Pejabat Militer Sebut Penundaan Wamil BTS demi 'Kepentingan Nasional'

Kamis, 15 Juli 2021 - 09:23 WIB
loading...
Pejabat Militer Sebut Penundaan Wamil BTS demi Kepentingan Nasional
BTS mendapat kesempatan menunda wajib militernya berkat perubahan aturan tentang batas usia untuk masuk wamil. Foto/Big Hit Music
A A A
SEOUL - Kepala Administrasi Tenaga Kerja Militer Seoul (Seoul's Military Manpower Administration) Jung Seok-hwan mengatakan bahwa pilihan penundaan wajib militer (wamil) bagi BTS adalah demi "kepentingan nasional" Korea Selatan.

Seperti diketahui, amandemen terhadap South Korea’s Military Service Act yang mengatur soal wamil sudah berlaku sejak 23 Juni lalu. Dalam amandemen tersebut, seniman dan atlet yang memiliki prestasi luar biasa bisa meminta untuk menunda tugas wamil mereka hingga usia 30 tahun. Sebelumnya, aturan menegaskan bahwa wamil harus dilakukan selambatnya pada usia 28 tahun.

Mengutip UPI , saat diwawancarai surat kabar lokal Kyunghyang Shinmun, Jung Seok-hwan mengatakan bahwa aturan ini diberlakukan untuk seniman yang "mendongkrak citra negara", mengacu kepada BTS. Salah satu syarat penundaan wamil adalah telah menerima Order of Cultural Merit.

Pejabat Militer Sebut Penundaan Wamil BTS demi 'Kepentingan Nasional'

Foto: Big Hit Music

Order of Cultural Merit adalah penghargaan tertinggi dari negara bagi seniman di Korea Selatan. BTS telah menerima penghargaan ini pada 2018 karena dianggap telah memberikan kontribusi secara global dalam meningkatkan popularitas budaya Korea di dunia, termasuk keinginan masyarakat dunia untuk mempelajari bahasa Korea.

Baca Juga: 4 Aktor Drama Korea yang Dibebastugaskan dari Wajib Militer

Sementara itu pada April lalu, organisasi yang diisi para pelaku dalam industri musik Korea Selatan, Korea Music Content Association (KMCA), menyebut bahwa aturan baru tentang wamil tersebut "tidak realistis dan tidak adil" karena tidak ada musisi yang akan lolos dengan kriteria yang diberikan pemerintah selain BTS.

Sementara Jung Seok-hwan mengatakan bahwa keputusan pemerintah untuk memberikan opsi penundaan kepada peraih Order of Cultural Merit adalah demi meminimalisir kontroversi di tengah masyakarat.

Pejabat Militer Sebut Penundaan Wamil BTS demi 'Kepentingan Nasional'

Foto: Big Hit Music

Survei lokal yang dilakukan pada Oktober tahun lalu menunjukkan bahwa wacana penundaan wamil untuk BTS membuat masyarakat terbagi dua secara rata, antara pro dan kontra.

Jika BTS mengambil tawaran dari pemerintah, maka Jin sebagai anggota tertua BTS bisa menunda wamil hingga 2022. Namun jika tidak, penyanyi kelahiran 1992 tersebut sudah harus menjalani wamil pada tahun depan.

Baca Juga: 6 Kali BTS 'Muncul' dalam Drama Korea Populer, dari 'Descendants' hingga 'Crash Landing'

Mengutip Kpopstarz , pada 23 Juni lalu, Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan Hwang Hee menegaskan bahwa BTS harus mengajukan permohonan resmi jika ingin melakukan penundaan wamil. Namun BTS belum mengajukan permintaan tersebut.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)