3 Profesi Penulis yang Jarang Orang Tahu, Kamu Mau Pelajari?

Selasa, 24 Agustus 2021 - 21:23 WIB
loading...
3 Profesi Penulis yang Jarang Orang Tahu, Kamu Mau Pelajari?
Ada beberapa jenis penulis yang lebih fokus pada hal teknis ketimbang kreativitas. Foto/StockSnap, Pixabay
A A A
JAKARTA - Mendegar kata penulis, apa yang muncul di benakmu pertama kali? Apakah itu buku? Penulis memang sering kali digambarkan sebagai orang-orang yang punya ide kreatif dan menghasilkan karya tulis., baik itu buku, novel, ataupun cerpen.

Meski begitu, pekerjaan penulis kita jadi lebih luas definisnya, tidak hanya berkaitan dengan sebuah karya tulis. Ada banyak profesi penulis yang terbuka lebar, tapi jarang sekali diketahui oleh masyarakat. Berikut adalah tiga profesi penulis yang jarang diketahui.

1. UX WRITER

3 Profesi Penulis yang Jarang Orang Tahu, Kamu Mau Pelajari?

Foto:StartupStockPhotos/Pixabay

Ketika kita menjelajahi sebuah aplikasi, banyak penjelasan produk atau nama fitur yang unik. Nah, hal itulah yang dikerjakan oleh seorang UX writer . Mereka bekerja dengan maksimal agar fiturnya mudah diingat pengguna.

Seorang UX writer berbeda dengan UX designer. UX writer hanya berfokus pada pemilihan diksi, sementara UX designer berfokus pada membuat aplikasi dapat memudahkan dan menyenangkan saat digunakan. Namun, mereka tetap harus bekerja sama untuk menghasilkan pengalaman terbaik bagi pengguna.

Baca Juga: Peluang Kerja! Ini 5 Profesi Paling Dicari di Bidang Teknologi Digital


2. TECHNICAL WRITER

3 Profesi Penulis yang Jarang Orang Tahu, Kamu Mau Pelajari?

Foto:Firmbee/Pixabay

Apakah pernah menemukan buku panduan ketika membeli suatuproduk? Pasti pernah, kan, apalagi jika membeli produk elektronik. Buku panduan tersebut adalah hasil kerja dari technical writer.

Technical writerpunya tanggung jawab untuk mempermudah penjelasan teknis suatu hal. Baik untuk pengguna produk, teknisi, ataupun pihak-pihak lain yang membutuhkan. Hasil akhirnya tidak selalu buku panduan, tetapi bisa juga hal lain seperti Standard Operating Procedure (SOP).

Baca Juga: Yuk, Belajar UX Writing Secara Autodidak Lewat Sini

3. SEO WRITER

3 Profesi Penulis yang Jarang Orang Tahu, Kamu Mau Pelajari?

Foto:StockSnap/Pixabay

Google memiliki banyak sekali informasi. Kalau kita mengetik beberapa kata di mesin pencarinya, maka akan keluarlah rekomendasi tulisan yang sesuai dengan yang kita cari. Nah, sebuah tulisan bisa muncul di deretan teratas adalah berkat kelihaian penulis dalam memasukkan kata kunci yang sesuai dengan yang dicari orang tersebut. Di sinilah Search Engine Optimization (SEO) writerberperan dalam membuat tulisan dengan pilihan kata-kata yang mudah dibaca komputer, agar nantinya saat dicari orang, maka tulisan itu akan muncul di deretan teratas.

Wulan Sari
Kontributor GenSINDO
Universitas Pendidikan Indonesia
Instagram: @wulansari_239
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)