Stres? Yuk, Lakukan Terapi Seni yang Menyenangkan

Jum'at, 05 Juni 2020 - 18:00 WIB
loading...
Stres? Yuk, Lakukan Terapi Seni yang Menyenangkan
Menggambar bisa jadi salah satu alat untuk kita melepas stres. Foto/Jovo Jovanovic, Getty Images
A A A
JAKARTA - Menghilangkan stres lewat karya seni sering dianggap sebagai hal yang sepele, bahkan dianggap kekanak-kanakan.

Kebanyakan orang dewasa beranggapan mengekspresikan diri dengan seni seperti menggambar, menyanyi, menari, melukis, atau mewarnai, gak cocok dilakukan oleh orang dewasa lainnya.

Stres? Yuk, Lakukan Terapi Seni yang Menyenangkan

Foto: Pixabay

Tapi siapa sangka bahwa karya seni bisa jadi salah satu terapi yang paling ampuh untuk meredakan stres yang sedang kita alami.

Ada banyak alasan bahwa seni adalah media penghilang stres yang hebat, bahkan bagi mereka yang merasa bukan orang yang 'nyeni'.

Mengutip artikel berjudul “Reduction of Cortisol Levels and Participants Responses Following Art Making” yang ditulis oleh Girija Kaimal, Kendra Ray, dan Juan Muniz, dan diterbitkan di Journal of American Art Therapy Association, dikatakan bahwa aktivitas kreatif selama 45 menit bisa mengurangi stres, terlepas dari pengalaman artistik atau bakat yang dimiliki seseorang.

Nah, Berikut adalah alasan-alasan melakukan kegiatan seni bisa membantu mengurangi stres.

1. MENGALIHKAN PIKIRAN DARI BANYAK HAL

Stres? Yuk, Lakukan Terapi Seni yang Menyenangkan

Foto:Concepts App/Medium

Saat sedang berkreasi, termasuk bernyanyi, kita jadi lupa dengan masalah yang kita punya, meskipun mungkin cuma beberapa menit. Soalnya, saat kita melakukan aktivitas seni, kita akan sulit fokus pada banyak hal.

Saat melakukannya, kamu pun bisa memasukkan masalah kamu ke dalam aktivitas seni atau kreasi itu. Misalnya, kamu bisa menggambar atau menyanyikan sesuatu untuk mengekspresikan kekesalan kamu. Setelah selesai, baru, deh, kamu pikirkan solusi apa yang bisa diambil untuk mengatasi masalah tersebut.

2. MEMBANTU MEMANFAATKAN "KONDISI ALIRAN"

Stres? Yuk, Lakukan Terapi Seni yang Menyenangkan

Foto:iStock.com

Saat kita fokus atau asyik dalam suatu kegiatan, sadar atau gak, saat itu kita seperti kayak berada dalam kondisi meditasi. Inilah yang oleh beberapa psikolog disebut sebagai 'aliran'. Menurut psikolog Guy Cheron dalam artikelnya “How to Measure the Psychological 'Flow'? A Neuroscience Perspective”, 'aliran' ini bisa menaikkan kinerja kita dan menurunkan tingkat stres.

Nah, 'aliran' ini bisa kamu dapat saat latihan main musik, olahraga, atau berkebun. Kamu juga bisa mengalami sebuah 'aliran' saat lagi menulis, melukis, atau menggambar.

3. BERMAIN SENI SAMA DENGAN MERAWAT DIRI

Stres? Yuk, Lakukan Terapi Seni yang Menyenangkan

Foto:Robert Przybysz/Getty Images

Terlalu sibuk dengan segala hal dan tanggung jawab bikin kita suka lupa bahwa kita juga butuh istirahat dan merawat diri sendiri. Jadi, luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan hobi atau apa pun yang kamu butuhkan.

Dengan seni, kita bisa menghasilkan sesuatu yang indah atau setidaknya menarik yang bisa kita tunjukkan ke orang lain.

Kalau kamu masih merasa ada beban setelah melakukan berbagai aktivitas seni, sebaiknya berkonsultasi ke ahli supaya kamu bisa mendapat dukungan dan teknik untuk mengelola stresmu.

Fitria Nur Jannah
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @fitria_fnj
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)