Hari Ini! Link Nonton BTS 'BBC Live Lounge' dan Fakta-Fakta Menariknya

Selasa, 27 Juli 2021 - 12:18 WIB
loading...
Hari Ini! Link Nonton BTS BBC Live Lounge dan Fakta-Fakta Menariknya
BTS akan tampil membawakan lagu terbaru mereka Permission to Dance dan lagu cover Ill Be Missing You. Foto/YouTube HYBE Labels
A A A
JAKARTA - BTS hari ini (27/7) akan tampil dengan format live band dalam program BBC Radio 1 Live Lounge mulai pukul 18.15 WIB.

Dalam program bergengsi ini, BTS akan menyanyikan "Dynamite", "Permission to Dance", dan meng-cover lagu "I'll Be Missing You" yang dinyanyikan Puff Daddy, Faith Evans, dan grup 112.

Nah, berikut beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang kehadiran BTS dalam program tersebut.

1. BBC RADIO 1 AKAN MERILIS FILM DOKUMENTER BTS

Hari Ini! Link Nonton BTS 'BBC Live Lounge' dan Fakta-Fakta Menariknya

Adele Roberts (tengah bawah) bersama BTS. Foto: BBC Radio 1

Tak hanya memberikan penampilan berformat live band, BBC Radio 1 juga akan menayangkan film dokumenter berdurasi 30 menit tentang perjalanan karier BTS. Film ini akan dipandu oleh Adele Roberts, yang juga pernah mewawancarai BTS langsung di Seoul mewakili BBC pada 2018. Film ini juga akan menyertakan wawancara eksklusif dirinya dengan BTS.

Film ini akan tayang perdana sehari setelah debut BTS dalam "Radio 1 Live Lounge", yaitu pada 28 Juli pukul 04.35 WIB.

2. PROGRAM MUSIK BERGENGSI DI INGGRIS

Hari Ini! Link Nonton BTS 'BBC Live Lounge' dan Fakta-Fakta Menariknya

Foto: BBC Radio 1

BBC Radio 1 Live Lounge adalah salah satu program musik paling prestisius di Inggris. Program ini sudah ada sejak 2009 dan telah mengundang sederet musisi ternama seperti Adele, Taylor Swift, Arctic Monkeys, hingga band lawas Bon Jovi.

Dalam program ini, artis bernyanyi live dengan iringan band minimalis. Yang menjadi ciri khas Live Lounge adalah para artis akan menyanyikan satu lagu populer milik musisi lainnya dengan aransemen dan gaya mereka sendiri. Lagu cover ini selalu berhasil menciptakan atmosfer baru, karena itulah tak heran BBC Radio 1 juga rutin merilis lagu-lagu yang diaransemen ulang tersebut dalam bentuk CD.

Bisa dibilang, BBC Radio 1 Live Lounge adalah acara yang setara dengan program musik di Amerika Serikat yang juga telah mengundang BTS tampil, yaitu NPR Music dan MTV Unplugged. Ini artinya, BTS sudah tampil dalam tiga program musik paling bergengsi di dunia.

Untuk penampilan sore nanti, BTS juga akan kembali didampingi Ghost Band yang pernah mendampingi grup ini saat tampil dalam NPR Music tahun lalu.

Baca Juga: Alasan Pemerintah Korsel Larang Lagu BTS, BLACKPINK, dan ENHYPEN Diputar di Gym

3. SEJARAH DRAMATIS LAGU "I'LL BE MISSING YOU"

Hari Ini! Link Nonton BTS 'BBC Live Lounge' dan Fakta-Fakta Menariknya

(kiri ke kanan) Notorious dan Tupac Shakur. Foto: Getty Images

Lagu bergenre R&B dan hip hop ini sangat populer pada tahun rilisnya, yaitu pada 1997. "I'll Be Missing You" menduduki tangga lagu Billboard 100 selama 11 minggu dan menjadi lagu rap pria pertama yang debut di Billboard 100. Rekor ini baru dipecahkan 13 tahun kemudian oleh Eminem dengan "Not Afraid" pada 2010. Lagu yang dinyanyikan Puff Daddy, Faith Evans, dan grup R&B 112 ini juga memenangkan piala Grammy sebagai Best Rap Performance by duo or Grup.

"I'll Be Missing You" diciptakan Puff Daddy untuk mengenang kematian musisi muda berbakat Notorious B.I.G atau Christopher Wallace pada 9 Maret 1997. Rapper ini tewas ditembak dalam usia 24 tahun saat berada di California.

Penembakan ini diduga keras menjadi bagian dari perseteruan para musisi rap di Pesisir Barat/West Coast (California) dan Pesisir Timur/East Coast (New York) pada era 1990-an. Sebelumnya, rapper Tupac Shakur juga tewas ditembak pada September 1996. Tupac adalah icon rapper dari West Coast, sementara Notorious dari East Coast. Yang membuatnya terasa makin tragis, sebelum era perseteruan, keduanya sebenarnya berteman dekat.

Kisah perseteruan berujung kekerasan antara musisi-musisi besar East Coast dan West Coast ini diabadikan dalam film dokumenter "Hip Hop Evolution" musim ke-3 episode ke-1 dan ke-2 yang tayang di Netflix . Film produksi tahun 2020 ini terdiri dari empat musim dan merangkum sejarah dan lika-liku genre musik hip hop di Amerika Serikat sejak 1970-an hingga 2000-an.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4044 seconds (0.1#10.140)