Lagu 'Receh' Super Tuna Jin BTS Dibahas Serius Ahli Kelautan dan Pemancing Profesional

Lagu Receh Super Tuna Jin BTS Dibahas Serius Ahli Kelautan dan Pemancing Profesional
Lagu dan koreografi Super Tuna menjadi viral dan dibahas dengan serius di Korea Selatan. Foto/BigHit Music
SEOUL - Jin BTS boleh jadi hanya berniat bersenang-senang saat merayakan ulang tahunnya dengan merilis lagu Super Tuna, tapi media Korea menganggapnya dengan sangat serius.

Lewat kanal YouTube Konnect yang dimiliki oleh The Korea Herald, media ini membahas tentang Super Tuna dari sudut pandang pemancing profesional dan ahli kelautan.

Mereka membahas tentang lirik, foto, serta video musik yang dikaitkan dengan aktivitas memancing dan profil ikan tuna.

Seperti diketahui, Super Tuna adalah lagu trot berdurasi kurang dari dua menit. Lagu ini berisi lirik tentang seorang pemancing yang berharap umpannya dimakan tuna, flatfish, makerel, hiu, atau ikan berukuran besar lainnya. Selama ini, Jin memang dikenal punya hobi mancing.

Meski awalnya hanya untuk bersenang-senang, ternyata lagu ini direspons sangat baik hingga sangat viral di Korea. Dari orang tua hingga anak-anak kecanduan dengan musiknya yang enak didengar dan koreografinya yang lucu dan mudah diikuti. Super Tuna Challenge juga sempat muncul di TikTok.

Lagu 'Receh' Super Tuna Jin BTS Dibahas Serius Ahli Kelautan dan Pemancing Profesional

Foto: BigHit Music

Nah, lewat laporan bertajuk We tracked down BTS Super Tuna with tuna experts and this is what happened, Konnect berusaha menggali lebih dalam tentang hal-hal yang akurat dan tidak akurat dalam Super Tuna.

Reporter bertanya pada seorang pemancing profesional tentang nama-nama ikan yang disebut Jin dalam lagu tersebut. Sang pemancing lantas mengatakan bahwa memang benar ikan-ikan itu adalah yang diharapkan para pemancing untuk mereka dapatkan.

"Kalau mendengar liriknya, aku pikir Jin memang pemancing sejati. Ia seperti pemancing veteran," ujarnya.

"Ini adalah lagu yang legendaris, yang paham hasrat para pemancing untuk menangkap ikan besar," imbuhnya.

Meski begitu, menurut sang pemancing, tingkat pancing yang dipegang Jin dalam foto Super Tuna tidak bisa dipakai untuk menangkap ikan besar. Dibutuhkan kail yang lebih tebal untuk bisa menangkap super tuna yang beratnya mencapai 300 kg.

"Ikan yang dipegang Jin dalam foto bukan ikan super tuna, melainkan ikan ekor kuning yang panjangnya sekitar 70-80 cm," ucapnya lagi.

Lagu 'Receh' Super Tuna Jin BTS Dibahas Serius Ahli Kelautan dan Pemancing Profesional

Foto: BigHit Music

Sementara menurut ahli kelautan, tidak ada ikan dengan nama super tuna seperti yang dinyanyikan Jin.

"Jadi ini yang membuat dia tidak bisa menangkap ikan super tuna?," tanya reporter. "Benar," jawab sang ahli kelautan.

Lebih lanjut, sang ahli juga mengatakan bahwa kalau Jin mau menangkap tuna yang beratnya mencapai 300 kg, dia kemungkinan tidak akan mendapatkannya di east sea dan west sea (laut Jepang). Ikan tersebut hanya ada di perairan Taiwan.

Baca Juga: 6 Lagu Konyol Idol K-Pop, dari BTS, Mamamoo, hingga Seventeen

Sementara ahli kelautan lainnya berkomentar bahwa gambar buntut ikan tuna yang ada di kaus yang dipakai Jin dalam video musik juga tidak akurat. Begitu pula dengan mulut ikan yang tertutup dan seperti tersenyum.

Lagu 'Receh' Super Tuna Jin BTS Dibahas Serius Ahli Kelautan dan Pemancing Profesional

Foto: BigHit Music

"Ikan tuna harus membuka mulutnya agar ia mendapat oksigen saat berenang. Kalau mulutnya tertutup, maka ia bisa mati," ujarnya.
halaman ke-1
Share: