6 Perpustakaan Megah di Dunia, Tampilannya bak Istana

Sabtu, 20 November 2021 - 11:46 WIB
loading...
6 Perpustakaan Megah di Dunia, Tampilannya bak Istana
Library of Congress atau Perpustakaan Kongres di Washington DC, Amerika Serikat tak hanya megah tapi juga menyimpan banyak bukti sejarah. Foto/Sekhon B
A A A
JAKARTA - Perpustakaan-perpustakaan termegah di dunia bukan hanya memiliki koleksi buku hingga jutaan, tapi juga menyimpan bukti sejarah yang sangat berharga.

Walaupun kini banyak platform yang menyediakan buku secara daring atau e-book, bagi sebagian orang membaca buku langsung tetap menjadi hal yang ditunggu-tunggu dan diidamkan. Karena itulah datang ke perpustakaan masih menjadi favorit bagi pencinta buku, salah satunya karena aroma buku yang memberikan ketenteraman.

Tak hanya itu, interior perpustakaan juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Nah, berikut perpustakaan-perpustakaan dengan desain megah di dunia.

1. PERPUSTAKAAN KONGRES- WASHINGTON DC, AMERIKA SERIKAT

6 Perpustakaan Megah di Dunia, Tampilannya bak Istana

Foto: loc.gov

Ini adalah perpustakaan nasional Amerika Serikat, dan lembaga budaya federal tertua di negara itu. Perpustakaan ini terbuka umum untuk penelitian di tempat dan sebagai objek wisata.

Namun sebagai lembaga penelitian Kongres, hanya anggota Kongres, hakim agung, dan pejabat pemerintah tertentu yang dapat melihat buku. Perpustakaan ini memiliki koleksi lebih dari 32 juta buku dan lebih dari 61 juta manuskrip, serta draf kasar deklarasi Kemerdekaan.

2. PERPUSTAKAAN BODLEIAN — OXFORD, INGGRIS RAYA

6 Perpustakaan Megah di Dunia, Tampilannya bak Istana

Foto:visit.bodleian.ox.ac.uk

Didirikan pada 1602 sebagai perpustakaan Universitas Oxford, Bodleian adalah salah satu perpustakaan tertua di Eropa. Perpustakaan ini menampung lebih dari 11 juta item, termasuk barang penting secara historis seperti empat salinan Magna Carta, sebuah Alkitab Gutenberg, dan Folio Pertama Shakespeare (dari 1623), tapi hanya untuk beberapa nama. Kamu bisa melakukan tur virtual untuk melihat kemegahannya.

Baca Juga: Seleb Kutu Buku dan Judul-Judul yang Dibacanya, dari Jisoo BLACKPINK hingga Velove Vexia

3. RUANG BACA MUSEUM BRITISH — LONDON, INGGRIS

6 Perpustakaan Megah di Dunia, Tampilannya bak Istana

Foto: britishmuseum.org

Ruang Baca di Museum British terletak di tengah-tengah Museum's Great Court. Koleksi British Museum Library terdiri dari lebih dari 300.000 volume. Perpustakaan ini terbuka untuk umum, akan tetapi harus mendaftar terlebih dahulu sebelum datang.

4. PERPUSTAKAAN VATIKAN — KOTA VATIKAN, ROMA

6 Perpustakaan Megah di Dunia, Tampilannya bak Istana

Foto:Nils scharfenberg

Perpustakaan di bawah yurisdiksi gerejawi Gereja Katolik di Roma ini adalah salah satu perpustakaan tertua di dunia, didirikan pada 1475. Perpustakaan ini menyimpan lebih dari 1,1 juta buku dan 75.000 manuskrip. Perpustakaan ini memiliki manuskrip lengkap tertua dari Alkitab, serta banyak karya penting lainnya dari abad pertengahan.

Baca Juga: Mengenal BookTok yang Tren di TikTok, dan 10 Judul yang Direkomendasikan

5. PERPUSTAKAAN NASIONAL ST. MARK'S — VENESIA, ITALIA

6 Perpustakaan Megah di Dunia, Tampilannya bak Istana

Foto:Enricro Cro
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2765 seconds (0.1#10.140)