Kate Bishop, Pengganti Clint Barton sebagai Hawkeye di Marvel

Kate Bishop, Pengganti Clint Barton sebagai Hawkeye di Marvel
Kate Bishop adalah karakter terbaru yang akan diperkenalkan di Marvel Cinematic Universe (MCU) sebagai pengganti Clint Barton yang menyandang titel Hawkeye. (Foto: The Mary Sue)
Kate Bishop adalah pengganti Clint Barton sebagai Hawkeye di komik Marvel . Clint secara resmi juga akan menyerahkan titel Hawkeye kepada Kate di Marvel Cinematic Universe (MCU) lewat serial Hawkeye di Disney+. Di serial itu, karakter Kate akan diperankan Hailee Steinfeld. Sementara, karakter Clint tetap diperankan pemeran aslinya di MCU, Jeremy Renner.

Katherine Bishop, yang sejak kecil akrab disapa Kate, kali pertama diperkenalkan di Young Avengers #1 pada 2005. Dia adalah yang paling muda di keluarganya dan sering kali didera kesepian. Ayah Kate sibuk dengan pekerjaannya dan ibunya pergi dari keluarganya sebelum akhirnya dia meninggal dunia secara tragis. Meskipun rasa isolasi Kate terus tumbuh, dia selalu punya keinginan membantu orang lain.

Nama Kate terus tumbuh di komik Marvel dalam beberapa tahun ini. Dia menjadi karakater ketiga yang mengambil alih titel Hawkeye di Marvel Universe, setelah Clint dan Wyatt McDonald. Kate utamanya bekerja bersama Young Avengers, tapi, dia juga menghabiskan banyak waktu sebagai partner Clint. Clint-lah yang pertama memperlihatkan kepada Kate kalau semua orang punya potensi menjadi superhero. Kate juga mengajarkan Clint tentang pelajaran hidup selama mereka bekerja sama. Jadi, siapakah Kate da nasal usulnya? Dikutip dari ScreenRant, berikut ulasannya!

Baca Juga: 3 Senjata Sakti di Film Fase 4 Marvel Cinematic Universe

1. Asal usul Kate Bishop di komik Marvel
Kate Bishop, Pengganti Clint Barton sebagai Hawkeye di Marvel

Kate berasal dari keluarga kaya di Manhattan. Dia tidak punya hubungan yang baik dengan ayahnya, Derek. Hubungan itu memburuk terutama setelah Kate tahu kalau Derek punya bisnis berbahaya dengan gerombolan orang jahat. Kate kemudian diculik dan disandera oleh salah satu musuh Derek. Avengers menyelamatkan gadis itu. Dia pun segera tertarik pada Hawkeye. Dia kagum pada fakta kalau Hawkeye adalah superhero yang bergantung pada kemampuan bertarungnya sendiri, bukan kemampuan khusus.

Beberapa saat setelah itu, Kate diserang di Central Park. Insiden ini membuatnya trauma. Dia kemudian berlatih tarung dan pertahanan diri sebagai cara untuk menyembuhkan pikirannya. Kate juga berlatih pedang dan juga memanah. Saat pernikahan kakaknya, Kate memamerkan kemampuan barunya setelah Young Avengers tiba untuk melindungi para tamu saat terjadi penyergapan. Tim Young Avengers terjebak saat peristiwa itu dan Kate-lah yang menyelamatkan mereka.

Kate menelusuri Young Avengers hingga ke markas mereka dan memaksa masuk tim itu. Saat bertempur melawan Kang the Conqueror, Kate membawa peralatan yang dia temukan di Avengers Mansion untuk membuat penampilan supeheronya. Dia memakai topeng Mockingbird, sabuk peralatan Black Widow dan busur Hawkeye. Secara efektif, Kate membantu mengalahkan Kang the Conqueror, tapi Avengers punya perasaan berbeda terhadap rekan mudanya itu.

Captain America dan Iron Man memerintahkan pembubaran Young Avengers, dengan menolak melatih mereka tanpa izin orangtua mereka. Kate menolak membubarkan grup itu. Dia pun membawa mereka ke sarang baru dan mendapatkan perlengkapan dan senjata baru. Ketika salah satu anggota Young Avengers terluka, Kate menyalahkan Captain America karena tidak melatih mereka dengan baik. Captain America kemudian mengirimkan busur dan anak panah Clint kepadanya dengan catatan yang dialamatkan kepada Hawkeye. Kate adalah satu-satunya orang, selain Clint, yang setia kepada Captain America, sehingga dia diminta mengambil alih kode nama Hawkeye dan dia menerima peran baru itu.

2. Cerita Kate Bishop di komik
Kate Bishop, Pengganti Clint Barton sebagai Hawkeye di Marvel

Di busur cerita Civil War di komik Marvel, Clint memihak Captain America. Setelah Captain America mati, dia ditawari kostum dan tamengnya. Kate pun menemuinya dan mengklaim kalau Clint tidak menghormati warisan Captain America dengan memakai kostum itu. Ini membuat Clint mengubah keputusannya sehingga dia menyerahkan perlengkapan itu dan menempuh jalannya sendiri. Untuk sementara waktu, tameng dan kostum Captain America itu dipakai Bucky.

Di Young Avengers Presents #6, Clint terus menguji Kate untuk melihat apakah dia benar-benar mampu mengambil alih mantel Hawkeye. Dia terus muncul dengan serangan kejutan dengan penyamarannya sebagai Ronin. Tapi, Kate tidak pernah mundur. Di mata Clint, dia cukup berharga untuk mengambil alih busur dan anak panahnya. Dia menyingkap penyamaran Ronin-nya dan secara resmi mengungkapkan kalau dia adalah Clint. Dia berusaha menjadi guru Kate, tapi gadis itu cukup terintimidasi untuk menyerahkan busur dan anak panahnya. Di serial komik berikutnya, Clint menyarankan agar Secret Avengers bertindak sebagai mentor Young Avengers. Kate menerima hubungan profesionalnya dengan Clint dan mengklaim nama Hawkeye sebagai pahlawan warisan.

Kate menjadi bagian dari cerita Secret Invasion ketika Skrulls menginvasi bumi. Ketika dia dijatuhkan saat pertempuran, Clint menggunakan busur dan anak panahnya untuk bertempur di barisan depan dengan para pahlawan lainnya. Kate juga berpartisipasi dalam menghentikan pengepungan Norman Osborn di Asgard bersama Young Avengers, New Avengers, dan Secret Warriors. Setelah pengepungan itu, Clint mendeklarasikan kalau ada cukup ruang di dunia bagi dua Hawkeye.

Di serial komik Hawkeye yang baru, Kate dan Clint bermitra. Duo itu berfokus pada kejahatan level jalanan, ketimbang misi superhero tradisional. Pasangan itu bekerja dengan baik bersama-sama. Tapi, Kate kemudian butuh ruang sehingga dia pindah ke Los Angeles. Di kota itu, dia ditangkap Old Man Logan versi masa depan. Kate dan Clint kemudian bertim lagi dan pergi ke markas Hydra untuk misi rahasia membantu SHIELD. Di Civil War II, Kate berpihak kepada Iron Man dan merasa runtuh setelah Clint membunuh Hulk. Kate kemudian kembali ke Los Angeles dan membuka agen detektifnya sendiri, Hawkeye Investigation.

Baca Juga: Meramal 7 Film Misterius Marvel yang Akan Dirilis hingga 2024

3. Kate Bishop bergabung MCU lewat serial Hawkeye
Kate Bishop, Pengganti Clint Barton sebagai Hawkeye di Marvel

Serial Hawkeye di Disney+ akan berfokus pada Clint yang menyerahkan mantel Hawkeye kepada Kate. Miniseri yang akan debut pada 24 November itu menampilkan kembali Jeremy Renner sebagai Clint Barton di MCU. Dari trailer pertamanya terungkap bagaimana Clint bertemu Kate, yang terlihat mengenakan kostum Ronin bekas anggota Avengers itu. Kostum itu pernah dipakai Clint saat jadi kejam dan membunuh siapa saja yang dia anggap tidak layak hidup setelah Thanos menjentikkan jarinya, lima tahun setelah Avengers: Infinity War. Hailee Steinfeld akan memerankan tokoh Kate Bishop di serial itu. Kalau trailer Hawkeye itu mengandung indikasi tertentu, maka Kate akan menjadi bagian besar dari lini cerita dan aksinya di saat Clint menghadapi konsekuensi masa lalunya sebagai Ronin. Kate akan bekerja bersama Clint sepanjang serial itu dan sepertinya akan mewarisi mantel Hawkeye secara resmi di akhir serial tersebut.



(alv)
Share: