8 Bentuk Cinta dalam Literatur Populer yang Perlu Kamu Simak

Rabu, 21 Juli 2021 - 16:42 WIB
loading...
8 Bentuk Cinta dalam Literatur Populer yang Perlu Kamu Simak
Hubungan romantis antara perempuan dan laki-laki bisa didefinisikan dalam berbagai jenis cinta. Foto/Jasmine Carter, Pexels
A A A
JAKARTA - Bahasa Yunani Kuno menggambarkan berbagai bentuk makna cinta yang menjelaskan bagaimana cinta antara dua orang dapat bervariasi berdasarkan sejuta faktor yang berbeda.

Beberapa dekade yang lalu, didukung oleh bukti empiris, serangkaian delapan kata diperkenalkan ke dalam literatur populer yang menggambarkan banyak bentuk cinta yang unik. Berikut ini ada delapan bentuk cinta yang perlu kamu ketahui, mengutip dari Psychology Today .

1. EROS

8 Bentuk Cinta dalam Literatur Populer yang Perlu Kamu Simak

Foto:David Gomes/Pexels

Pertama adalah jenis bentuk cinta Eros yang berarti cinta menyentuh ke dalam perasaan dan area tubuh yang sensitif. Hal ini didorong oleh gairah, ketertarikan seksual, dan kegembiraan. Bentuk cinta ini akan menciptakan reaksi yang membawa kita untuk menjalin hubungan dengan seseorang yang hampir tidak kita kenal. Reaksi itu didorong oleh feromon, endorfin, dan reaksi neurokimia yang menyalakan percikan cinta di antara keduanya untuk menemukan cara menghabiskan waktu bersama.

Cinta erotis mendorong seseorang pada orang tertentu untuk tujuan tertentu. Sebenarnya ini dapat menyebabkan hubungan berbahaya dan perilaku berisiko karena akan ada naluri menang antarkeduanya dalam beberapa kasus. Orang Yunani Kuno menganggap eros sebagai bentuk cinta yang paling berbahaya karena mendorong pengabaian dan pengambilan risiko yang tidak dilakukan oleh bentuk cinta lain yang lebih stabil.

2. LUDUS

8 Bentuk Cinta dalam Literatur Populer yang Perlu Kamu Simak

Foto:Budgeron Bach/Pexels

Cinta Ludus atau Ludic adalah bentuk cinta yang berfokus pada interaksi yang menyenangkan. Biasanya ini tertanam pada tahap awal suatu hubungan. Contohnya PDKT. Pemain cinta Ludic suka bermain untuk menghindari hubungan romantis yang terlalu dalam. Ada juga sisi gelap dari cinta jenis ini, yaitu dalam hubungan jangka panjang mereka akan mempertahankan kekuatan mereka.

Ada kehadiran tersirat dari permainannya dan dapat bervariasi mulai dari percakapan biasa atau percakapan yang menyenangkan. Bentuk cinta Ludic dapat berbahaya karena ia bisa memiliki kekuasaan atas orang lain dan kurangnya komitmen yang menjadi kekuatannya. Mereka pandai bermain cinta dengan cara menjauh, berbohong, atau kembali menyalakan api cinta pada pasangan mereka. Sehingga tidak ada perasaan yang benar-benar serius.

3. MANIA

8 Bentuk Cinta dalam Literatur Populer yang Perlu Kamu Simak

Foto:Keira Burton/Pexels

Seperti namanya, cinta Mania adalah bentuk cinta yang lebih pada obsesi, kepemilikan, dan kepentingan diri sendiri. Paling buruk, cinta Mania ditandai dengan perilaku seperti mengendalikan, menguntit, dan ada ketergantungan bersama yang patologis. Apabila cinta mania perasaannya terhalang atau tidak terbalas, maka dapat menghasilkan reaksi kuat yang menakutkan.

Ini mencerminkan penggunaan hubungan cinta Mania sebagai sarana untuk merasa lengkap atau rasa kemenangan karena adanya peningkatan diri melalui hubungannya. Namun, ada rasa putus asa yang meresapi bentuk cinta ini sehingga jarang mengarah pada hubungan yang bertahan lama.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Tanda Mulusnya Hubungan Asmara

4. PRAGMA

8 Bentuk Cinta dalam Literatur Populer yang Perlu Kamu Simak

Foto: Jonathan Borba/Pexels

Kata untuk jenis cinta ini terdengar sangat mirip dengan kata "pragmatis." Bentuk cinta ini adalah cinta mendalam yang matang dan tumbuh subur di antara pasangan romantis jangka panjang. Bentuk cinta ini adalah cinta dewasa yang mewakili kesediaan untuk berkompromi dengan pasangan. Mereka yang berhubungan akan saling mendukung pertumbuhan dan perkembangan, menerima kelemahan dan kekurangan serta bisa bertahan untuk jangka panjang.

Namun di sisi lain, itu dapat dianggap tidak romantis dan membosankan. Jika hubungan jangka panjang adalah tujuan seseorang, tidak ada energi yang cukup untuk mempertahankan hubungan romantis dari tahun ke tahun. Hubungan yang mencontohkan cinta pragmatis yaitu hubungan suami istri yang sering ditempa melalui panas-panasnya eros awal dan ditempa oleh waktu dan pengalaman.

5. PHILIA
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1859 seconds (0.1#10.140)