10 Superhero DC dan Marvel yang Punya Sejumlah Kesamaan

Minggu, 25 Juli 2021 - 12:10 WIB
loading...
10 Superhero DC dan Marvel yang Punya Sejumlah Kesamaan
Karakter-karakter komik DC dan Marvel menjadi yang paling terkenal. Mereka dengan mudah dikenal di televisi dan film. Namun, ada karakter yang punya kesamaan. (YouTube/Variant Comics)
A A A
Marvel dan DC adalah nama raksasa penerbit komik di dunia. Tokoh-tokoh mereka telah dikenal di seluruh dunia dan mereka sudah berdiri selama puluhan tahun. Hubungan keduanya pun cukup unik. Meski terlihat bersahabat, tapi mereka bersaign satu sama lain. Salah satu ladang persaingan mereka adalah karakter yang mereka ciptakan.

Para penggemar komik pasti memperhatikan jika ada sejumlah karakter komik DC yang punya kesamaan dengan karkater Marvel. Persamaan ini kadang-kadang kebetulan atau dibuat untuk memberukan penghormatan. Namun, di sejumlah kasus, persamaan ini menjadi perdebatan di antara para penggemar.



Sejumlah karakter yang sama ini pernah atau sedang tampil di layar televisi atau layar lebar. Ada juga yang belum. Lantas siapa saja karakter DC dan Marvel yang punya persamaan? Dikutip dari CBR, berikut ulasannya.

1. The Flash dan Quicksilver —manusia tercepat di dunia
10 Superhero DC dan Marvel yang Punya Sejumlah Kesamaan

Banyak karakter DC dan Marvel yang punya banyak kesamaan selain kemampuan dan usulnya. Namun, ini tidak yang terjadi pada Barry Allen alias the Flash dan Pietro Maximoff alias Quicksilver. Keduanya dijuluki manusia tercepat di dunia di semesta masing-masing. Meskipun, Barry jauh lebih cepat ketimbang Quicksilver. Mereka juga punya asal usul dan jalur yang berbeda sebagai pahlawan. Meski begitu, mereka terus diperbandingkan satu sama lain karena kemampuan berbasis kecepatan ini.



2. Superman dan Hyperion — pemimpin tim superhero
10 Superhero DC dan Marvel yang Punya Sejumlah Kesamaan

Ada sejumlah karakter di Marvel yang sepadan dengan Superman dari DC. The Sentry, misalnya. Namun Hyperion yang kuatlah yang punya banyak kesamaan dengan Superman baik dalam kekuatan, asal usul dan juga tim superhero yang mereka bentuk. Superman memimpin Justice League bersama pahlawan terkondang lain DC. Sementara, Hyperion adalah pemimpin Squadron Supreme, tim yang merupakan penghirmatan untuk karakter di Justice League yang memperkenalkan pahlawan lain yang mirip seperti Wonder Woman dan Power Princess atau Batman dan Nighthawk.



3. Doctor Fate dan Doctor Strange — pelindung semesta dengan sihir
10 Superhero DC dan Marvel yang Punya Sejumlah Kesamaan

Karakter mistis kuat yang dikenal sebagai Doctor Fate adalah salah satu pahlawan dengan anugerah sihir terkondang di DC. Helm, jimat dan jubahnya yang dimantrai bisa mengubah inang manusia yang terpilih menjadi pengabdi Order dan Chaos dan seorang pelindung dunia sihir. Doctor Strange adalah dokter bedah berbakat tapi cedera yang memulai hidup baru sebagai Sorcerer Supreme-nya Marvel. Dia menggunakan jimat sihir kuatnya dan jubah terbangnya untuk membantunya melindungi realitasnya. Sementara banyak persamaan, Doctor Fate dikendalikan Nabu yang posesif yang jarang meninggalkan inangnya dalam kondisi bagus. Sementara, Doctor Strange memilih jalannya sendiri tanpa ada paksaan.



4. Catwoman dan Black Cat — pencuri bertema kucing
10 Superhero DC dan Marvel yang Punya Sejumlah Kesamaan

Tidak diragukan kalau pencuri bertema kucing pertama debut pada 1940. Dia dalah Seline Kyle/Catwoman. Dia debut puluhan tahun sebelum Felicia Hardy kali pertama tampil sebagai Black Cat pada 1979. Meski begitu, ada sejumlah persamaan di antara dua karakter itu. Baik Catwoman dan Black Cat awalnya muncul sebagai penjahat. Meskipun mereka mengembangkan hubungan dengan vigilante pembela kebenaran yang membawa mereka ke jalan yang lebih heroik yang mereka jalani kemudian. Namun, Catwoman dan Black Cat sering kali kebali ke profesi awalnya.

5. Deathstroke dan Deadpool — nama belakang asli
10 Superhero DC dan Marvel yang Punya Sejumlah Kesamaan

Slade Wilson menjadi bahan eksperimen pemerintah yang melepaskan potensi fisiknya dan memberinya faktor penyembuh yang cepat yang membuatnya menjadi salah satu tentara bayaran paling berbahaya di semesta DC sebagai Deathstroke the Terminator. Versi Marvel bahkan punya nama yang hampir sama. Wade Wilson menjalani manipulasi genetik untuk menyembuhkan kankernya dengan memasang faktor pemnyembuh mutan di tubuhnya. Ini secara mental mendestabilisasikannya dan membuatnya berada di jalur baru sebagai Merc-with-a-Mouth yang dikenal sebagai Deadpool . Dia dikenal suka meruntuhkan dinding keempat, sifat yang tidak dimiliki Deathstroke.

6. The Atom and Ant-Man — ilmuwan yang mampu mengubah ukuran
10 Superhero DC dan Marvel yang Punya Sejumlah Kesamaan

Secara teknis, ilmuwan Ray Palmer adalah karakter kedua DC yang memakai nama The Atom. Meskipun, dia adalah versi pertama pahlawan pengubah ukuran setelah dia menemukan bagaimana memanfaatkan energi kurcaci putih untuk mengecil hingga level subatom. Hank Pym menemukan Partikel Pym pengubah ukuran yang membuatnya bisa mengecil dan membesar sebagai Ant-Man . Di Marvel, peran Ant-Man sudah diturunkan selama bertahun-tahun. Warisan The Atom diperpanjang ketika Ray Choi mengambil alih mantel itu. Ini membuat Ray Palmer dan Hank Pym lebih mirip.



7. Red Tornado dan Vision — android
10 Superhero DC dan Marvel yang Punya Sejumlah Kesamaan

Red Tornado adalah android yang diciptakan ilmuwan jahat TO Morrow sebagai mata-mata untuk menyusup Justice League. Dia disamarkan sebagai pahlawan untuk menghancurkan mereka. Namun, dia memutuskan untuk bergabung dengan Justice League setelah mendapatkan kemampuan untuk merasakan dari sebuah elemen angin yang merasuki tubuhnya. Asal usul ini sama dengan Vision-nya Marvel. TO Morrow adalah Ultron dan elemen angin dengan pola otak Wonder Man. Dari sini, persamaan keduanya pun terlihat.

8. Aquaman dan Namor — Raja Atlantis
10 Superhero DC dan Marvel yang Punya Sejumlah Kesamaan

Bagi penggemar mainstream, Aquaman dikenal karena dia adalah anggota Justice League. Ini membuatnya tampil di sejumlah film atau serial animasi dan live-action. Sementara, Namor the Sub-Mariner-nya Marvel sebenarnya muncul duluan di komik. Kedua karkater itu sama-sama keturunan manusia dan orang Atlantis. Pada Namor, ini membuatnya sebagai seorang mutan. Baik Aquman dan Namor sama-sama tumbuh untuk menjadi pewaris takhta Atlantis dan memerintah tujuh lautan. Sejumlah persamaan ini membuat karakter ini ke konflik selama Marvel vs DC di mana Aquaman menang karena menggunakan kemapuan superiornya untuk berkomunikasi dengan makhluk di laut.



9. Swamp Thing dan Man-Thing — monster tumbuhan gaib
10 Superhero DC dan Marvel yang Punya Sejumlah Kesamaan

Yang benar-benar menarik dari persamaan antara Swamp Thing-nya DC dan Man-Thing-nya Marvel adalah kedua karakter ini sama-sama debut pada 1971 dan punya asal usul yang sama sebagai ilmuwan yang dikhianati dan diubah menjadi monster pelindung rawa. Dengan perkenalan dekat seperti itu, ada debat tak berujung antara karakter mana yang merupakan tiruan. Meskipun selama bertahun-tahun, Swamp Thing telah mengklaim kembali titelnya sebagai pelindung Green sementara Man-Thing menjadi lebih dikenal sebagai pelindung Nexus Seluruh Realitas untuk berusaha dan memberi jarak antara monster rawa.

Baca Juga: 12 Superhero Terhebat Sepanjang Sejarah Berdasar Kajian Ilmiah

10. Green Arrow dan Hawkeye — pemanah handal
10 Superhero DC dan Marvel yang Punya Sejumlah Kesamaan

Oliver Queen menjadi pemanah yang sangat terampil setelah dia terdampar di sebuah pulau dan terpaksa bertahan hidup selama bertahun-tahun sebelum menjadi Green Arrow dan bergabung Justice League. Clint Barton mengisi peran yang sama di Avengers -nya Marvel sebagai pemanah bernama Hawkeye. Dia juga menggunakan busur panah berteknologi tinggi. Hawkeye juga pernah menikahi Mockingbird, yang merefleksikan hubungan Green Arrow dengan Black Canary. Ini membuat dua karakter itu punya banyak persamaan.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)