6 Kenyataan Pahit dalam Dunia Nyata yang Terekam dalam Squid Game

Selasa, 28 September 2021 - 19:24 WIB
loading...
6 Kenyataan Pahit dalam Dunia Nyata yang Terekam dalam Squid Game
Squid Game merekam beberapa kenyataan pahit yang sering dialami masyarakat dalam dunia nyata. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Serial " Squid Game "bukan hanya memberikan tontonan menegangkan, tapi juga punya pesan kelam yang merefleksikan pahitnya dunia nyata.

Sejak sebelum serial Korea ini dirilis di Netflix , sutradara Hwang Dong-hyuk sudah mengatakan bahwa "Squid Game" adalah sebuah analogi dari sistem kapitalisme yang tumbuh dalam masyarakat. Hal ini pun bisa dibuktikan dari kisah dan latar belakang para karakternya.

Nah, berikut ini adalah lima hal dari "Squid Game" yang menggambarkan pahitnya kenyataan dalam kehidupan nyata. Tulisan ini mengandung spoiler.

1. SULITNYA KELUAR DARI KEMISKINAN, APALAGI JIKA TERJERAT UTANG

6 Kenyataan Pahit dalam Dunia Nyata yang Terekam dalam Squid Game

Foto: Netflix

Seluruh peserta dalam survival gameadalah orang yang terjerat utang besar, Mereka merasa tak ada jalan satu pun untuk bisa melunasi utang dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mereka. Satu-satunya jalan hanya bertaruh nyawa dalam survival game tersebut.

Sebegitu buntunya pikiran, bahkan mereka menganggap bertaruh nyawa dalam permainan mematikan itu masih lebih baik dibanding hidup tanpa harapan di luar. Inilah yang membuat sebagian besar peserta kembali bertanding dalam kompetisi tersebut.


2. ORANG DENGAN LATAR BELAKANG BERBEDA BISA BERAKHIR DI TEMPAT YANG SAMA

6 Kenyataan Pahit dalam Dunia Nyata yang Terekam dalam Squid Game

Foto: Netflix

Gi-hun dan Sang-woo memang tumbuh di lingkungan kumuh yang sama. Namun Sang-woo berhasil memperbaiki hidup karena kecerdasan otaknya. Dia bisa kuliah di kampus paling prestisius di Korea Selatan, yaitu Seoul National University (SNU). Ia pun bisa punya pekerjaan mapan di perusahaan investasi.

Namun karena dia mencuri uang dari kliennya, Sang-woo akhirnya jadi buronan polisi. Kekayaan yang sudah diperolehnya pun hilang dengan sekejap, dan membuatnya kembali miskin dan terjerat utang seperti Gi-hun.

Baca Juga: Teori 'Squid Game': Gi-Hun dan Il-Nam Punya Hubungan Darah, Ini Alasannya

3. PUNYA KEMAMPUAN YANG BAIK TIDAK BERARTI BISA SUKSES

6 Kenyataan Pahit dalam Dunia Nyata yang Terekam dalam Squid Game

Foto: Netflix

Kadang kala, keberuntungan malah berperan paling penting dalam hidup kita. Gi-hun misalnya. Diatidak punya cukup kecerdasan untuk menganalisis permainan. Namun dia selalu berada bersama orang yang tepat. Dalam permainan pertama, dia ditolong Ali. Dalam permainan melompat kaca, dia juga beruntung berada di urutan terakhir.

Ini berbeda dengan peserta tukang kaca yang kalau secara logika, dia mestinya sukses dalam bidang permainan yang sangat sesuai keahliannya itu. Sayangnya, dia bertemu Sang-woo yang licik, dan membuatnya harus tewas mengenaskan. Jangan lupa juga, dia pun dicurangi oleh penyelenggara acara yang mematikan lampu agar dia tak bisa menganalisis kaca.

Dalam kehidupan nyata pun, keahlian yang kita miliki belum tentu bisa mengantarkan kita ke tingkat kesuksesan yang diinginkan. Masih ada peran seperti status sosial, lingkungan sekitar, keberuntungan, serta momen yang tepat yang sulit untuk diprediksi oleh siapa pun.

4. DISKRIMINASI GENDER

6 Kenyataan Pahit dalam Dunia Nyata yang Terekam dalam Squid Game

Foto: Netflix

Hal ini tergambar pada sosok Ni-myeo yang sangat merendahkan Deok-soo karena ia perempuan. Deok-soo hanya melihat perempuan itu sebagai objek saja, bukan manusia yang layak diharfai. Ni-myeo juga langsung disingkirkan oleh Deok-soo sebelum permainan tarik tambang karena pria itu hanya menginginkan orang-orang yang kuat secara fisik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3134 seconds (0.1#10.140)