Ketemu Bayi Kucing tanpa Induk? Ini Tips Merawatnya

Senin, 08 Juni 2020 - 20:15 WIB
loading...
Ketemu Bayi Kucing tanpa Induk? Ini Tips Merawatnya
Bayi kucing tanpa induk perlu mendapat perhatian dan perawatan ekstra karena kondisinya masih rentan. Foto/wallpaperaccess.com
A A A
JAKARTA - Kamu melihat anak kucing, tapi gak ada ibunya? Mungkin kamu berniat menolong anak kucing itu, tapi gak tahu gimana ngasih makannya?

Emang, merawat bayi kucing tanpa induk harus hati-hati karena kalau gak dirawat dengan semestinya, dia bisa mati.

Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa, kok, melakukan perawatan seperti di bawah ini untuk menjaga bayi kucing tersebut bisa hidup dan tumbuh menjadi kucing dewasa.

1. SIAPKAN TEMPAT YANG HANGAT DAN NYAMAN

Ketemu Bayi Kucing tanpa Induk? Ini Tips Merawatnya

Foto:Hasan Cengiz/Thewallpaper.co

Saat bayi kucing baru lahir, dia memanfaatkan induknya untuk tetap hangat dan gak kedinginan. Nah, karena induknya gak ada, kamu bisa menggantinya dengan menyiapkan alas dari handuk bekas atau kain lain yang lembut dan tebal. Terus, jangan lupa untuk ngasih kampu pijar ke kucing saat malam hari biar dia tetap hangat. Tempat yang kamu pakai juga harus bersih dan kering karena kalau kotor dan lembap bisa menjadi sumber bakteri dan penyakit untuk bayi kucing

2. BERIKAN SUSU

Ketemu Bayi Kucing tanpa Induk? Ini Tips Merawatnya

Foto: mariehulett.blogspot.com

Bayi kucing yang baru lahir minimal harus meminum susu selama kurang lebih satu bulan. Kamu bisa menganti susu induk kucing dengan susu formula khusus bayi kucing yang bisa kamu beli di toko hewan (pet shop). Kamu bisa ngasih susunya dengan botol susu kecil ke mulut bayi kucing. Usahakan rutin memberikan susu per 2-3 jam sekali.

3. MEMBANTU BUANG AIR KECIL DAN BESAR

Ketemu Bayi Kucing tanpa Induk? Ini Tips Merawatnya

Foto: Shutterstock

Setelah bayi kucing makan dan minum, kamu bisa membantunya buang air kecil dan air besar dengan mengelus perut bayi kucing atau mengelap area genitalnya dengan lap air hangat yang bisa merangsang bayi kucing untuk buang air kecil dan air besar.

4. MEMBERIKAN VITAMIN D

Ketemu Bayi Kucing tanpa Induk? Ini Tips Merawatnya

Foto: getwallpapers.com

Sama seperti bayi manusia, seekor bayi kucing juga butuh asupan vitamin D yang bisa didapat dari sinar matahari. Kamu bisa menjemur bayi kucing di bawah sinar matahari saat pukul 7 atau 8 pagi selama kurang lebih 10 menit.

5. PASTIKAN AREA MATA KUCING BERSIH

Ketemu Bayi Kucing tanpa Induk? Ini Tips Merawatnya

Foto: wallpaperaccess.com

Salah satu masalah pada bayi kucing adalah belek pada mata bayi kucing yang membuatnya susah untuk membuka mata. Biasanya sang induklah yang dengan rajin menjilati badan dan wajah bayi kucing. Saat induk gak ada, kamu bisa menggunakan tisu dengan air hangat untuk mengelap area-area yang kotor di bayi kucing, terlebih area mata jkalau kelihatan ada kotoran yang menggumpal.

Adita Roro Lastamimi
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @adietarr
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2244 seconds (0.1#10.140)