Konser K-Pop dengan Penonton Terbanyak dalam Sejarah, Didominasi Grup Gen 2

Sabtu, 25 Desember 2021 - 16:42 WIB
loading...
Konser K-Pop dengan Penonton Terbanyak dalam Sejarah, Didominasi Grup Gen 2
Grup dari generasi kedua K-pop Big Bang mendominasi daftar 10 tur konser penyanyi Korea dengan penonton terbanyak. Foto/bigbangmusic.info
A A A
JAKARTA - Konser K-pop paling banyak penonton dalam sejarah rupanya didominasi oleh grup dari generasi kedua, dan yang teratas saat ini bukanlah BTS.

Konser memang menjadi salah satu agenda wajib bagi para penggemar yang ingin bertemu sekaligus menikmati penampilan idolanya secara langsung. Sayangnya dalam dua tahun terakhir ini, semua konser dan tur K-pop dibatalkan karena COVID-19.

Para penggemar hanya dapat mendukung idola mereka melalui konser daring. Namun sebelum pandemi menyerang, tercatat ada 10 konser K-pop dengan penonton terbanyak sepanjang sejarah, seperti berikut ini.

1. Big Bang – Made World Tour

Konser K-Pop dengan Penonton Terbanyak dalam Sejarah, Didominasi Grup Gen 2

Foto: Facebook BIGBANG

Big Bang memulai tur konser dunia kedua mereka di Seoul bertajuk Made World Tour pada April 2015 dan berlangsung hingga Maret 2016. Sesuai judulnya, saat itu Big Bang juga tengah mempromosikan album ketiga mereka, MADE.

Secara keseluruhan, mereka mengunjungi 15 negara di Asia, Amerika Utara, dan Australia. Totalnya ada 66 pertunjukan yang digelar, dan dihadiri sebanyak 1,5 juta orang.

Meski dalam album tersebut hanya terdapat delapan single baru selama tur, Made World Tour tercatat sebagai tur terbesar yang pernah digelar oleh penyanyi Korea. Saat itu berbagai pujian juga datang dari para kritikus musik.Ini turut membuktikan Big Bang tidak hanya menang popularitas, tetapi juga karyanya yang fantastis.

2. BTS – Love Yourself World Tour

Konser K-Pop dengan Penonton Terbanyak dalam Sejarah, Didominasi Grup Gen 2

Foto: YouTube BANGTANTV

BTS mempromosikan Love Yourself: Her, Love Yourself: Tear, dan album kompilasi Love Yourself: Answer dalam tur dunia mereka yang bertajuk Love Yourself World Tour. Tur dunia ketiga BTS ini diawali di Seoul pada Agustus 2018 dan berakhir di Bangkok, pada April 2019.

Selama tur, mereka menampilkan 42 pertunjukan di 12 negara dan memikat lebih dari satu juta penggemar. Tur ini membuat industri K-pop semakin bersinar di kancah internasional, terlebih lagi banyak respons positif dari para kritikus musik. Tur ini menghasilkan lebih dari USD71 juta dolar atau lebih dari Rp1 triliun untuk penjualan tiket saja.

Hasil tersebut tidak termasukLove Yourself: Speak Yourself World Tour, yang mereka lakukan satu bulan setelah Love Yourself berakhir. Jika digabung dengan tur ini, maka tur dari BTS menjadi tur dunia K-pop terbesar sepanjang sejarah.

Tur lanjutan ini diawali di Rose Bowl pada 4 Mei 2019 dan berakhir di Seoul pada 29 Oktober 2019. Dalam tur tersebut, mereka menggelar 20 konser di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Asia. Melansir Billboard, BTS menutup Love Yourself: Speak Yourself World Tour dengan penghasilan USD116,6 juta (Rp1,6 triliun) dan berhasil menjual 976.283 tiket.

Baca Juga: Album K-pop 2021: Penjualan Terbanyak, Negara Pembeli Terbesar, dan Data 2013-2021

3. Big Bang – 0.TO.10 Tour

Konser K-Pop dengan Penonton Terbanyak dalam Sejarah, Didominasi Grup Gen 2

Foto: YouTube Bigbang

Konser kali ini punya makna tersendiri bagi Big Bang, karena menjadi salah satu perayaan 10 tahun kebersamaan mereka. Tur ini dimulai Juli 2016 dan berakhir Januari 2017 di beberapa negara, yakni Korea Selatan, Jepang, dan Hongkong.

Selain itu, konser ini juga ditayangkan secara langsung di beberapa teater di Jepang. Secara keseluruhan turnya berhasil menarik perhatian 1,1 juta penggemar dari 24 pertunjukan di 6 kota berbeda.

Di samping itu, popularitas Big Bang di Jepang memang terbilang tinggi saat itu. Tur 0.TO.10 menjadi torehan besar Big Bang sebagai artis luar negeri pertama yang mengadakan tur dome Jepang selama empat tahun berturut-turut. Merespons besarnya permintaan para penggemar, setelah tur ini berakhir Big Bang kembali mengadakan tiga pertunjukan tambahan di Kyocera Dome.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)