Memahami Makna Simbol Manji Geng Toman di Tokyo Revengers

Di dua contoh itu, anime dan negara sama-sama menghindari topik dan berusaha menjelaskan simbol yang sangat rumit dan kontroversial itu. Menurut TK Nakagaki, seorang pendeta Budha Jepang yang menulis The Buddhist Swastika and Hitler’s Cross mengatakan, memulai obrolan tentang simbol itu saja sudah merupakan kemenangan. Dia juga mengatakan, dengan kedua belah pihak membahas simbol dan pemahaman mereka akan membuka jalan rekonsiliasi dan reklamasi.

2. Simbol manji telah diubah di anime
Memahami Makna Simbol Manji Geng Toman di Tokyo Revengers

Tokyo Revengers membungkus season pertamanya dengan plot menyenangkan dan karakter yang menarik dan gampang diingat. Selain itu, season ini berakhir dengan cliffhanger yang tidak diduga yang menggetarkan para penggemarnya hingga ke sumsum tulang. Meski anime ini mendapatkan banyak popularitas, ini bukannya tanpa masalah dengan mereka memilih berhadapan dengan simbol manji.

Alih-alih memberikan disclaimer di awal tiap episode yang menjelaskan apa itu simbol maji dan bagaimana simbol ini tidak punya kaitan dengan Nazi, simbol itu disensor. Dengan nama geng Mikey adalah geng Tokyo Manji, sensor itu punya dampak signifikan dalam menonton serial ini. Pada pembukaannya, bendera geng Tokyo Manji disensor dan cahaya matahari di belakang Draken dan Mikey ditinggikan hingga ke titik di mana cahaya itu membutakan orang demi usahanya untuk menyembunyikan simbol manji.



Penggunaan cahaya yang membutakan secara berlebihan ini digunakan kapan saja jika memungkinkan. Ketika cahaya itu tidak dipakai, anime ini menggunakan adegan potongan dan foto adegan untuk menggantikan simbol manji yang membuat transisi yang sangat aneh ketika karakter tidak bergerak atau ada adegan dimana tidak ada karakter sama sekali meskipun ada obrolan. Adegan yang seharusnya punya dampak dramatis pun akhirnya tidak ada.

Mungkin, menyadari kalau sensor itu menciptakan pengalaman yang kurang diharapkan bagi para penggemar, Tokyo Revengers kemudian mengambil pendekatan yang berbeda. Serial ini menghilangkan simbol manji dari seragam geng itu atau mengaburkannya. Ada juga foto gambar yang diperlihatkan, bukan gambar bergerak, tapi tidak terlalu kentara seperti sebelumnya.

Ini jelas adalah peningkatan dari sebelumnya. Tapi, tanpa penjelasan terhadap mengapa ada blank spot acak di tengah-tengah nama geng, ini menciptakan gap di pikiran penonton. Obrolan yang diajukan Nakagaki tidak pernah bisa terjadi kalau tidak ada usaha untuk memulainya.

Harus dicatat kalau sensor ini hanya terjadi di audiens Barat. Menurut Crunchyroll Prancis, versi sensor itulah yang diberikan kepada mereka. Mereka pun sangat dilarang menyunting atau me-retouch. Serial ini yang tayang di Jepang tidak mengalami level sensor yang sama.

Baca Juga: 7 Karakter Cowok Paling Ganteng di Anime Tokyo Revengers

3. Simbol manji di Tokyo Revengers
Memahami Makna Simbol Manji Geng Toman di Tokyo Revengers

Geng Tokyo Manji alias Toman menggunakan simbol manji itu secara konstan. Mereka menggunakannya di seragam, sepeda motor dan fakta kalau pertemuan mereka digelar di kuil. Sekali lagi, sangat mudah mengaitkan simbol manji dan Toman dengan kekerasan dan kebencian, apalagi dengan betapa seringnya simbol itu digambarkan di media dan sejarah rumitnya. Sementara Toman punya sejarah kelam dan kekerasan, penting untuk dicatat kalau asal usul terciptanya Toman adalah didasarkan pada persahabatan dan loyalitas.
halaman ke-2
Share: