Berkebun, Penghilang Stres di Masa Pandemi Corona

Selasa, 21 April 2020 - 16:13 WIB
loading...
Berkebun, Penghilang Stres di Masa Pandemi Corona
Belajar berkebun bisa jadi pilihan buat kamu yang mau mengisi waktu luang saat masa pandemi. Foto/seasonedhomemaker.com
A A A
JAKARTA - Udah berminggu-minggu #DiRumahAja sampai bingung mau ngapain lagi? Belajar berkebun aja, yuk!

Banyak manfaat yang kita dapat dengan berkebun, selain menghilangkan rasa bosan. Yaitu belajar telaten, dan pastinya kita bisa makan hasil kebun kita sendiri. Gak perlu belanja banyak lagi ke pasar atau supermarket!

Nah, ada berbagai macam cara untuk menanam sayur di rumah, yuk, simak, menurut tanahkaya.com.

1. HIDROPONIK

Berkebun, Penghilang Stres di Masa Pandemi Corona

Foto: instructables.com

Teknik menanam sayuran ini memanfaatkan media air dan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti botol bekas, jerigen, kain sumbu, nutrisi hidroponik, dan media tanam. Supaya bisa tumbuh dengan baik, tanaman disimpan di tempat yang tidak terkena air hujan, tapi tetap dapat sinar matahari. Teknik ini bikin tanaman sayuran jadi lebih cepat panen.

2. MEDIA POT

Berkebun, Penghilang Stres di Masa Pandemi Corona

Foto: Gardeners Path

Teknik ini gampang dipraktikkan. Sama halnya dengan menanam hidroponik, media yang dibutuhkan berupa bibit sayuran, tanah, pupuk kandang, sekam padi, nutrisi tanaman, dan pot, lalu campurkan semua bahannya dan siram rutin setiap pagi dan sore. Cara ini yang paling mudah dan murah.

3. POLYBAG

Berkebun, Penghilang Stres di Masa Pandemi Corona

Foto: Vegetablescrops

Cara penanamannya yaitu cukup siapkan benih tanaman, polybag, sekam padi, pupuk kandang, dan tanah. Masukkan semua bahan ke dalam polybag sampai rata dengan bibit tanaman ditaburkan di atasnya, lalu simpan di tempat yang terkena sinar matahari, tapi aman dari hujan. Teknik menanam dengan menggunakan polybagbisa digunakan untuk budidaya tanaman sayuran dataran rendah dan dataran tinggi.

Nah, sekarang apa aja yang bisa kita tanam selama masa pandemi ini?

Ada kangkung yang punya masa panen cuma 21 hari aja. Lalu cabai dengan masa panen 70 hari. Lanjut, ada tomat yang membutuhkan waktu 60 hari untuk panen. Sayuran lainnya juga bisa kamu tanam, misalnya sawi, bayam, dan daun bawang.

Melansir dari hellosehat.com, Tim Lang, PhD, seorang profesor kebijakan pangan di City University London, mengatakan bahwa melakukan kontak langsung secara rutin dengan tanaman, hewan, dan lingkungan alam bisa meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan mental seseorang.

Itu sebabnya, baik untuk anak-anak dan orang dewasa, berkebun bisa jadi salah satu alternatif untuk menangani masalah kesehatan fisik dan mental yang mungkin sedang dialami. Yuk, cobain berkebun!

Nabilla Triakhiriani Anurka
Kontributor GenSINDO
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Instagram: @nabillaaan
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)