Memahami Makna Simbol Manji Geng Toman di Tokyo Revengers

Selasa, 19 Oktober 2021 - 18:18 WIB
loading...
Memahami Makna Simbol Manji Geng Toman di Tokyo Revengers
Simbol manji yang dipakai sebagai lambang geng Tokyo Manji alias Toman di Tokyo Revengers sering dipermasalahkan para audiens, terutama yang berasal dari Barat. (Foto: Twitter)
A A A
Tokyo Revengers mengisahkan tentang seorang pria muda bernama Takemichi Hanagaki. Dia kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan pacarnya dari kematian akibat dibunuh geng bernama Tokyo Manji alias Toman. Serial ini dimulai seperti cerita cinta sederhana.

Manga ini ditulis Ken Wakui dan mendapatkan penghargaan sebagai Serial Shonen Terbaik Kodansha Manga Award ke-44. Anime-nya baru berjalan satu season. Namun, penggemar dengan setia menanti season 2-nya.

Meski populer, Tokyo Revengers bukannya tanpa kontroversi. Masalah terbesar di serial ini adalah swastika, yang dijadikan simbol geng Toman. Bagi audiens Barat, melihat swastika adalah pemicu besar karena itu adalah simbol Nazi, kebencian dan teror. Tapi, bagi budaya lain, seperti di India dan Asia Timur, swastika merepresentasikan kemakmuran dan keberuntungan. Jadi, bagaimana sebenarnya swastika Toman ini? Dikutip dari CBR, berikut penjelasannya!



1. Memahami simbol manji
Memahami Makna Simbol Manji Geng Toman di Tokyo Revengers

Swastika versi Nazi sebenarnya berbeda dari simbol manji. Pada simbol manji, swastika muncul dengan putaran yang melawan arah jarum jam. Bagian tengahnya adalah tanda plus. Sementara, versi Nazi berputar searah jarum jam dan miring pada sudut yang dikenal sebagai “salib begkok.”

Jika melihat peta Jepang beberapa tahun lalu, simbol manji ini akan terlihat beberapa kali sebagai penanda tempat kuil berada. Tapi, belakangan, Jepang mengubahnya agar menjadi lebih “ramah orang asing”. Dan, bisa dipahami mengapa pemerintah memutuskan mengubahnya. Tanpa pengetahuan kebudayaan dan konteks, simbol itu telah menyebabkan banyak kebencian yang tidak beralasan dan kebencian terhadap orang Jepang.

Jadi, penting pembahasan simbol manji sebagai awalnya dimaksudkan. Simbol ini adalah simbol keberuntungan perdamaian dan kesejahteraan. Dalam ajaran Budha, simbol ini merepresentasikan jejak kaki Budha. Simbol ini mewakili hal-hal baik dan keberuntungan. Maka tidak heran kalau ini adalah simbol umum yang ditemukan di sekitar tempat ibadah. Simbol ini juga ditemukan punya asal usul Eropa yang dalam karena digunakan orang Yunani Kuno dan Anglo-Saxon.

Tapi, gambar swastika akan selalu terkait Nazi. Sayangnya, karena betapa mengakarnya swastika di dalam Nazi secara sejarah dan budaya di masa lalu dan sekarang, sulit menjelaskan kepada para penonton mengapa simbol manji tidaklah sama. Dan, ini akan jadi lebih sulit bagi orang untuk mendengarkannya.

Inilah mengapa Jepang memilih mengubah simbol tersebut di peta mereka ketimbang menawarkan konteks sejarah mengenai apa maksud simbol manji. Ini juga sama ketika Tokyo Revengers memilih tidak menggunakan simbol itu di trailer anime. Alih-alih, mereka menggunakan peluru untuk menggantikannya.

Di dua contoh itu, anime dan negara sama-sama menghindari topik dan berusaha menjelaskan simbol yang sangat rumit dan kontroversial itu. Menurut TK Nakagaki, seorang pendeta Budha Jepang yang menulis The Buddhist Swastika and Hitler’s Cross mengatakan, memulai obrolan tentang simbol itu saja sudah merupakan kemenangan. Dia juga mengatakan, dengan kedua belah pihak membahas simbol dan pemahaman mereka akan membuka jalan rekonsiliasi dan reklamasi.

2. Simbol manji telah diubah di anime
Memahami Makna Simbol Manji Geng Toman di Tokyo Revengers

Tokyo Revengers membungkus season pertamanya dengan plot menyenangkan dan karakter yang menarik dan gampang diingat. Selain itu, season ini berakhir dengan cliffhanger yang tidak diduga yang menggetarkan para penggemarnya hingga ke sumsum tulang. Meski anime ini mendapatkan banyak popularitas, ini bukannya tanpa masalah dengan mereka memilih berhadapan dengan simbol manji.

Alih-alih memberikan disclaimer di awal tiap episode yang menjelaskan apa itu simbol maji dan bagaimana simbol ini tidak punya kaitan dengan Nazi, simbol itu disensor. Dengan nama geng Mikey adalah geng Tokyo Manji, sensor itu punya dampak signifikan dalam menonton serial ini. Pada pembukaannya, bendera geng Tokyo Manji disensor dan cahaya matahari di belakang Draken dan Mikey ditinggikan hingga ke titik di mana cahaya itu membutakan orang demi usahanya untuk menyembunyikan simbol manji.

Penggunaan cahaya yang membutakan secara berlebihan ini digunakan kapan saja jika memungkinkan. Ketika cahaya itu tidak dipakai, anime ini menggunakan adegan potongan dan foto adegan untuk menggantikan simbol manji yang membuat transisi yang sangat aneh ketika karakter tidak bergerak atau ada adegan dimana tidak ada karakter sama sekali meskipun ada obrolan. Adegan yang seharusnya punya dampak dramatis pun akhirnya tidak ada.

Mungkin, menyadari kalau sensor itu menciptakan pengalaman yang kurang diharapkan bagi para penggemar, Tokyo Revengers kemudian mengambil pendekatan yang berbeda. Serial ini menghilangkan simbol manji dari seragam geng itu atau mengaburkannya. Ada juga foto gambar yang diperlihatkan, bukan gambar bergerak, tapi tidak terlalu kentara seperti sebelumnya.

Ini jelas adalah peningkatan dari sebelumnya. Tapi, tanpa penjelasan terhadap mengapa ada blank spot acak di tengah-tengah nama geng, ini menciptakan gap di pikiran penonton. Obrolan yang diajukan Nakagaki tidak pernah bisa terjadi kalau tidak ada usaha untuk memulainya.

Harus dicatat kalau sensor ini hanya terjadi di audiens Barat. Menurut Crunchyroll Prancis, versi sensor itulah yang diberikan kepada mereka. Mereka pun sangat dilarang menyunting atau me-retouch. Serial ini yang tayang di Jepang tidak mengalami level sensor yang sama.



3. Simbol manji di Tokyo Revengers
Memahami Makna Simbol Manji Geng Toman di Tokyo Revengers

Geng Tokyo Manji alias Toman menggunakan simbol manji itu secara konstan. Mereka menggunakannya di seragam, sepeda motor dan fakta kalau pertemuan mereka digelar di kuil. Sekali lagi, sangat mudah mengaitkan simbol manji dan Toman dengan kekerasan dan kebencian, apalagi dengan betapa seringnya simbol itu digambarkan di media dan sejarah rumitnya. Sementara Toman punya sejarah kelam dan kekerasan, penting untuk dicatat kalau asal usul terciptanya Toman adalah didasarkan pada persahabatan dan loyalitas.

Kapten Divisi Pertama Tokyo Manji alias Toman Keisuke Baji adalah orang yang kali pertama mengusulkan agar mereka menciptakan geng untuk Kazutora Hanemiya. Kazutora adalah satu dari enam pendiri Toman. Geng Toman dipimpin Manjiro Sano alias Mikey.

Yang sebenarnya diinginkan Baji adalah sebuah geng yang akan melindungi satu sama lain. Mereka akan melakukan apa pun untuk membantu satu sama lain kalau salah satu dari mereka terluka. Ini kemudian menjadi impian era baru berandalan Mikey.

Hasrat Mikey untuk menciptakan era baru—dan bagaimana Toman bertransformasi menjadi sindikasi kriminal 12 tahun kemudian—sangat mirip dengan bagaimana makna asli simbol manji telah berubah. Kedua makna aslinya telah dimanipulasi di luar pengakuannya dan sekarang merepresentasikan kebencian dan ketakutan. Apa yang dikatakan Nakagaki paralel dengan struktur Tokyo Revengers: Takemichi maju mundur dalam waktu yang menciptakan ruang baginya untuk memahami anggota Toman dan bagaimana semuanya berubah secara drastis dalam 12 tahun.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)