4 Adegan Ciuman dalam Drama Korea yang Dikritik Keras Penonton

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 16:45 WIB
loading...
4 Adegan Ciuman dalam Drama Korea yang Dikritik Keras Penonton
Dalam drama My Father is Strange, karakter Byun Mi-young (Jung So-min) dipaksa sutradara untuk mencium Ahn Joong-hee. Foto/KBS
A A A
JAKARTA - Sekilas, adegan ciuman antara dua pemeran dalam drama-drama ini terlihat romantis atau tidak ada masalah apa pun.

Meski begitu, penonton langsung mengkritik dengan keras karena konteks dari terjadinya adegan ciuman tersebut. Nah, berikut ini empat adegan ciuman dalam drama Korea yang dikritik penonton, mengutip Kbizoom.

1. MY FATHER IS STRANGE (2017)

4 Adegan Ciuman dalam Drama Korea yang Dikritik Keras Penonton

Foto: KBS

Drama ini bercerita tentang Ahn Joong-hee (Lee Joon), seorang aktor yang pernah menjadi idol. Lalu, dia tiba-tiba harus tinggal dengan sebuah keluarga dengan empat orang anak.

Dalam salah satu scene, digambarkan bahwa karakter staf film bernama Byun Mi-young (Jung So-min) dipaksa sutradara untuk mencium wajah Joong-hee untuk mendapatkan 'cetakan' lipstik di wajahnya. Tak cuma itu, dia bahkan juga disuruh mencium bibir Joong-hee.

Penonton tak senang dengan adegan yang dimaksudkan sebagai adegan romantis ini, karena mereka menganggap adegan itu adalah sebuah bentuk terselubung dari pelecehan seksualdi tempat kerja.

Baca Juga: Ini Dia Jenis-Jenis Pelecehan Seksual yang Perlu Kamu Tahu

2. SEONAM GIRLS HIGH SCHOOL INVESTIGATORS (2014-2015)

4 Adegan Ciuman dalam Drama Korea yang Dikritik Keras Penonton

Foto: JTBC

Kisahnya adalah tentang lima murid yang menjadi investigator untuk menyelesaikan masalah yang ada di sekolah, mulai dari perisakan hingga aborsi. Dalam salah satu scene, dua murid perempuan berciuman, dan ini menjadi adegan ciuman lesbian pertama dalam sejarah pertelevian Korea.

Tentu saja, hal ini langsung menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarat. Sebagian penonton mengkritik keras adegan ini. Bahkan Korean Communications Standards Commission (KCSC) yang mengawasi siaran di televisi menganggap adegan itu melanggar article 27 (menjaga martabat) dan article 27 (penumbuhan perasaan antara anak dan anak di bawah umur) dalam Law on Television.

Sementara organisasi pendukung hak-hak LGBT menyebut pernyataan kontra sebagai pelanggaran terhadap hak asasi manusia.

Baca Juga: Waspada! Ini Jenis-jenis Pelecehan Seksual di Ranah Digital yang Harus Kamu Tahu

3. MOONLIGHT DRAWN BY CLOUDS (2016)

4 Adegan Ciuman dalam Drama Korea yang Dikritik Keras Penonton

Foto: KBS 2

Drama coming of age ini bercerita tentang putra mahkota Lee Yeong (Park Bo-gum) yang tumbuh dan menjalin hubungan dengan Hong Ra-on (Kim Yoo-jung).

Dalam drama ini, adegan ciuman antara Lee-yeong dan Kim Yoo-jung langsung mendapat sanksi oleh KCSC. Alasannya, karena saat itu Yoo-jung masih berusia 17 tahun, yang dianggap di bawah umur oleh hukum di Korea Selatan. Di negara tersebut, usia dewasa dipatok pada umur 19 tahun.

Baca Juga: 10 Adegan Ciuman Drama Korea Tak Terlupakan Era 2010-an

4. OUR GAP SOON (2016-2017)

4 Adegan Ciuman dalam Drama Korea yang Dikritik Keras Penonton

Foto: SBS

Drama ini mengisahkan kehidupan sebuah keluarga di Korea Selatan. Adegan yang dikritik penonton adalah saat karakter pemeran utama Shin Gap-soon (Kim So-eun) menyarankan untuk putus, tapi lalu dipaksa mencium Heo Gap-Dol (Song Jae-rim).

Jelas, adegan ini langsung diprotes penonton karena dianggap sebagai sebuah kekerasan dalam hubungan. Meski begitu, KCSC dan para kru tak menganggap adegan ini bermasalah.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2725 seconds (0.1#10.140)