5 Aplikasi untuk Bantu Kamu Kelola Kesehatan Mentalmu

Rabu, 30 Juni 2021 - 15:02 WIB
loading...
5 Aplikasi untuk Bantu Kamu Kelola Kesehatan Mentalmu
Punya mental yang sehat di tengah pandemi saat ini sangat diperlukan agar kamu tak mudah sakit fisik. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kesibukan dalam bekerja, banyaknya beban pikiran, dan masa pandemi yang tak kunjung berakhir terkadang membuat kesehatan mental terguncang.

Padahal menjaga mental agar tetap stabil sangat penting untuk mempermudah melakukan aktivitas sehari-hari. Hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan mental tersebut yaitu perlunya menjaga suasana hati (mood) dengan baik.

Banyak cara untuk memperbaiki suasana hati dan menstabilkan kesehatan mental , dimulai dari berolahraga, menjaga pola makan, dan beristirahat yang cukup. Bahkan ada beberapa aplikasi yang sengaja dibuat untuk menjaga kesehatan mentak kita.

Mengutip dari Psycom yang mewawancarai seorang psikolog dalam topik "Will Mental Health Apps Be the End of Therapy" mengungkapkan efektivitas beberapa aplikasi yang sengaja diciptakan untuk menjaga kesehatan mental. Pembuatan aplikasi yang ditujukan sebagai proses penyembuhan ini bisa mempermudah dan membantu seseorang mengurangi rasa cemas. Aplikasi-aplikasi tersebut bahkan telah menjamin kerahasian dan privasi penggunannya.

Kalau kondisi kita tidak memungkinan mengunjungi seorang psikolog untuk berkonsultasi, atau bahkan tak punya waktu istirahat dan olahraga yang cukup, aplikasi-aplikasi yang dirancang untuk terapi kesehatan mental ini bisa dicoba.

1. SMILING MIND

5 Aplikasi untuk Bantu Kamu Kelola Kesehatan Mentalmu

Foto: Google Play

Mengutip dari makeusof.com , aplikasi Smiling Mind adalah aplikasi yang baik untuk melatih mindfulness harian kita. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk merelaksasi diri dan mengurangi kecemasan dengan cara melatih kamu untuk melakukan meditasi ringan. Aplikasi ini mengutamakan penggunanya untuk melatih kesadaran dan perhatian kepada diri sendiri dengan melakukan meditasi ringan.

Aplikasi ini menyediakan kurang lebih 300 cara meditasi untuk segala usia. Baik anak-anak, remaja, dan dewasa bisa melakukan meditasi khusus sesuai dengan umur masing-masing.

Di dalamnya terdapat body scan meditation, pelacakan jadwal meditasi yang telah dilakukan setiap harinya, dan pilihan meditasi yang disesuaikan dengan waktu (pagi, siang, maupun malam). Aplikasi ini dirancang dengan fleksibel sehingga praktis digunakan kapan pun. Kamu bisa mengunduhnya di Google Play dan juga iOS secara gratis.

2. DIARIUM

5 Aplikasi untuk Bantu Kamu Kelola Kesehatan Mentalmu

Foto: Google Play

Diarium merupaka aplikasi jurnal daring yang multifungsi dan banyak fitur-fitur canggih di dalamnya. Dalam menggunakan Diarium, kamu bukan cuma membuat jurnal harian dengan tulisan, tapi juga dilengkapi kemudahan untuk menambahkan foto, audio, tags, bahkan lokasi.

Terdapat fitur kalender dan peta yang membuat jurnal ini lebih menarik dibanding dengan menulisnya di buku atau aplikasi notes lainnya. Selain itu, di dalam aplikasi ini juga ada daily reminder yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Diarium bisa membantu kamu untuk proaktif mengalihkan fokus ke hal-hal yang baik. Rasa cemas dan kekalutan kamu akan teralihkan bahkan teredakan dengan membuat jurnal yang multifungsi. Aplikasi ini juga bisa membantu untuk mengapresiasi diri sendiri dengan daily reminder yang bisa kamu sesuaikan.

Sama seperti aplikasi Smiling Mind, kamu pengguna android maupun iPhone bisa mengunggah secara gratis dan praktis.

Baca Juga: Belajar Isu Kesehatan Mental dari 7 Webtoon Ini, Yuk!

3. MOODFIT

5 Aplikasi untuk Bantu Kamu Kelola Kesehatan Mentalmu

Foto: Google Play

Moodfit merupakan aplikasi yang dirancang untuk membuat suasana hati menjadi baik dan membentuk kesehatan mental yang stabil. Mengutip dari Very Well Mind , aplikasi ini dapat membantu seseorang yang sedang mengalami anxiety, depresi, burnout, dan stres tingkat tinggi. Moodfit dirancang untuk membuat penggunanya merasa lebih baik dengan cara-cara yang menarik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)