Mau Lancar Bicara saat Wawancara Kerja? Ini Tips Kuasai Public Speaking-nya

Baca Juga: Rekomendasi 5 Buku tentang Pengembangan Diri, Kamu Sudah Baca?

2. JADILAH DIRI SENDIRI

Mau Lancar Bicara saat Wawancara Kerja? Ini Tips Kuasai Public Speaking-nya

Foto: Freepik

Menjadi diri sendiri dan jujur akan membantu kamu lancar dalam menjawab pertanyaan dan mengurangi kegugupan saat berbicara. Jika merasa tidak kompeten atau tidak mengetahui, sampaikan kepada pewawancara dan akui secara terbuka, tetapi Izza menekankan bahwa cara penyampaiannya harus dengan elegan.

Kamu bisa memulainya dengan menunjukkan keinginan untuk belajar , “Saya sangat familiar dengan software Photoshop, tetapi saya belum punya pengalaman dalam mengoperasikannya. Namun, saya tertarik untuk belajar menggunakan Photoshop, maka dari itu saya akan mencari tahu lebih banyak," kata Izza memberi contoh.

"Jika saya diterima, saya akan berusaha lebih maksimal lagi agar mampu menggunakan software tersebut,” imbuh Izza.

Sebaliknya, semisal hal yang diminta memang di luar kemampuanmu dan tidak sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, Izza menyarankan untuk mengakuinya saja dengan jujur dan tidak memaksakan diri.

3. CARA MENJAWAB PERTANYAAN DENGAN EFEKTIF DAN EFISIEN

Mau Lancar Bicara saat Wawancara Kerja? Ini Tips Kuasai Public Speaking-nya

Foto: Freepik

Menjawab pertanyaan secara efektif dan efisien dapat dilakukan dengan cara langsung menjawab ke inti pertanyaan. Ini bisa dimulai dengan menggunakan pertanyaan yang diberikan sebagai kalimat pembuka, sekaligus menjadi cara untuk mengingat pertanyaan sehingga jawaban yang diberikan tidak bertele-tele.

Jika pertanyaan yang diberikan menguji kemampuan berpikir kritis, ada kemungkinan kamu diberikan waktu sebelum menjawab. Apabila tidak diberikan, kamu bisa mengisi momen berpikir dengan mengulang pertanyaan terlebih dahulu atau membangun narasi singkat sebelum menyampaikan jawaban.

Sekiranya kamu memang membutuhkan waktu untuk berpikir, sampaikan kepada pewawancara, “Kebetulan sebelumnya saya belum mempunyai pengalaman bekerja, jadi hal ini belum pernah saya alami sebelumnya. Saya tidak ingin memberikan jawaban yang asal dalam konteks ini, mohon saya diberikan waktu untuk berpikir sejenak,” kata Izza memberikan saran.

4. PERHATIKAN KOMUNIKASI NONVERBAL

Mau Lancar Bicara saat Wawancara Kerja? Ini Tips Kuasai Public Speaking-nya

Foto: Freepik

"Don’t judge a book by its cover" tampaknya tidak berlaku dalam wawancara kerja. Suka atau tidak, visual akan menjadi salah satu penilaian. Namun jangan salah paham dulu. Yang dimaksud di sini adalah cara kamu berpakaian, menata rambut atau kerudung, dan kepercayaan diri. Kemudian kamu juga perlu memerhatikan bahas tubuh dan kontak mata saat wawancara nanti.

Agar dapat tampil secara maksimal, Izza merekomendasikan sebelum wawancara sebaiknya mempersiapkan diri dengan tidur yang cukup, minum air yang banyak, dan kenakan pakaian yang nyaman serta terbaik versi kamu.

Baca Juga: 10 Kalimat Bijak Suga BTS untuk Bantu Kamu Jalani Masa Muda

5. BANYAK BERLATIH

Mau Lancar Bicara saat Wawancara Kerja? Ini Tips Kuasai Public Speaking-nya

Foto: Freepik

Practice makes perfect! Dalam hal public speaking teori harus diimbangi dengan praktik. Semakin banyak berlatih, maka akan semakin mahir. Kamu bisa mengawalinya dengan mencari pertanyaan yang umum ditanyakan saat wawancara kerja dan berlatih dengan teman. Izza menganjurkan saat latihan harus direkam dengan video, agar bisa menjadi bahan mengevaluasi baik dari verbal maupun nonverbal.
halaman ke-1
Share: