3 Kontroversi MAMA 2021, dan 2 Perbaikan Dibanding Tahun Lalu

Senin, 13 Desember 2021 - 10:16 WIB
loading...
3 Kontroversi MAMA 2021, dan 2 Perbaikan Dibanding Tahun Lalu
MAMA 2021 berjalan lancar dengan minim kontroversi, meski tetap saja ada kasus buruk yang menyertai. Foto/Mnet MAMA
A A A
SEOUL - Secara keseluruhan, perhelatan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2021 berjalan lancar tanpa ledakan kontroversi seperti tahun-tahun sebelumnya.

MAMA memang dikenal dengan sejarah kontroversinya yang panjang, mulai dari pemilihan pemenang yang tidak adil hingga perlakuan buruk terhadap idol atau grup yang tampil.

Saking penuh kontroversinya, G-Dragon Big Bang bahkan pernah menyindir acara ini saat tampil bernyanyi dalam MAMA 2014. Kala membawakan Good Boy, ia melakukan freestylerap dan mengatakan bahwa MAMA mirip ajang penghargaan amal karena semua piala dibagi rata.

Baca Juga: 6 Kontroversi yang Pernah Menimpa Ajang Musik MAMA

Namun tahun ini, MAMA terlihat melakukan sejumlah perbaikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kontroversi pun bisa dibilang sangat minim, meski tak berarti tak ada kasus buruk sama sekali.

Nah, berikut ini beberapa perbaikan yang dilakukan MAMA tahun ini, juga kontroversi yang menyertai acara yang berlangsung pada Sabtu (11/12) di CJ ENM Contents World selama kurang lebih empat jam tersebut.

PERBAIKAN

1. Penentuan Kriteria Pemenang Daesang

3 Kontroversi MAMA 2021, dan 2 Perbaikan Dibanding Tahun Lalu

Foto: Mnet MAMA

Tahun ini, MAMA memutuskan perubahan signifikan terhadap 3 dari 4 penghargaan utama (daesang) mereka, yaitu Artist of The Year, Song of The Year, dan Album of The Year. Pada tahun-tahun sebelumnya, pemilihan pemenang dilakukan lewat pemungutan suara oleh para penggemar.

Namun tahun ini, kriteria diubah sama sekali dengan tidak menyertakan voting dari fandom, melainkan dari penilaian juri, penjualan digital, penjualan album fisik, dan performa di platform musik global (Apple Music).

Baca Juga: 10 Adegan Pascakredit Paling Lucu di Jagat Film Marvel

Porsi terbesar penilaian bergantung pada kriteria, misalnya jika untuk Album of The Year, bobot terbesar ada pada penjualan album fisik dan penilaian juri, masing-masing 40%. Namun untuk tiga kategori daesang tersebut, bobot penilaian juri selalu sama, yaitu 40%.

Perubahan ini membuat penilaian menjadi lebih transparan dan adil. Inilah yang membuat daftar pemenang MAMA 2021 menjadi nyaris tanpa kontroversi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

2. Ruang Tunggu yang Lebih Layak

3 Kontroversi MAMA 2021, dan 2 Perbaikan Dibanding Tahun Lalu

Foto: Mnet Mama

Tahun lalu, para penggemar K-pop mengungkapkan kemarahannya setelah banyak video beredar yang menunjukkan para penampil (grup K-pop) tak mendapatkan ruang tunggu yang layak. Mereka terpaksa berdandan di dalam mobil, menunggu di tengah cuaca musim dingin, bahkan membeli makanan sendiri sebelum tampil di atas panggung.

Ini berbanding terbalik dengan para pemain drama dan film yang menjadi presenter acara, yang mendapat ruang tunggu layak dan makanan enak. Saat itu, MAMA beralasan mereka tak memiliki ruang tunggu yang cukup banyak, terutama untuk grup dengan jumlah member yang banyak. Ini terkait aturan jaga jarak saat masa pandemi. Namun para penggemar tetap tak menerima alasan tersebut.

Tahun ini, MAMA tampaknya berusaha menunjukkan bahwa mereka memperbaiki kesalahannya. Dalam video Coming Up Next yang muncul di tengah acara, terlihat bahwa para idol kini mendapatkan ruang tunggu yang tak hanya nyaman, tapi juga mewah.

KONTROVERSI

1. Penampilan TXT yang Tidak Sinkron




TXT yang membawa pulang piala bonsang untuk Worldwide Fans Choice Top 10 berulang kali mendapat perlakuan buruk dari MAMA 2021. Yang paling mengganggu adalah saat mereka tampil membawakan Frost dan LO$ER=LOVER, terutama saat dance break, ada perbedaan waktu antara gerakan Yeonjun dan musik yang menyertainya.

Delay ini membuat penampilan TXT jadi tidak maksimal, membuat para penggemar, bahkan para penari yang ikut tampil menyampaikan kekecewaan mereka di media sosial. Bahkan, BigHit Music lewat kanal YouTube TOMORROW X TOGETHER OFFICIAL langsung merilis video dance practice tak lama setelah TXT tampil di MAMA 2021.

Baca Juga: MAMA Kena Masalah Lagi, Artis dan Agensi Ternyata Terpaksa Rekaman di Studio Berbahaya

Padahal, biasanya agensi ini menunggu beberapa hari setelah acara berakhir sebelum merilis beberapa video terkait penampilan grupnya dalam sebuah acara.

2. Yeonjun TXT Tak ada Dalam Thumbnail Video Kolaborasi

3 Kontroversi MAMA 2021, dan 2 Perbaikan Dibanding Tahun Lalu

Foto: Mnet Mama 2021

MAMA 2021 menampilkan lima idol dengan tarian solo mereka, yaitu Hyunjin Stray Kids, Yeonjun TXT, Yeji ITZY, Karina aespa, Heesung ENHYPEN, dan Wooyoung ATEEZ.

Namun saat video mereka dirilis di YouTube, MAMA hanya menampilkan lima idol di thumbnail video tersebut. Baru setelah MOA - sebutan untuk para penggemar TXT, menyampaikan keberatannya, foto Yeonjun akhirnya dimasukkan ke dalam thumbnail.

Baca Juga: 3 Insiden Dramatis yang Bikin EXO Tak Mau Datang Lagi ke Ajang MAMA

3. Pidato Soobin Dipotong

Masih dari TXT, pidato kemenangan Soobin juga dipotong saat ia masih berbicara. Saat itu, mikrofon langsung dimatikan secara otomatis dan tata lampu tak lagi menyorot TXT, tapi Soobin tetap nekat menyelesaikan pidatonya dengan berteriak keras dan mengucapkan terima kasih pada MOA karena membuat mereka jadi salah satu pemenang dalam kategori Worldwide Fans Choice Top 10.


(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2447 seconds (0.1#10.140)