Ikoy-Ikoyan lagi Tren, 5 Seleb Ini Menolak Tegas untuk Ikutan

Rabu, 04 Agustus 2021 - 13:01 WIB
loading...
Ikoy-Ikoyan lagi Tren, 5 Seleb Ini Menolak Tegas untuk Ikutan
Arief Muhammad menciptakan tren ikoy-ikoyan di Instagram yang mempersilakan pengikutnya meminta apa pun kepadanya. Foto/Instagram @ariefmuhammad
A A A
JAKARTA - Tren ikoy-ikoyan dipopulerkan influencer sekaligus pengusaha Arief Muhammad lewat akun Instagram-nya @ariefmuhammad.

Tren ini berawal saat Arief membagikan uang atau apa pun yang dibutuhkan pengikutnya di media sosial. Syaratnya cukup dengan mem-follow akun Instagram dia dan beberapa usaha yang dimilikinya.

Nama 'ikoy' diambil dari adalah nama panggilan asisten pribadi Arief, yaitu Muhammad Rizqi Fadhilah. Karena kehebohan ini, Arief sampai dijuluki professional trendsetter oleh sesama influencer.

Sejak Minggu (1/8) sampai hari ini (4/8), tren ikoy-ikoyan masih ramai dan semakin banyak influenceryang ikut melakukannya. Misalnya Dwi Handayani (@dwihandaanda), Fadil Jaidi (@fadiljaidi), Rachel Vennya (@rachelvennya), bahkan beauty influencer Tasya Farasya (@tasyfarasya) yang ikut serta dengan caranya masing-masing.

Meski begitu, ada juga seleb atau influencer yang dengan tegas menolak mengikuti tren ini dengan alasan masing-masing. Siapa saja mereka, dan mengapa mereka menolak?

1. IIS DAHLIA

Ikoy-Ikoyan lagi Tren, 5 Seleb Ini Menolak Tegas untuk Ikutan

Foto: Instagram @iisdahlia

Dalam program "Rumpi No Secret" yang tayang Selasa (3/8), penyanyi dangdut sekaligus ibu dari Devano Danendra ini menolak ikut tren ikoy-ikoyan karena ia lebih memilih membantu orang yang ada di sekitarnya terlebih dahulu dibanding orang yang tidak ia kenal.

Iis juga mengatakan bahwa netizen tidak berhak untuk memaksanya ikut tren ini. Meski begitu, Iis tetap menganggap tren ini adalah hal yang baik karena membantu orang yang membutuhkan.

Baca Juga: 15 Kata Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial

2. CHELSEA OLIVIA

Ikoy-Ikoyan lagi Tren, 5 Seleb Ini Menolak Tegas untuk Ikutan

Foto: Instagram @chelseaoliviaa

Mengutip unggahan Instagram story-nya, Chelsea Olivia dengan tegas menolak mengikuti tren ini. Bukan tanpa alasan, istri Glenn Alinskie tersebut mengatakan tidak turut serta ikoy-ikoyan karena tidak ingin mengajarkan pengikutnya menjadi pengemis.

“Saya nggak akan mengikuti trend ikoy-ikoyan. Saya tidak mau mengajarkan untuk followers saya menjadi orang minta-minta yah (pengemis),” kata Chelsea.

3. NANA MIRDAD

Ikoy-Ikoyan lagi Tren, 5 Seleb Ini Menolak Tegas untuk Ikutan

Foto: Instagram @nanamirdad_

Kakak dari aktris Naysila Mirdad mengatakan bahwa tren ikoy-ikoyan justru memperburuk mental bangsa karena tidak segan meminta kepada orang lain bahkan yang tidak dikenal. Ia lebih suka membuat orang lain termotivasi untuk berusaha mendapatkan hal yang diinginkan.

Menyikapi tren ikoy-ikoyan, Nana dan suaminya Andrew White memilih cara lain untuk membantu yakni dengan mempromosikan UMKM yang terkena dampak PPKM Darurat di akun Instagram-nya secara gratis.

Baca Juga: 15 Pertanyaan Seru 'Truth or Dare' untuk Kamu Mainkan Secara Daring Bareng Teman

4. AUDI MARISSA

Ikoy-Ikoyan lagi Tren, 5 Seleb Ini Menolak Tegas untuk Ikutan

Foto: Instagram @audimarissa

Audi dengan yakin tidak akan mengikuti tren ini seperti beberapa influencer lainnya. Menurutnya, tren ini riskan karena memilih orang yang mendapatkan bantuan secara acak. Audi lebih setuju untuk membantu orang yang benar-benar membutuhkan.

"Aku lebih baik berbagi untuk orang-orang yang bener-bener butuh, susah makan bahkan juga enggak bisa beli kuota internet untuk DM-DM ikoy begini," ujarnya.

Ia juga menambahkan, hanya ia dan Tuhan yang cukup untuk mengetahui saat ia berbagi kepada orang lain.

5. BUNGA ZAINAL

Ikoy-Ikoyan lagi Tren, 5 Seleb Ini Menolak Tegas untuk Ikutan

Foto: Instagram @bungazainal05

Bunga Zainal termasuk yang 'diteror' netizen melalui DM Instagram untuk ikut tren Ikoy-Ikoyan. Sebagai jawabnya, sembari mengunggah ulang Story dari Nana Mirdad yang kontra dengan tren ini, Bunga mengatakan tidak akan menuruti keinginan mereka.

Istri Sukhdev Singh ini juga menjelaskan tanpa harus mengikuti tren, ia sudah sering memberikan giveaway. Meski begitu, Bunga tetap memahami alasan netizen memintanya membuat ikoy-ikoyan, yaitu faktor utamanya adalah kebutuhan ekonomi, terlebih pada masa pandemi saat ini.

“Semangat buat kalian semua, aku yakin badai kesusahan akibat corona ini akan berakhir dan indah pada waktunya” katanya.

Baca Juga: 5 Merek Sepatu Lokal dengan Desain Pas untuk Anak Muda

Sementara itu, Arief Muhammad juga menyadari ada yang kontra dengan tren yang dibuatnya. Dia lalu memberikan penjelasan melalui Instagram Story bahwa tren ini ia ciptakan berawal dari ketidaksengajaan . Arief meminta maaf kepada para influencer yang diteror oleh netizen untuk melakukan hal serupa.

“Di sini nggak pernah nyuruh orang untuk nagih ke artis/influencer favoritnya. Jadi kalau kalian keganggu, maafin yaa. Jangan dijadiin beban,” ungkapnya.

Sukma Nurjagat Khasanah
Kontributor GenSINDO
Universitas Terbuka
Instagram: @_SukmaNur_
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2269 seconds (0.1#10.140)