10 Anime Terbaik yang Diangkat dari Light Novel

Rabu, 05 Januari 2022 - 23:01 WIB
loading...
10 Anime Terbaik yang Diangkat dari Light Novel
Anime yang diangkat dari light novel punya sejumlah judul terbaik. Mereka tampil dengan cerita yang memikat dan banyak berkutat di genre isekai yang populer. (Foto: Glorio Blog)
A A A
Anime tidak hanya diangkat dari manga. Beberapa judul terbaik anime justru diangkat dari light novel. Biasanya, anime ini akan menyasar pada audiens yang berasal dari kelompok young adult atau dewasa muda di Jepang.

Dalam 20 tahun terakhir, ini benar. Popularitas adaptasi light novel tertentu telah membuat studio segera mengambil serial yang ada dengan harapan bisa menjadi hit baru. Beberapa anime terbesar dan terbaik yang diangkat dari light novel ini tidak hanya populer karena kualitasnya, tapi juga dampak mereka terhadap genre ini.

Beberapa judul anime dari light novel ini bahkan mampu bersaing dengan anime populer yang diangkat dari manga. Apa saja anime terbaik dari light novel? Dikutip dari CBR, berikut ulasannya!



10. Goblin Slayer
10 Anime Terbaik yang Diangkat dari Light Novel

Awalnya, anime ini dibenci karena sejumlah momen awalnya yang kontroversial. Namun, serial ini jadi tambah populer dan menjadi anime paling banyak ditonton. Popularitas ini juga karena anime ini sederhana, tapi akar fantasi tingginya yang terasa mirip seperti gim RPG Pen and Paper. Selain itu juga karena protagonisnya yang disukai. Dia adalah seorang pria tabah yang bergerak untuk membunuh goblin. Dia dengan mudah terkait pada karakter yang bagus dalam satu hal tapi cukup buruk untuk yang lainnya.

9. No Game No Life
10 Anime Terbaik yang Diangkat dari Light Novel

No Game No Life tayang pada 2014 sebelum genre isekai menjadi menjenuhkan. Anime ini mengisahkan tentang Sora dan Shino, kakak beradik penderita agorafobia yang ada di dunia permainan sebagai Blank, makhluk tak terkalahkan. Ketika mereka mengalahkan dewa gim, Tet, mereka dikirim ke sebuah dunia alternatif bernama Disboard. Di tempat ini, semua konflik diselesaikan dengan gim. Tapi, cerita serial ini menumpangi karakter utamanya yang penuh teka teki dan dunia mengagumkan yang dihidupkan Madhouse. Lebih dari separuh dekade kemudian, penggemar masih ingin melihat lebih banyak serial ini.

8. Grimgar of Fantasy and Ash
10 Anime Terbaik yang Diangkat dari Light Novel

Saat Grimgar tayang, genre isekai sudah dipadati dengan banyak karakter yang dikirim ke dunia lain dan jadi terlalu kuat. Grimgar berhasil mengubah pandangan ini dengan berfokus pada sekelompok remaja yang sama sekali tidak punya kekuatan. Serial ini mengisahkan perjuangan mereka melawan monster level rendah dan berusaha mendapatkan uang yang cukup untuk membeli makanan dan pakaian. Mereka berusaha mengungkap misteri bagaimana mereka bisa masuk dunia itu dan emosi mereka yang berubah karena pubertas.

7. Sword Art Online
10 Anime Terbaik yang Diangkat dari Light Novel

Serial ini pasti masuk ke daftar ini. Sword Art Online telah mengubah industri anime dengan membuat isekai sebagai pemain utama di industri ini. Meski genre ini sudah ada sebelum serial ini muncul, tapi kehadiran Sword Art Online-lah yang membuat genre ini mulai diperhitungkan. Musim ini saja, sudah ada 4 anime isekai yang tayang. Mereka semua berutang kepada popularitas Sword Art Online.

6. Gamers!
10 Anime Terbaik yang Diangkat dari Light Novel

Serial ini tidak punya akar di dunia fantasi. Anime ini bercerita tentang Keita Amano, seorang cowok yang menemukan dirinya diundang ke klub video game di SMA-nya oleh Karen Tendo, cewek tercantik di sekolahnya. Ketika dia tahu kalau klub itu adalah tentang gim persaingan, dia menolaknya. Serial ini berhasil menyeimbangkan humor dengan komentar yang cukup menohok tentang gim secara keseluruhan.

5. Fate/Stay Night
10 Anime Terbaik yang Diangkat dari Light Novel

Serial ini adalah salah satu anime terpopuler yang diangkat dari light novel. Adaptasi pertamanya terjadi pada 2005. Tapi popularitasnya membuat serial ini tidak hanya mendapatkan prekuel, tapi juga di-remake pada 2014. Sejak saat itu, franchise ini pun terus berkembang dengan video game baru, manga, light novel dan berbagai macam adaptasi anime.

4. Log Horizon
10 Anime Terbaik yang Diangkat dari Light Novel

Log Horizon adalah pesaing terbesar Sword Art Online. Di serial itu, semua orang tidak bisa logout dari permainan MMO Elder Tale dan dipaksa bertahan di permainan favorit mereka itu. Di Log Horizon, kematian berarti kelahiran kembali. Maka, karakter-karakternya dipaksa belajar semuanya dari memasak makanan nyata hingga menciptakan ekonomi yang bekerja. Tapi, yang membuat serial ini menonjol adalah penggunaan mekanisme MMO in-depth dan strategi skenario peran aktualnya.

3. Re: Zero - Starting Life in Another World
10 Anime Terbaik yang Diangkat dari Light Novel

Di anime ini, Subaru adalah seorang pria dari dunia nyata yang masuk semesta alternatif yang mirip fantasi. Di dunia itu, dia punya satu kemampuan, yaitu bisa hidup lagi setelah dibunuh. Subaru memanfaatkan kemampuan ini tidak hanya untuk membantu dirinya, tapi juga orang di sekitarnya. Serial ini sangat populer tidak hanya berkat animasi White Fox, tapi juga karena karakter yang menarik dan cara unik pengungkapan tiap skenarionya. Serial ini cukup populer di season pertamanya dan season 2-nya sudah tayang pada 2020.

2. Legend of the Legendary Heroes
10 Anime Terbaik yang Diangkat dari Light Novel

Serial ini mengisahkan tentang Ryner Lute, seorang tentara yang dikutuk dengan mata berkekuatan sihir yang dikenal sebagai Alpha Stigma. Kemampuan ini membuatnya bisa menyalin mantra apa pun yang dia mau. Ryner bekerja bersama Ferris untuk mendapatkan kembali barang-barang kuat yang dikenal sebagai Reliks Pahlawan untuk negara mereka. Premisnya cukup lurus, tapi ceritanya jadi menarik dengan intrik politik dan kekuatan sihir sehingga serial ini selalu masuk daftar sekuel paling diinginkan.



1. That Time I Was Reincarnated As A Slime
10 Anime Terbaik yang Diangkat dari Light Novel

Serial ini menceritakan tentang Satoru Mikami. Karyawan berusia 37 tahun itu mati dalam kondisi perjaka dan berinkarnasi sebagai slime bernama Rimuru. Dia bisa makan apa saja. Di dunia barunya, Rimuru berusaha mendapatkan kebahagiaan untuknya dan teman-teman monsternya. Di serial ini, pertarungannya diselesaikan dengan kepala dingin dengan membahas diplomasi di saat mereka bertarung sampai mati.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)