10 Drama Korea Rating Tertinggi Sepanjang Sejarah, Paling Top Nyaris 70%

10 Drama Korea Rating Tertinggi Sepanjang Sejarah, Paling Top Nyaris 70%
Dae Jang-geum jadi salah satu drama Korea rating tertinggi yang diadaptasi dari kisah nyata. Foto/MBC
JAKARTA - Rating masih menjadi ukuran kesuksesan sebuah serial atau drama yang tayang di televisi, termasuk juga drama Korea.

Rating mengacu pada jumlah orang yang menonton acara tertentu pada jam tentu dibandingkan dengan acara lainnya pada jam yang sama.

Jadi seandainya sebuah drama mencapai rating 70% pada satu episode tertentu, itu artinya dari seluruh program televisi yang ditayangkan berbarengan dengan drama tersebut, ada 70% orang yang menonton drama itu dari seluruh orang yang menonton televisi.

Untuk mendapatkan angka tersebut, televisi dipasang alat tertentu untuk melacak tontonan saat itu. Tentu saja, tidak semua rumah tangga di Korea dipasangi alat ini, jadi angka rating hanyalah gambaran atau sampel saja.

Nah, berikut ini 10 drama yang tayang di televisi Korea dengan rating tertinggi sepanjang sejarah. Perlu dicatat bahwa rating ini berdasarkan episode (per episode), bukan keseluruhan tayangan (rating rata-rata). Data diambil dari AGB Nielsen Media Research.

10. DAE JANG GEUM (2003-2004)




10 Drama Korea Rating Tertinggi Sepanjang Sejarah, Paling Top Nyaris 70%

Foto: MBC

Drama yang juga dikenal dengan judul Jewel in the Palace ini memperoleh rating tertinggi 57,8% yang jatuh pada episode finalnya. Tak hanya sukses secara komersial, drama ini juga mendapat penghargaan skenario terbaik untuk Kim Young-hyun dalam MBC Awards 2003 dan Baeksang Arts Awards 2004 untuk Lee Byung-hoon sebagai sutradara televisi terbaik.

Jewel in the Palace diangkat dari kisah nyata sosok Jang Geum, tabib kerajaan perempuan pertama pada era Dinasti Joseon. Diperankan oleh Lee Young-ae, Jang Geum adalah anak yatim piatu yang bekerja sebagai karyawan dapur.
halaman ke-1
Share: