'The Queen Gambit' Dituntut Grand Master Perempuan karena Kalimat dalam Miniserinya

Jum'at, 17 September 2021 - 22:09 WIB
loading...
The Queen Gambit Dituntut Grand Master Perempuan karena Kalimat dalam Miniserinya
Netflix yang menayangkan The Queen Gambit dituntut karena ketidakakuratan fakta dalam miniseri tersebut. Foto/Netflix
A A A
LOS ANGELES - Netflix dituntut Grand Master perempuan pertama di dunia Nona Gaprindashvili karena satu kalimat dalam miniseri "The Queen Gambit".

Kalimat yang dimaksud adalah saat scene kompetisi catur di Moskow, Rusia, Adegan ini menampilkan karakter utama dalam miniseri itu, yaitu Beth Harmon yang diperankan Anya-Taylor Joy.

Dalam scene tersebut, terdengar seorang announcer mengatakan bahwa, "Satu hal yang tidak biasa dari Beth adalah jenis kelaminnya, ... Ada Nona Gaprindashvili, tapi dia perempuan juara dunia yang tidak pernah melawan (pecatur) pria".

Sebagai catatan, Nona Gaprindashvili adalah pecatur asal Georgia (negara pecahan Uni Soviet) yang menjadi perempuan pertama dengan status Grand Master dari International Chess Federation pada 1978.

'The Queen Gambit' Dituntut Grand Master Perempuan karena Kalimat dalam Miniserinya

Foto:livepress.ge

Dia pun pernah melawan beberapa pecatur pria sepanjang kariernya, termasuk memenangkan Hastings International Chess Congress pada 1963-1964.

Baca Juga: 7 Pelajaran Psikologi dari Karakter Beth Harmon dalam 'The Queen's Gambit'

Karena ketidakakuratan dalam sejarah dalam " The Queen Gambit " tersebut, Nona pun mengajukan gugatan kepada Netflix pada 16 September waktu setempat melalui Federal District Court di Los Angeles.

"Nona Gaprindashvili meminta kompensasi jutaan dolar sebagai kerugian "kesalahan fakta yang merendahkan dan menghancurkan prestasinya di hadapan jutaan penonton" dan meminta kalimat bahwa dirinya tak pernah melawan pecatur pria dihapus," ujar pengacara sang Grandmaster, mengutip Indiewire.

'The Queen Gambit' Dituntut Grand Master Perempuan karena Kalimat dalam Miniserinya

Foto: Netflix

Dalam tuntutannya, disebutkan juga bahwa Netflix telah berbohong tentang prestasi Nona hanya demi tujuan murahan mendramatisasi keadaan, membuat karakter Beth seolah-olah telah melakukan hal yang sebelumnya tidak pernah dilakukan perempuan lain.

"Padahal saya sudah melawan tantangan tersebut (mengalahkan pria) dan menginspirasi generasi berikutnya. Ini sangat ironis. Ini adalah perjalanan hidup saya yang dihapus, seolah-olah ini bukan hal yang penting," ujar Nona Gaprindashvili dalam sebuah video wawancara.

Baca Juga: 5 Teori Penggemar untuk 'Money Heist Part 5 Volume 2'

Tuntutan ini muncul hanya beberapa hari sebelum Emmy Award digelar pada 20 September mendatang. Dalam perhelatan ini, "The Queen Gambit" mendapatkan enam nomine dari kategori utama, yaitu miniseri , penyutradaraan, skenario, aktris utama, serta aktris dan aktor pendukung terbaik.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0944 seconds (0.1#10.140)