7 Dosa yang Bisa Menghancurkan Hubungan Asmara

Senin, 09 Agustus 2021 - 21:20 WIB
loading...
7 Dosa yang Bisa Menghancurkan Hubungan Asmara
Hubungan asmara yang baik adalah yang memiliki empati terhadap pasangan, juga komunikasi dan komitmen yang kuat. Foto/Yanalya, Pinterest
A A A
JAKARTA - Dalam suatu hubungan, pasti kamu ingin merasakan kisah asmara yang baik. Hanya punya kasih sayang saja tidak cukup untuk menjaga suatu hubungan bisa berjalan mulus.

Poin penting dari suatu hubungan agar tetap langgeng adalah selalu merasa berempati terhadap pasangan kamu dan saling melengkapi satu sama lain untuk mempertahankan suatu hubungan. Punya komunikasi yang terbuka dan jujur juga merupakan kunci sukses langgengnya hubungan kamu.

Yang gawat adalah kalau kamu atau pasangan melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa membahayakan kelangsungan hubungan kalian. Nah, berikut adalah tujuh kesalahan yang bisa mematikan hubungan asmara, mengutip dari Psychology Today .

1. TERLALU BANYAK MENERIMA, TAPI TIDAK MEMBERI

7 Dosa yang Bisa Menghancurkan Hubungan Asmara

Foto: Tirachardz/Pinterest

Suatu hubungan yang baik pastinya membutuhkan timbal balik yang adil. Kesalahan terbesar yang bisa menghancurkan suatu hubungan adalah ketika kamu merasa selalu memberi banyak hal, tapi sangat sedikit atau malah tidak mendapatkan balasan cinta kamu padanya.

Dalam setiap hubungan, diperlukan keadilan dan keberimbangan dalam beberapa hal, seperti berkontribusi pada keuangan, tugas, waktu, dan bahkan tingkat emosi masing-masing pasangan.

2. KURANGNYA EMPATI

7 Dosa yang Bisa Menghancurkan Hubungan Asmara

Foto: Yanalya/Pinterest

Memiliki empati adalah suatu bentuk kasih sayang yang harus dimiliki oleh setiap pasangan. Menunjukkan rasa belas kasih kepada pasangan ketika sedih, tertekan ataupun kesal, serta berbagi kebahagiaan adalah salah satu bentuk empati yang dapat ditunjukkan kepada pasangan kamu.

Namun, kalau salah satu pihak tidak menunjukkan rasa empati terhadap pasangannya, itu bisa menjadi pertanda awal hubungan itu tidak akan berjalan baik dan panjang.

3. MENGHINA PASANGAN

7 Dosa yang Bisa Menghancurkan Hubungan Asmara

Foto:Wayhomestudio/Pinterest

Penelitian yang dilakukan oleh John Gottman, seorang psikolog hubungan asmara mengatakan bahwa salah satu penyebab utama berpisahnya suatu hubungan adalah ketika salah satu pihak menunjukkan penghinaan terhadap pasangannya. Seorang pasangan yang menghina pasangannya punya tingkat ekpresi negatif yang lebih dominan daripada ekspresi positifnya.

Rasio seorang yang melakukan penghinaan terhadap pasangannya adalah 5:1 untuk tingkat ekspresi emosi negatif melawan tingkat ekspresi emosional positif. Sedangkan dalam hubungan yang sehat, harus ada keseimbangan antara rasio ekspresi negatif 1 dibanding 1 tingkat ekspresi emosional positif.

Baca Juga: Lupakan 5 Harapanmu Ini pada Pacar supaya Tak Kecewa dalam Hubungan

4. KERAS KEPALA

7 Dosa yang Bisa Menghancurkan Hubungan Asmara

Foto:Master1305/Pinterest

Hubungan yang baik selalu dibangun atas dasar kepercayaan. Kalau salah satu pasangan terus menerus menyalahkan pihak lainnya, terlalu banyak membuat kesal, atau selalu membuat pasangannya marah-marah, pastinya hal tersebut akan membuat satu pihak merasa jenuh. Ujung-ujungnya, hubungan akan semakin renggang.

Bisa juga pasangan kamu melakukan gaslighting.Tanda bahwa pasangan kamu melakukan gaslighting adalah ia sering melakukan tuduhan berulang padamu dan merasa bahwa kamu terlalu sensitif, padahal itu hanya anggapan semata. Sering menyalahkan kamu atas berbagai kesalahan yang terjadi pastinya akan merusak hubungan asmara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)