7 Kesamaan BTS dan Coldplay yang Membuat Duet 'My Universe' Mereka Sangat Cocok

Sementara Coldplay, sejak merilis album pertama mereka pada 2000 memang lebih banyak memiliki lirik-lirik yang kelam dalam lagu mereka. Namun dua album terakhir, yaitu "A Head Full of Dreams" (2015) dan "Everyday Life" (2019) penuh dengan pesan positif dalam menghadapi kerasnya kehidupan. Coldplay pun juga menyorot beberapa isu sosial dalam album terakhir mereka, terutama dalam lagu "Trouble in Town".

Kalau melihat preview "My Universe", tampaknya lagu ini juga punya pesan positif, terutama dengan lirik, "Let's hold each other's hands, we are made of each other baby" ("Mari saling berpegangan tangan, kita ditakdirkan untuk bersama").

Dengan tema yang mirip ini, BTS dan Coldplay seolah memang hidup dalam semesta atau universe yang sama. Jadi duet lagu ini tepat sekali dibawakan oleh mereka.

2. SAMA-SAMA MENULIS LAGU-LAGU MEREKA

7 Kesamaan BTS dan Coldplay yang Membuat Duet 'My Universe' Mereka Sangat Cocok

Foto: Coldplay

Para member BTS dan Coldplay sama-sama menulis sendiri lirik dalam lagu-lagu mereka. Meskipun tetap mendapat bantuan dari penulis lain, tapi lagu yang mereka nyanyikan adalah lagu tentang diri mereka atau sudut pandang mereka dalam melihat sesuatu.

Begitu juga dengan lagu "My Universe", dari kredit lagu yang beredar di platform musik, tertera bahwa lagu ini ditulis oleh keempat member Coldplay dan rap line BTS (RM, Suga, J-Hope).

Lagu tersebut juga dikatakan punya lirik Inggris dan Korea, serta punya bagian rap untuk dinyanyikan. Ini artinya, keduanya memang terjun langsung menangani lagu yang mereka nyanyikan itu.

Baca Juga: 6 Lagu BTS tentang Persahabatan, dari Kisah Suka hingga Duka

3. SAMA-SAMA TAK TAKUT MELAKUKAN PERUBAHAN DALAM BERMUSIK

7 Kesamaan BTS dan Coldplay yang Membuat Duet 'My Universe' Mereka Sangat Cocok

Foto: Getty Images

BTS bisa punya beragam genre dalam album mereka. Semenjak era pandemi, mereka juga menantang diri sendiri dengan menyanyikan lagu-lagu yang sepenuhnya berbahasa Inggris.

Begitu juga Coldplay yang terus berevolusi mencoba jenis musik baru yang berbeda dengan album-album awal dalam karier mereka. Tiga album pertama mereka terdengar kental dengan atmosfer rock, tapi setelah itu, Coldplay lebih mengeksplorasi lagi musik mereka.

4. SAMA-SAMA PUNYA DUO GENIUS YANG BERBEDA KEPRIBADIAN

7 Kesamaan BTS dan Coldplay yang Membuat Duet 'My Universe' Mereka Sangat Cocok

Foto: Getty Images/BighIt Music

Seluruh member BTS memang berkontribusi dalam pembuatan lagu, tapi dua member yang paling aktif adalah RM dan Suga. RM banyak menangani lirik lagu, sedangkan Suga dalam hal komposisi musik. Mereka sudah bersahabat lebih dari 10 tahun, meski punya kepribadian yang berbeda. RM adalah sosok ekstovert, sementara Suga introvert.

Kondisi ini mirip dengan di Coldplay, yaitu antara Chris Martin dan Jonny Buckland. Jonny adalah sosok genius di balik suara gitar lagu-lagu Coldplay yang melodius dan adiktif. Sama seperti Suga, dia juga adalah sosok pendiam, jauh berbeda dengan Chris. Chris bahkan pernah berkata bahwa Jonny hampir tak pernah berbicara saat awal mereka berteman pada masa kuliah dulu.

5. SAMA-SAMA RENDAH HATI

7 Kesamaan BTS dan Coldplay yang Membuat Duet 'My Universe' Mereka Sangat Cocok

Foto: via Allkpop

BTS dikenal hobi melimpahkan kasih sayangnya pada fandom mereka, ARMY. Nama fandom BTS ini tak pernah absen disebut setiap kali BTS mendapatkan prestasi.

BTS juga kerap menulis lagu untuk ARMY, antara lain "2!3!" dan "Magic Shop". Nama ARMY pun disebut dalam lagu "Butter". Seolah belum cukup, Jungkook BTS menato jari tangannya dengan tulisan "ARMY".
halaman ke-1
Share: