15 Lagu Galau Indonesia dari Era 90an yang Tetap Enak Didengar Sampai Sekarang

15 Lagu Galau Indonesia dari Era 90an yang Tetap Enak Didengar Sampai Sekarang
Banyak lagu galau Indonesia dari era 90an yang sampai saat ini tetap enak didengar ketika kegalauan melanda hati. Setidaknya, GENSindo punya 15 rekomendasinya. (Vocal/ShutterStock)
Kalau lagi galau, memang paling enak mendengarkan lagu yang sesuai suasana hati. Apalagi sekarang banyak banget lagu galau yang bisa kalian temui di layanan streaming atau dengerin di radio. Tapi, kalau itu nggak cukup buat bikin galau kalian hilang, mungkin bisa coba lagu galau dari era lain. Seperti, lagu galau di era 90an.

Lagu-lagu galau yang dirilis pada era 90an sebagian besar mengandung emosi mendalam. Liriknya ada yang sederhana, tapi ada juga yang penuh metafora dengan frasa-frasa yang indah didengar. Sementara, aransemen musiknya pun beragam. Ada yang slow, ada yang nge-beat, tapi semuanya catchy dan easy listening. Temanya pun bermacam-macam. Dari percintaan hingga kehidupan, semua ada.

Baca Juga: 5 Fakta dan Lirik Lagu Wake Me Up When September Ends

Dari semua lagu galau yang ada di era 90an, GENSindo mencoba memilih 15 lagu yang dinilai cukup mewakili berbagai masalah hati dan tentu saja enak didengarkan. Lagu-lagu ini berasal dari kurun waktu 1990—1999. Jadi, ada sebagian dari kalian yang mungkin belum pernah dengar lagu ini. Ya, bolehlah tanya ke ayah, ibu, oom atau tante kalian. Nah, apa saja lagunya? Berikut ulasannya!

1. Semoga — KLa Project

Lagu yang dirilis pada 1992 ini menceritakan tentang kegalauan hati seseroang yang gagal move on dari mantan pasangannya. Orang ini masih berhadap bisa balikan dengan mantannya. Dia masih mencintai mantan dan berharap mereka bisa kembali bertemu dengan kepala dingin. Musiknya yang slow dan dipadu dengan warna vokal khas Katon Bagaskara membuat lagu ini selalu enak didengar kapan saja. Sekali-kali, cobalah karaoke dengan lagu ini. Dijamin, emosi kalian akan ikut keluar.

2. Dimanakah Kau Berada — Gigi

Galau gara-gara gagal move on karena di-ghosting? Nah, lagu Gigi ini rasanya pas buat kalian! Lagu ini punya lirik yang puitis, tapi musiknya agak rancak. Jadi, bisa dirasakan emosinya di sini. Ketika rasa tak berdaya berpadu dengan emosi terpendam, maka jalan terbaik adalah berteriak dengan nada. Lagu Gigi ini pun terasa pas banget.

3. Biarlah Sepi — Sahara

Galau itu bukan hanya soal asmara, tapi juga kehidupan. Nah, kalau sudah mentok, ada baiknya nikmati saja kegalauan itu. Di tengah kegalauan itu, coba sejenak dengarkan suara-suara di sekitar kita yang kadang terabaikan. Kadang, menepi dari keramaian itu perlu. Lagu inilah yang pas jadi teman di saat seperti itu.

4. Permataku — Java Jive

Ini adalah salah satu lagu tergalau dengan emosi yang cukup dalam. Musiknya, seperti yang lain, ngebeat, liriknya puitis, dan dengan vokal Dani yang lumayan tinggi, lagu ini pun terdengar menyayat hati. Lagu ini mengangkat seorang yang galau gagal move on setelah ditinggal pergi kekasihnya. Dan, dia masih ingin si pacar balik lagi ke dia.

5. Menghitung Hari — Krisdayanti

Para penggemar musik 90an, pastinya akan memasukkan lagu ini ke daftar lagu galau mereka dari era itu. Musik slow, suara mendayu dan lirik yang sederhana, Menghitung Hari adalah salah satu hit terbesar Krisdayanti di era itu. Lagu ini pula yang meroketkan nama Krisdayanti ke negara tetangga.

6. Gue Ingin — Superbejo

Lagi galau karena banyak masalah hidup dan ingin menumpahkannya kepada teman dekat atau orang yang kalian cintai? Yuk, galau bareng lagu ini! Di pembukaan, lagu ini sepertinya lagu parodi, tapi begitu masuk vokal Jody, maka kalian akan tahu kalau lagu ini bakal galau banget. Liriknya sederhana, dengan pengulangan syair yang berima. Tapi, emosinya terasa banget! Jadi, buat kalian yang galau dengan hidup kalian, coba dengerin lagu ini dan ikutan nyanyi sepenuh hati deh, bakal keluar emosi kalian.

7. Dan — Sheila on 7

Hingga saat ini, lagu ini masih diakui sebagai lagu tergalau yang pernah dirilis di negeri ini. Lewat lagu ini pulalah nama Sheila on 7 mulai dikenal para pencinta musik Indonesia. Lagu ini punya tone gelap dengan irama nge-beat dan lirik yang puitis. Lagu ini pas sekali dinikmati kalau lagi benar-benar galau karena si dia.

Baca Juga: 10 Penyanyi dan Musisi Rock yang Membenci Lagu Hits Sendiri

8. Andai Dia Tahu — Kahitna

Nggak ada orang paling galau selain orang yang lagi jatuh cinta. Yang bikin tambah galau lagi adalah ketika orang ini tidak bisa mengungkapkan rasa cintanya pada si dia. Nah, lagu milik Kahitna ini adalah penggambaran jujur dari kegalauan itu.

9. Kunanti — Arwana

Di-php-in, digantung, terus di-ghosting. Nasib memang. Dan, semua itu tentu bikin galau. Apalagi kalau kalian sudah cinta bener sama si dia, tapi kenyataannya ya begitulah. Ini pulalah yang digambarkan band asal Kalimantan Barat ini. Lirik yang sederhana dipadu dengan gesekan biola dan aransemen akustik ini membuat lagu ini enak didengar di telinga.

10. Rindu — Base Jam

Ketika jarak terbentang di antara dua insan ynag lagi mabuk cinta, maka tak salah kalau rasa rindu bakal membuncah. Kegalauan pun muncul. Ya, LDR memang selalu bikin galau. Tapi, lagu ini rasanya pas didengerkan kala rindu menyapa dan bisa juga dikirimkan ke si dia agar bisa galau bersama.

11. Cinta ‘kan Membawamu Kembali — Dewa

Harus diakui, Ahmad Dhani adalah salah satu musikus terhebat di Indonesia. Lagu ini contohnya. Dentingan piano dipadu vokal khas Ari Lasso dengan lirik puitis khas orang susah move on, tentu menjadi perpaduan yang sempurna. Lagu ini pas sekali didengerin kalian yang lagi galau karena ditinggal pasangan kalian, sementara kalian sendiri tidak bisa melupakannya. Ikutlah bernyanyi dan emosi kalian pun akan ikut keluar.

12. Inikah Cinta — ME

Yang namanya galau itu tidak selalu harus sedih. Galaunya orang jatuh cinta itu beda dengan galau orang lagi putus cinta. Setidaknya, lagu legendaris milik ME ini menggambarkan bagaimana seseorang yang lagi galau karena jatuh cinta dan dia tidak tahu apa artinya cinta. Jadi, suasana hatinya pun gado-gado. Di sisi lain dia bahagia, di sisi lain dia juga sedang bingung.

13. Maafkan — Slank

Ini adalah lagu yang dirilis di awal karier Slank. Anak-anak sekarang mungkin tak terlalu mengenal lagu ini karena kalah pamor dengan lagu galau lain milik Slank seperti Terlalu Manis, Terbunuh Sepi atau Anyer 10 Maret. Maafkan dirilis pada 1990 bersamaan dengan album pertama mereka, Suit-Suit…He-He. Lagu ini pas ketika kalian lagi galau karena merasa bersalah kepada seseorang.

14. Sanggupkah — Andy Liany

Menghadapi perpisahan dengan kekasih memang bikin galau. Tapi, kalau memang harus terjadi, ya sudah hadapi saja. Kegalauan memang tak terhindarkan. Apalagi, di hati pasti terselip pertanyaan, bisa nggak ya aku hidup tanpa dia? Nah, Andy Liany mencoba tegar di lagu ini, tapi dia pun tidak bisa terhindar dari kegalauan karena harus berpisah dari sang kekasih ini.

15. Bosan — Blake

Ini mungkin bukan pilihan populer. Tapi, jika diresapi, lirik lagu rap ini bercerita tentang sebuah kebosanan yang bisa menyebabkan hati galau. Akibatnya, bingung tidak tahu musti ngapain. Kalau sekarang, bisa saja kirim pesan teks ke teman, ngajak nongkrong atau pergi ke kafe. Tapi, bagaimana kalau sudah mentok? Yang ada mungkin kayak Blake, jalan nggak ada juntrungannya dan sampai pulang ke rumah lagi pun, masalahnya nggak selesai. Ada yang punya nasib sama?


(alv)
Share: