Hati-Hati, Kecanduan Media Sosial Mirip dengan Kecanduan Narkoba

Sabtu, 30 Mei 2020 - 08:58 WIB
loading...
Hati-Hati, Kecanduan Media Sosial Mirip dengan Kecanduan Narkoba
Kecanduan bermain medsos disebut ahli kesehatan mental mirip dengan kecanduan pada zat adiktif. Foto/Apostolos Vamvouras, Usplash
A A A
JAKARTA - Siapa sih anak muda zaman sekarang yang gak main Instagram? Hampir seperempat dari penduduk Indonesia atau tepatnya sekitar 60-an juta penduduk Indonesia menggunakan Instagram, lho!

Itu sebabnya, Indonesia sekarang duduk di peringkat ke-4 terbesar di dunia untuk pengguna Instagram (IG) setelah Amerika Serikat, Brasil, dan India.

Hati-Hati, Kecanduan Media Sosial Mirip dengan Kecanduan Narkoba

Data pengguna Instagram di dunia per April 2020 (dalam jutaan). Sumber: statista.com

Platform yang setiap harinya digunakan rata-rata selama 28 menit ini emang punya daya tarik tersendiri bagi para penggunanya. Fitur-fitur lengkap yang disediakan Instagram, sajian-sajian visual yang mendorong kreativitas produsen konten, bikin kita kecanduan main medsos ini.

Belum lagi adanya Instagram Bisnis sebagai wadah bagi para penggiat usaha melakukan pemasaran digital, mudahnya mendapat informasi lewat gerakan jempol, dan efek-efek positif lainnya membuat banyak orang betah ‘main’ di Instagram.

Tetapi, segala hal yang berlebihan emang gak baik, termasuk dalam penggunaan Instagram. Platform yang daya tariknya melalui visual ini bisa bikin kehidupan seseorang dengan mudah ‘diintip’ hanya melalui sebuah gawai.

Terlebih lagi, seseorang cenderung memberi ‘intipan’ yang baik sehingga membuat orang yang melihatnya membandingkan kehidupannya dengan orang tersebut.

Hati-Hati, Kecanduan Media Sosial Mirip dengan Kecanduan Narkoba

Naskah:Monika Febriana/GenSINDO, Desain: Susilo/KORAN SINDO

Inilah yang dirasakan Audrey Asha Putri, mahasiswa jurusan Desain Produk Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, yang semenjak masa pandemi virus corona menghabiskan waktu sampai enam jam untuk berselancar di IG.

Audrey pun mengaku merasakan berbagai dampak negatif karena intensitas bermain Instagram-nya yang tinggi.

“Jadi gampang banget ngerasa iri sama kehidupan orang lain yang terlihat lebih nyaman, terutama cewek-cewek seumuran gue yang keliatannya lebih keren. Gue jadi merasa insecure, dan punya keinginan buat jadi orang lain,” curhat Audrey.

Bahkan, Audrey juga jadi sering cemas dan bolak-balik membuka IG untuk melihat kehidupan seseorang itu secara detail. “Tugas-tugas gue jadi sering selesai di luar target waktu,” ujarnya.

Hati-Hati, Kecanduan Media Sosial Mirip dengan Kecanduan Narkoba

Foto: choices.scholastic.com

Kecanduan Media Sosial Mirip Kecanduan Zat Adiktif

Menurut Olphi Disya Arinda, S.Psi, mahasiswa Magister Profesi Psikologi Klinis Dewasa, Fakultas Psikologi UI, dampak negatif kalau kita adiktif dengan IG di antaranya adalah bikin kita jadi gak produktif dan gampang merasa insecure.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kebanyakan main IG bisa mengarah kepada gejala depresi dan kecemasan kalau gak ditangani.

Olphi yang juga menjabat sebagai Director & Event Manager Alpas.id, komunitas yang fokus pada isu kesehatan mental, juga menjelaskan bahwa seseorang yang kecanduan media sosial, dalam hal ini Instagram, mirip dengan kecanduan narkoba.

Hati-Hati, Kecanduan Media Sosial Mirip dengan Kecanduan Narkoba

Foto: Pexels

“Dalam psikologi, sebenarnya konsep adiksi perilaku itu mirip dengan konsep adiksi zat,” terangnya.

“Main IG itu buat kita senang karena bisa hilangin bosan, lihat konten menarik, jadi tahu kehidupan orang lain. Nah, dengan perasaan senang ini, otak kita merilis hormon dopamin yang bikin kita merasa enjoy dan lama-lama ketagihan,” imbuh Olphi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)