Curhat Pengguna Pinjol, dan Tips Aman Meminjam Uang secara Online

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 07:30 WIB
loading...
A A A
Kemudian, pastikan aplikasi yang digunakan diunduh melalui platform resmi seperti Play Store atau App Store. Atau bisa juga melalui laman resmi penyedia fintech. Terakhir, waspada penyalahgunaan data pribadi. Hindari persyaratan pinjaman online yang meminta izin untuk mengakses kontak di ponsel, foto kartu ATM, sampai selfie sambil memegang kartu identitas.

Tips Bijak Menggunakan Jasa Pinjol

Mengutip dari kanal YouTube ZAPFinance TV yang diunggah pada 30 Agustus 2019, sebelum kamu memutuskan untuk memakai jasa pinjol, kamu harus memastikan bahwa uangnya dipakai untuk hal yang produktif, bukan konsumtif. Artinya, meminjam untuk kebutuhan, bukan sekadar keinginan atau nafsu belaka.

Berikutnya, meminjam sesuai kemampuan membayar. Jangan mengambil pinjaman terlalu tinggi, apalagi jika kita memilikI utang lain yang wajib dibayar juga. Lalu, lunasi cicilan tepat waktu agar tidak terkena bunga tinggi.

Baca Juga: 7 Karakter Anime Terkaya Sepanjang Masa, Ada yang Bayarin Utang Negara

Yang juga penting untuk diingat, jangan mengambil pinjol untuk "gali lubang tutup lubang". Jangan meminjam dengan dana di luar kemampuanmu karena ini sangat berbahaya. Terakhir, kamu harus memahami syarat ketentuan serta bunganya, termasuk besarnya biaya pinalti kalau telat membayar.

GenSINDO
Wildan Adil Hilba
Universitas Budi Luhur

(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3208 seconds (0.1#10.140)