Kasus BTS 'Butter' Dituduh Plagiat, Komposer Game Nintendo 'Monster in My Pocket' Buka Suara

Kamis, 22 Juli 2021 - 10:44 WIB
loading...
Kasus BTS Butter Dituduh Plagiat, Komposer Game Nintendo Monster in My Pocket Buka Suara
Lagu Butter yang dinyanyikan BTS dituduh hasil plagiat dari lagu Towering Catastrophe yang dipakai dalam gim Monster in My Pocket. Foto/Bighit Music
A A A
TOKYO - Lagu berbahasa Inggris BTS yang berjudul "Butter" belum lama ini dituding telah memplagiat lagu dari gim Nintendo "Monster in My Pocket".

Lagu berjudul "Towering Catastrophe" itu diciptakan oleh duo komposer Jepang Kozo Nakamura dan Hiroshi Takeyashu. Adapun gimnya dirilis pada 1992.

Tudingan ini disebarkan netizen di Korea Selatan lewat internet, dan karena semakin memanas, sang komposer akhirnya buka suara dengan mengeluarkan pernyataan di blognya.

Mengutip Allkpop , sang komposer mengomentari tentang artikel di Wow! Korea yang memuat tanggapan mereka tentang tudingan plagiarisme itu. Dalam artikel tersebut tertulis bahwa komposer berkata " musiknya hampir sama, ini lebih dari sekadar sampling".

Dia lalu menegaskan bahwa dia tidak pernah mengatakan hal tersebut, dan bingung siapa sebenarnya yang mengeluarkan komentar tersebut.

Kasus BTS 'Butter' Dituduh Plagiat, Komposer Game Nintendo 'Monster in My Pocket' Buka Suara

Foto: via Allkpop

Sang komposer lalu menerangkan bahwa dia tahu BTS, tapi saat itu belum mendengarkan lagu "Butter". Saat dia mendengar soal tudingan plagiarisme, dia lalu mendengarkan lagu tersebut dan menyatakan bahwa kesamaan tersebut hanyalah sebuah kebetulan.

Baca Juga: 15 Lagu Indonesia Jadul yang Viral Lagi Gara-Gara TikTok

Dia juga menulis bahwa dia kaget dan takjub dengan perhatian masyarakat terhadap lagu gim yang diciptakannya.

Berikut pernyataan lengkapnya.

"Ini pertama kalinya saat memperbarui (blog) setelah lama absen, dan saya kaget! Dulu sekali, saya membuat musik untuk gim "Monster in My Pocket". Saya tahu BTS, tapi saya tidak tahu lagu ini ("Butter"). Lalu ketika saya membandingkan kedua lagu ini, saya pikir keduanya memang mirip. Meski begitu, kesamaan melodi ini cuma kebetulan."

"Dalam artikel (di Wow! Korea) tertulis bahwa saya bilang musiknya hampir mirip dan 'lebih dari sekadar sampling', tapi saya tidak pernah mengatakan itu. Saya jadi bertanya-tanya siapa yang mengatakan itu, lol".

Kasus BTS 'Butter' Dituduh Plagiat, Komposer Game Nintendo 'Monster in My Pocket' Buka Suara

Foto: YouTube HYBE Labels

Sang komposer juga menambahkan bahwa dia tidak memiliki hak cipta atas lagu "Towering Catastrophe". Haknya ada pada pengembang gim, yaitu Konami.

Adapun "Butter" adalah lagu yang diciptakan para komposer Amerika Serikat, yaitu Jenna Andrews, Rob Grimaldi, dan Ron Perry. Produsernya adalah Rob, Ron, dan Stephen Kirk.

Baca Juga: Minat Baca Remaja Meningkat, tapi Cerita Romantisasi Perilaku Menyimpang juga Menjamur

Untuk penulisan liriknya dikerjakan bersama oleh Jenna Andrews, Rob Grimaldi, Stephen Kirk, RM BTS, Alex Bilowitz, Sebastian Garcia, dan Ron Perry.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1944 seconds (0.1#10.140)