Cara Merawat Photocard Idol, Bahan yang Boleh dan Tidak Boleh Dipakai untuk Menyimpan

Rabu, 28 Juli 2021 - 15:35 WIB
loading...
Cara Merawat Photocard Idol, Bahan yang Boleh dan Tidak Boleh Dipakai untuk Menyimpan
Photocard yang sudah dibeli dengan harga mahal harus dirawat dengan sangat baik agar tidak rusak. Foto/Twitter @itsapjm
A A A
JAKARTA - Photocard bisa dibilang adalah harta karun paling berharga bagi para kolektor dalam fandom K-pop . Karena harganya juga bisa sangat mahal, tentunya kamu juga harus merawatnya dengan sangat baik.

Kalau kamu pernah merasakan salah satu koleksi photocard-mu jadi menguning atau ada bercak, itu tandanya kamu belum merawatnya dengan baik.

Nah, bagaimana agar photocard -mu tetap terjaga kualitasnya? Simak tips yang berikut ini.

1. JANGAN PAKAI BAHAN PVC

Cara Merawat Photocard Idol, Bahan yang Boleh dan Tidak Boleh Dipakai untuk Menyimpan

Foto: KMC Sleeves

PVC atau polivinil klorida (vinyl) sering dipakai sebagai kemasan cairan perawatan tubuh seperti sampo, sabun, deterjen, juga mainan anak-anak dan pipa saluran air. Kemasan ini bukan cuma dilarang untuk menyimpan koleksi photocard kamu, tapi juga untuk menyimpan bahan makanan dan minuman karena mengandung zat Diethylhydroxylamine (DEHA) yang bisa merusak ginjal dan hati.

Mengapa bahan PVC sebaiknya tidak dipakai untuk menyimpan photocard? Karena bahan termoplastik ini sifat fisiknya gampang berubah bergantung pada suhu. Mengutip Koreaboo , untuk membuat PVC lebih fleksibel, produsen akan menambahkan senyawa adiktif plasticizer yang dianggap berbahaya.

Senyawa tersebut bukan cuma melepaskan gas kimia ke udara, tapi juga akan membuat photocard kamu rusak dalam waktu singkat. Kartumu akan kelihatan seolah berminyak saat dipegang, bahannya menjadi lemas/melunak dan berwarna kuning.

Sayangnya, masih mengutip Koreaboo, bahan ini masih suka dipakai oleh perusahaan seperti HYBE saat menjual sleeve binder mereka. Selain itu, kalau kamu suka memakai casing ponsel berbahan plastik bening, boleh jadi bahan tersebut juga mengandung PVC. Jadi sekali lagi, pastikan kamu tidak lagi memakai bahan tersebut.

Baca Juga: 10 Photocard Termahal Jungkook BTS yang Terjual di eBay Tahun ini

Untuk mengecek apakah produk tersebut mengandung PVC atau tidak, kamu bisa mengecek bagian deskripsi produk kalau kamu membelinya di toko daring. Kalau tidak dicantumkan, kamu bisa menanyakannya langsung ke penjual. Lebih baik repot sedikit daripada koleksi harta karun kamu rusak dan kamu menyesal setengah mati.

2. GUNAKAN BAHAN POLIPROPILENA (PP)


Cara Merawat Photocard Idol, Bahan yang Boleh dan Tidak Boleh Dipakai untuk Menyimpan

Foto: Aladin

Polipropilena atau polipropena (polypropylene) adalah bahan polimer termoplastik yang sering dipakai untuk bahan pengemasan makanan dan minuman, juga pakaian dalam termal. Bahan ini tahan panas dan memberikan lapisan pelindung. Jadi, ini adalah bahan yang tepat untuk menyimpan koleksi photocard-mu.

Baca Juga: 4 Aktor Drama Korea yang Dibebastugaskan dari Wajib Militer

3. CARI YANG "BEBAS ASAM"

Cara Merawat Photocard Idol, Bahan yang Boleh dan Tidak Boleh Dipakai untuk Menyimpan

Foto: Depop

Selain jangan memakai bahan PVC, juga hindari bahan yang mengandung asam (acid) karena bahan ini bisa membuat kartu menjadi kuning dan mengeras.

Selain itu, rajin-rajinlah mengecek dan membersihkan koleksimu agar kamu tahu kalau ada kartu yang mulai rusak atau turun kualitasnya.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5666 seconds (0.1#10.140)