5 Drama Korea Batal Tayang, Ada yang karena Ribut dengan Rumah Produksi

5 Drama Korea Batal Tayang, Ada yang karena Ribut dengan Rumah Produksi
Joseon Exorcist jadi drama terbaru yang dihentikan penayangannya karena berbagai kontroversi. Foto/SBS
JAKARTA - Sebagian drama Korea ada yang bernasib sangat malang, sudah dinanti para penggemar dan dibicarakan banyak media, tapi nyatanya tak kunjung tayang sampai sekarang.

Ada banyak alasan serial-serial tersebut dibatalkan penayangannya, mulai dari kontroversi sejarah hingga konflik saat syuting. Dua di antaranya bahkan drama dengan bujet besar. Berikut ini daftarnya.

1. Joseon Exorcist

5 Drama Korea Batal Tayang, Ada yang karena Ribut dengan Rumah Produksi

Foto: SBS

Drama ini jadi drama terakhir yang diketahui publik dihentikan penayangannya, padahal baru tayang dua episode.

Mengutip Korea Times, penyebabnya adalah kritikan keras dari masyarakat karena penggambaran tokoh bersejarah terhormat yang berubah menjadi karakter inkompeten dan gila. Selain itu, penggunaan properti dan desain dari China untuk visualisasi latar tempat di Korea juga menimbulkan kontroversi.

Saat drama ini diputuskan dihentikan oleh SBS, syuting Joseon Exorcist sudah selesai hingga 80%. Yang membuat SBS makin apes adalah karena bujet besar yang harus dikeluarkan untuk membuat drama ini, yaitu 32 miliar won atau sekitar Rp390 miliar.

Joseon Exorcist mulai tayang di SBS pada 22 Maret 2021. Latarnya adalah pada era Joseon tahun 1392-1910. Sementara ceritanya tentang King Taejong (Kam Woo-sung) yang merupakan raja ketiga era Joseon dan putranya, Chungnyeong (Jang Dong-yoon) atau King Sejong, yang bertarung melawan roh jahat untuk melindungi kerajaan mereka.

2. School 2020

5 Drama Korea Batal Tayang, Ada yang karena Ribut dengan Rumah Produksi

Foto: KBS2

Ini adalah drama waralaba yang tayang pertama kali pada 2009. Seri School sejauh ini sudah dibuat sebanyak delapan kali. Meski begitu, drama terakhir pernah sempat bermasalah.

Setelah School 2017, KBS berniat membuat School 2020 yang seharusnya tayang pada Agustus tahun lalu. Namun, mengutip Koreaboo, muncul tuduhan bahwa ayah aktris Ahn So-hyun - salah satu pemain utama serial ini - meminta banyak hal yang tak masuk akal pada tim produksi. Rumor lalu beredar bahwa sang aktris digantikan oleh Kim Sae-ron.

Namun pada kenyataannya, School 2020 tidak pernah tayang hingga sekarang. Alih-alih, kini muncul School 2021 dengan pemain utama yang berbeda, yaitu Kim Young-dae digantikan aktor rookie Choo Young Woo.

Sementara pemeran utama perempuannya adalah Cho Yi-hyun karena dikabarkan Kim Sae-ron menolak tawaran terlibat dalam drama ini.

Baca Juga: 5 Drama Korea yang Episodenya Dipangkas karena Ratingnya Menyedihkan

3. Four Sons

5 Drama Korea Batal Tayang, Ada yang karena Ribut dengan Rumah Produksi

Foto: Osen

Drama ini semestinya tayang pada 2018, tapi dua pemeran utamanya, yaitu Park Hae-jin dan Nana memutuskan keluar dari proyek ini karena alasan ketidakbecusan rumah produksi dalam bekerja. Park Hae-jin bahkan sampai ke pengadilan karena konflik ini.

Mengutip Soompi, pihak rumah produksi Victory Content menuduh aktor ini dan agensinya mencampuri urusan rumah produksi. Atas tuduhan tersebut, Hae-jin pun membawa kasus ini ke pengadilan, dan akhirnya menang.

Tak hanya itu, ia juga sukses pergi dari proyek drama ini karena kontraknya telah usai dengan rumah produksi itu meski syuting belum selesai.
halaman ke-1
Share: