nilai tambahnya, kamu juga bisa mempercatik feeds Instagram-mu dengan berfoto di galeri seni yang punya gaya interior aestetik dan kekinian banget.

Namun perlu diingat, jangan sampai gara-gara semangat berfoto, kamu jadi bikin ricuh galeri atau merusak karya yang dipamerkan. Berikut ini rekomendasi empat galeri seni di Jakarta yang bisa kamu kunjungi secara gratis.

1. Galeri Nasional Indonesia

4 Galeri Seni di Jakarta yang Wajib Dikunjungi, Gratis dan Instagramable!

Foto: Instagram @galerinasional

Galeri Nasional Indonesia merupakan galeri seni rupa modern dan kontemporer di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lokasinya ada di Jl. Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Jakarta Pusat.

Galeri Nasional Indonesia didirikan dan diresmikan operasionalnya pada 8 Mei 1999. Galeri seni ini sebagai Lembaga Budaya Negara menghimpun, menyimpan, dan memamerkan karya seni rupa baik dari dalam dan luar negeri, di antaranya berupa lukisan, patung, fotografi, seni kriya, seni instalasi, seni grafis, seni keramik, seni media, dan video art.

Galeri Nasional Indonesia buka tiap Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00 WIB untuk pameran tetap, dan untuk pameran temporer buka dengan menyesuaikan jadwal dan periode masing-masing pameran temporer yang sedang berlangsung.

Sebelum berkunjung, kamu bisa registrasi di situs web resmi Galeri Nasional Indonesia, yaitu galnas-id.com 24 jam sebelum berkunjung.

2. Galeri Hadiprana

4 Galeri Seni di Jakarta yang Wajib Dikunjungi, Gratis dan Instagramable!

Foto: Instagram @hadipranagallery

Galeri Hadiprana merupakan galeri tertua di Jakarta yang didirikan oleh Hendra Hadiprana pada 1961. Hendra Hadiprana adalah arsitek senior Indonesia, yang juga punya pemahaman yang tinggi terhadap seni.

Hendra secara selektif memilih karya yang berkualitas untuk kemudian dipublikasikan dalam galerinya yang bertempat di Mitra Hadiprana Mall, Jl. Kemang Raya No. 30, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Selain pameran, ada juga kelas kesenian yang bisa diikuti oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Galeri Hadiprana buka setiap hari pukul 10.00-18.00 WIB, dan untuk Jumat dan Sabtu buka pukul 10.00-17.00 WIB.

3. Edwin’s Gallery

4 Galeri Seni di Jakarta yang Wajib Dikunjungi, Gratis dan Instagramable!

Foto:Instagram @edwinsgalleryjkt

Galeri ini dibangun pada Juli 1984 oleh Erwin Rahardjo yang awalnya adalah garasi rumahnya yang diubah menjadi galeri dan studio foto. Saat ini Edwin’s Gallery bertempat di Jl. Kemang Raya No. 21, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Galeri ini memiliki lahan yang luas dan gaya arsitektur yang unik dari beragam unsur yang dipadukan. Bagian luarnya dengan gaya etnik Jawa, sementara gaya kontemporer diterapkan untuk interiornya.

Baca Juga: Akting Tidak Memuaskan, 6 Idol-Aktor Ini Dinilai Harus Belajar Lagi

Hingga saat ini Edwin’s Gallery sudah menggelar lebih dari 300 kali pameran karya ratusan seniman Indonesia. Selain Pameran, juga terdapat karya seni kontemporer karya seniman-seniman Indonesia seperti lukisan dan patung. Edwin’s Gallery buka setiap Senin-Sabtu pukul 09.00-17.00 WIB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2397 seconds (0.1#10.140)