Seragam Astronot SpaceX Dirancang Desainer Kostum Batman dan Captain America

Selasa, 02 Juni 2020 - 10:46 WIB
loading...
Seragam Astronot SpaceX Dirancang Desainer Kostum Batman dan Captain America
Astronaut NASA Robert Behnken dan Douglas Hurley jadi dua astronaut pertama yang mengenakan seragam baru buatan Jose Fernandez. Foto/SpaceX
A A A
LOS ANGELES - NASA bekerja sama dengan SpaceX mengirim dua astronautnya ke luar angkasa, lengkap dengan kostum baru yang lebih ramping dibanding seragam lama yang gombrong.

Sabtu (30/5) lalu, Amerika Serikat meluncurkan Roket Falcon 9 SpaceX yang membawa astronaut NASA, Robert Behnken dan Douglas Hurley, terbang menuju Stasiun Ruang Angkasa (ISS).

Ini perjalanan yang bersejarah bagi negara tersebut, karena sudah sembilan tahun Amerika Serikat gak membawa astronautnya meluncur dari wilayah mereka sendiri.

Sejarah lainnya yang dicatat, tentunya juga seragam baru para astronaut yang gak biasa. Seragam ini kelihatan lebih chic, karena dirancang oleh Jose Fernandez, desainer yang bertanggung jawab untuk membuat outfit untuk sederet film superhero Hollywood.

Seragam Astronot SpaceX Dirancang Desainer Kostum Batman dan Captain America

Foto: artstation.com

Dikutip Forbes, dia membuat kostum superhero untuk film "Batman V Superman: Dawn of Justice", "Tron", "Ironman 2", "The Amazing Spiderman", dan "Captain America: Civil War".

Jose juga yang membuat penutup kepala atau helm yang dipakai Chris Hemsworth dan Tom Hiddleston dalam "Thor".

Satu pencapaian terbaik Jose, yang tergabung dalam Ironhead Studios, studio efek spesial ternama di Hollywood, adalah membuat 'kerudung' untuk Batman supaya dia bisa menengok ke belakang.

Kalo masih belum cukup, mengutip dari Comic Book, Jose juga terlibat dalam pembuatan outfit untuk film-film seperti "Alice in Wonderland", "Batman Returns", "Battleship", "Daredevil", "Fantastic Four", "Godzilla", "Planet of the Apes", "Transformers", "Watchmen", dan "X-Men". Dia bahkan juga bikin kostum untuk Daft Punk!

Seragam Astronot SpaceX Dirancang Desainer Kostum Batman dan Captain America

Foto: Getty Images

Nah, balik ke soal kostum astronaut, kerja sama pendiri SpaceX, Elon Musk, dengan Jose berawal pada 2016. Saat itu, Elon memintanya untuk ikut dalam kompetisi membuat seragam untuk astronaut.

"Dia (Elon) selalu bilang, 'Semua orang terlihat keren saat memakai tuksedo, tak peduli bentuk tubuh mereka seperti apa'. Ketika orang memakai kostum luar angkasa itu, dia mau orang-orang jadi terlihat keren seperti orang yang memakai tuksedo," jelas Jose pada Forbes.

Perlu dicatat, dikutip dari Syfy Wire, kostum astronaut yang didesain Jose kelihatan simpel karena memang gak dirancang untuk dipakai keluar kabin atau untuk melakukan space walk. Jadi, banyak fitur yang bisa dibuang dan bikin seragam jadi kelihatan lebih ramping.

Misi astronaut Robert Behnken dan Douglas Hurley di luar angkasa adalah mengetes kesiapan The Crew Dragon, pesawat ruang angkasa yang direncanakan akan dipakai untuk mengangkut astronaut ke ISS.
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2310 seconds (0.1#10.140)