Jenis-Jenis Kucing Paling Populer di Indonesia

Selasa, 09 Juni 2020 - 18:17 WIB
loading...
Jenis-Jenis Kucing Paling Populer di Indonesia
Kucing jadi hewan paling menggemaskan di Indonesia hingga banyak orang merasa ingin memeliharanya. Foto/Geocen, id.fanpop.com
A A A
JAKARTA - Kucing adalah salah satu hewan mamalia yang paling digemari manusia selain anjing, karena bentuk fisik dan tingkah lakunya yang lucu sampai yang menjengkelkan.

Dari begitu banyak jenis atau ras kucing, ada sedikitnya empat jenis yang paling sering kita lihat dipelihara oleh pencinta kucing. Berikut daftarnya.

1. MOGGY

Jenis-Jenis Kucing Paling Populer di Indonesia

Foto: gambarpro.com

Di Indonesia, kucing jenis Moggy dikenal dengan nama kucing kampung. Mengutip dari bebaspedia.com, kucing domestik ini masih punya garis keturunan dengan african wildcat karena punya kesamaan pada pola warna bulu, perawakan, berat badan, cakar, buntut, sampai panjang kaki.

Pada dasarnya, setiap kucing domestik punya ciri khas tersendiri lagi sesuai dengan lingkungannya. Misalnya kucing liar di Indonesia kalau dilihat dengan saksama punya kesamaan dengan kucing jenis mackerel tabby dan european shorthair.

Terbiasa hidup di jalanan bikin kucing kampung lebih mandiri dan tangguh dibanding kucing jenis lain. Kucing kampung juga relatif jinak, jadi kita gak terlalu susah kalau mau merawat kucing jenis ini.

2. PERSIA

Jenis-Jenis Kucing Paling Populer di Indonesia

Foto: kucing.co.id

Kucing persia adalah jenis kucing yang paling banyak dipelihara pencinta kucing di Indonesia. Kucing ini punya ciri bulu yang panjang dan lembut, punya muka yang bulat dan hidung menggemaskan. Selain itu ada empat jenis kucing jenis persia yang juga disukai para pencinta kunci, yaitu persia peak nose, persia flat nose, persia medium, dan persia himalayan.

Keempat jenis persia ini punya kesamaan dari mulai bulu dan panjang buntut, tapi ada juga perbedaannya pada corak bulu dan bentuk hidung.

Yang paling mencolok perbedaannya adalah persia himalayan karena corak warna bulunya cenderung hitam, cokelat, atau abu-abu dan putih pada area tertentu seperti di kuping, hidung, dan buntut. Kalau dilihat sekilas persia himalayan punya kemiripan corak dengan kucing siamese.

3. TURKISH ANGORA

Jenis-Jenis Kucing Paling Populer di Indonesia

Foto:Anna Volgina/iStock/Getty Images

Di Indonesia, kucing jenis ini lebih dikenal dengan sebutan kucing anggora. Kucing ini adalah ras kucing alami tertua dari Ankara, Turki. Kucing anggora yang biasa kita lihat punya bulu yang panjang dan halus dengan warna putih bersih, tapi ada juga beberapa jenis bulu anggora yang warnanya cokelat-orange atau corak bulu garis-garis.

Kucing anggora juga termasuk kucing yang gampang dirawat dan gampang bergaul dengan manusia, jadi gak heran banyak pencinta kucing yang menyukai jenis ini.

4. MAINE COON

Jenis-Jenis Kucing Paling Populer di Indonesia

Foto:Nina Pearman/Getty Images

Maine coon adalah ras kucing tertua keturunan jenis anggora dan jenis kucing hutan norwegia yang berasal dari Maine, Amerika Serikat. Kucing ini punya badan yang besar dan tinggi. Kucing jantan maine coon bisa punya berat mencapai 7-10 kg. Bulunya juga lebat banget dan panjang dengan corak cokelat, putih solid, dan abu-abu.

Mengutip dari diadona.id, berbeda dari jenis kucing yang lain, maine coon gak takut air, bisa berenang, dan punya kelainan pewarisan sifat polidaktili yaitu punya enam jari kaki.

Walaupun fisiknya yang besar dan terkesan gahar, kucing ini takut ketinggian dan termasuk kucing rumahan yang bisa kita pelihara. Maine coon juga termasuk kucing dengan harga jual yang fantastis mencapai belasan juta rupiah untuk satu anak kucing.

Adita Roro Lastamimi
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @adietarr
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3858 seconds (0.1#10.140)