alexametrics
Tips Pakai Aplikasi Kencan untuk Para Penderita Kecemasan
Tips Pakai Aplikasi Kencan untuk Para Penderita Kecemasan
Pakai aplikasi kencan memang seru, tapi bisa jadi tidak begitu buat para penderita gangguan kecemasan yang tidak siap mental. Foto/ocregister.com
Amerika Serikat - Kalau kamu termasuk orang yang gampang banget cemas alias menderita social anxiety, para ahli memberi saran agar kamu bisa nyaman pakai aplikasi ini.

Aplikasi kencan bisa jadi cara paling gampang untuk dapat gebetan atau teman baru. Begitu juga bagi orang-orang yang pemalu, introver, termasuk penderita kecemasan akut.

Soalnya, kamu bisa ngobrol tanpa harus berhadap-hadapan, dan bisa mikir dulu apa yang mau ditulis sebelum tekan tombol 'kirim'.



Tapi, yang terjadi di dunia aplikasi kencan juga bisa bikin tingkat kecemasan kamu makin tinggi. Soalnya, menurut American Psychological Association, gangguan kecemasan sosial ini mencakup takut dipermalukan, dihina, ditolak atau dipandang rendah dalam interaksi sosial.

Tips Pakai Aplikasi Kencan untuk Para Penderita Kecemasan
Foto: amazonaws.com

Nah, gara-gara takut akan semua itu, kamu bisa aja daftar aplikasi, tapi cuma scroll-scroll aja tanpa berani melakukan aksi.

Atau kalaupun berani, tapi lalu ditolak, atau di-ghosting, tingkat uring-uringannya bisa berkali-lipat dari mereka yang selow.

Kalaupun kamu berhasil dapat orang yang cocok di online, ada kalanya kamu kelamaan pdkt jarak jauh, enggak berani ketemu langsung. Akhirnya incaran kamu pun bosan dan berhenti merespons. Hilang, deh, kesempatan emas.

"Akibatnya, kamu jadi mempertanyakan keterampilan sosialmu lebih dalam lagi," kata Stefani Goerlich LCSW, terapis masalah hubungan sekaligus pekerja sosial, dikutip dari Bustle.

Menurut Goerlich, aplikasi kencan tidak dirancang untuk melindungi ego. Jadi kalau kamu dicuekin pas kirim pesan atau malah ditolak secara terang-terangan, maka kamu harus siap mental.

"Sementara kalau kamu mengalami gangguan kecemasan, penolakan itu bisa kamu anggap sebagai penolakan pada diri kamu sebagai manusia," katanya. Ujung-ujungnya, kamu bisa makin mengisolasi diri demi berada dalam zona nyaman kamu.

Tips Pakai Aplikasi Kencan untuk Para Penderita Kecemasan
Foto: medicalnewstoday.com

Nah, demi meminimalisir hal-hal enggak enak ini, Dr Eric Goodman, psikolog di Coastal Center for Anxiety Treatment sekaligus spesialis di bidang gangguan kecemasan memberi beberapa tipsnya.

1. Teliti Tiap Aplikasi Kencan
Coba kamu cek tiap aplikasi kencan yang kamu tau, dan cari yang paling cocok dengan kepribadian kamu.

Orang dengan gangguan kecemasan lebih cocok dengan sistem yang fokus pada banyak kesamaan. Jadi kamu bisa lebih gampang cari topik obrolan kalau mau mulai menyapa.

2. Minta Tolong Teman Bikin Profil
Kalau sudah ketemu aplikasi yang cocok, minta tolong teman untuk membantu bikin profil yang keren.

3. Bikin Batas Waktu
Supaya kamu enggak kelamaan pdkt di dunia maya dan bikin gebetan bosan terus ngilang, kamu mesti pasang deadline kapan waktunya untuk mengajak gebetan kamu ketemuan langsung. Kalau bingung pasang deadline, kamu bisa minta tolong teman kamu untuk menentukan waktu idealnya.

Tips Pakai Aplikasi Kencan untuk Para Penderita Kecemasan
Foto: forbes.com

Yang perlu kamu ingat betul: penolakan bukanlah malapetaka.

Dr Goodman malah bilang bahwa itu adalah hal yang bagus untuk melatih diri kamu bahwa penolakan bisa ditoleransi, dan kamu masih bisa maju dan melanjutkan hidup.

"Setiap kali kita melakukan sesuatu yang menghasilkan pertumbuhan dan di luar zona nyaman kita, kecemasan akan ada sampai batas tertentu. Kecemasan adalah tanda bahwa kita bergerak ke arah sesuatu yang bernilai," tegasnya.

Jadi, selamat mencoba!



(her)
Artikel Terkait
View More
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss